Sabtu, 25 Februari 2012

menerima siaran televisi luar negeri

cara menerima siaran televisi luar negeri
...
sebenarnya teknologi berikut bukanlah teknologi baru, tapi ada sesuatu yang membuat saya heran.. kenapa belum banyak orang mengetahuinya. di langit negeri ini terdapat lebih dari 10 satelit yang tersebar, dari 94 derajat bujur  timur daerah NAD hingga 144 derajat bujur timur daerah papua sono. ada satelitnya china, jepang, vietnam, malaysia hingga satelit palapa yang konon katanya sudah bukan milik Indonesia lagi :-( . setiap satelit memiliki orbit yang teratur, kebanyakan berada di garis khatulistiwa atau yang disebut geo stasioner namun adapula beberapa yang di luar garis khatulistiwa atau meo stasioner. setiap satelit memiliki sorotan / beam jangkauan sinyalnya masing-masing. seperti satelit Palapa D1 memiliki jangkauan hingga area china, oceania dan australia jadi apabila kita pindah rumah ke ausie,, maka kita tetep bisa nonton TV One, metro TV, dan juga sinetron dan FTV di SCTV hahaha. tapi berbeda dengan satelit TELKOM 1.. jangkauan sinyalnya hanya pada wilayah Indonesia saja, negara luar yang bisa menerima sinyal dari satelit telkom hanya negara timor leste saja.. so kalo kita ada di malaysia gk bisa nonton OVJ atau nonton tukul cozz Trans TV dan ANTV ikutnya satelit TELKOM 1,, untuk lebih lengkapnya mengenai sorotan-sorotan tiap-tiap satelit bisa dilihat di www.lyngsat.com

kembali ke bagaimana cara menerima siaran televisi luar negeri. ada banyak sekali satelit yang memancarkan sinyalnya ke arah Indonesia. nah.. kita ambil aja sinyalnya itu.. cukup memakai antena parabola sudah bisa kok.

langkahnya adalah sebagai berikut:
1. merakit parabola
2. tempatkan LNB pada titik fokus yang tepat
3. pilih satelit yang akan dipilih
4. arahkan arah parabola ke satelit tersebut
5. merangkai dengan seperangkat receiver dan TV
6. searching channel
7. pengepasan/penyetelan posisi yang tepat
8. enjoyyy.....

lengkapnya bisa dibaca di

cara menentukan titik fokus dapat dilihat disini:

nah.. kalo pengin tau koordinat satelit tuh berada di mana bisa di cek disini pren..

kalo aku yg hafal itu
PALAPA D1 =113,5BT
TELKOM 1= 108BT
CHINNASAT 6B = 115BT
ASIASAT 3 = 105BT
ASIASAT 5= 100,5BT
MEASAT 2/3=92BT
ASIASAT 4=120BT
INSAT 3D= 93BT
THAICOM = 78BT
INTELSAT barat = 68BT
INTELSAT timur = 168BT

kemudian untuk mengetahui koordinat posisi kita tidak perlu pake GPS,, terlalu mahal,,, lihat aja di www.google.maps ntar dicari posisi tempat pasang parabola trus dicatet koordinatnya,, cukup sampai 2 digit dibelakang koma aja.
klo yg aku hafal itu...
Yogyakarta dan skitarnya = 7,32LS , 110,7 BT

nah klo sudah tahu berarti cara menerawang posisi satelit bisa dilakukan dengan membandingkan koordinat kita dengan koordinat satelit, contoh misal mau menerima satelit CHINNASAT 6B yang di 115BT , 0 derajat khatulistiwa.
langkah-langkahnya berarti
1. apabila parabola tegak lurus ke atas itu adalah 7,32LS , 110,7BT
2. miringkan parabola ke arah utara dengan kemiringan (7,32LS - 0 LS) = 7,32 derajat
3. kalo sudah miring k utara sebesar 7,32 dari posisi tegak maka selanjutnya memiringkan ke arah timur sebesar (115T - 110,7BT) = 5,7 derajat
4. geser2 dikit arah piringan parabolanya dengan memutar baut penyetel utara-selatan dan penyetel timur-barat hingga didapat sinyal yang maksilmal.

sepertinya itu bukan rahasia public lagi dech.. para mekanik parabola dari jaman dulu juga udah tau.. bahkan penjual es kencur di perempatan fakultas MIPA UNY juga tau..

nah.. jika memakai satu LNB maka hanya satu satelit aja yang dapat diterima,, misal cuma CHINNASAT doank.. klo pengin bisa nangkep satelit palapa gimana?.. harus geser ke 113,5BT???  nah.. itulah beberapa teknologi menggunakan motor penggerak yang dilengkapi sensor posisi untuk merubah arah jika ingin menangkap sinyal dari satelit lain.. atau kalo pengin lebih hemat memakai LNB lebih dari satu.

berikut adalah teknologi yang sudah dikembangkan
1. teknologi motor penggerak
teknologi ini berfungsi menggerakkan piringan parabola agar dapat merubah arah sesuai satelit mana yang akan kita terima sinyalnya. keunggulan teknologi ini mampu menjangkau banyak satelit dari wilayah pojok barat hingga pojok timur. namun kelemahannya setiap kali kita mau pindah channel antar satelit harus sabar yang nunggu dulu, coz nunggu motor bergerak terlebih dahulu, selain itu apabila menggunakan motor jumlah LNB yang dipasang tidak boleh lebih dari satu.. tapi saya sudah bisa membuat adapternya sehingga LNB 4 masih bisa digabung dengan motor penggerak,, hehehe

2. teknologi multi antena parabola
jika kita punya satu antena parabola  utuk nangkep sinyal dari satelit A. lalu kalo mau nagkap sinyal satelit B di posisi lain dengan cara memasang parabola satu lagi buat nangkep sinyal stelit B. tapi kayak e itu cara konyol n gk mutu dech.. buang-buang biaya saja.tapi itu masih sering digunakan di beberapa gedung-gedung tinggi, cz aku sering liat ada beberapa antena parabola di atas gedung itu..

3. multi LNB
kalo satu LNB dapat menerima satu sinyal satelit saja, maka kalo banyak LNB ya bisa jadi banyak sinyal donk.. tepat banget, namun sayangnya sebanyak-banyaknya cuma 4 LNB cz alat receiver yang sudah ada  hanya mampu mengolah 4 satelit saja.. tapi no problem bisa diakali pake kombinasi 22k dan DiseqC yg canbang 4. selain itu syarat sebuah antena mampu dipasang 4 LNB harus memiliki ukuran minima 7 feet atau lebih..

4. Televisi Berlangganan
TV berlangganan adalah kumpulan channel2 faforit secara terpadu kemudian hanya dipancarkan dalam satu frekuensi/ satelit tertentu. semisal Indovision menggunakan satelit cakrawarta, Yes TV pada satelit Telkom, Astro di satelit Measat dan masih banyak lainnya. mulai dari paket 60ribuan hingga 200ribuan juga ada.
mmm Tanpa mengurangi rasa hormat para perusahann TV berlangganan, TV berlangganan jaman sekarang di Indonesia Semuanya adalah REPLAY TV!!!.. masak channel STAR WORD, MGM, Start Movie, Celestesial movie,  ada subtitle Indonesianya????.. saya pernah mencocokkan Start SPORT yang asli di online TV dengan Start Sport punya TV berlangganan ternyata siarannya beda.. Start Sport yang asli menyiarkan liga primer inggris tapi start sport yang TV berlangganan malah nyirai golf.. bukti yang lain, Celestesial movie TV yang asli menyiarkan film cina dan bahasanya cina tanpa subtitle, tapi di channel Celestesial movie TV punya Tv berlanggan malah film barat dan ada subtitle Indonesia nya, what this??? kalo gk percaya buktiin aja weiisss.


nah.. ini dudukan LNB hasil eksperimenku tahun 2007 silam dan dibangkitkan lagi tahun 2011 karena dapet dukungan dana sebesar 2 kali 5 juta, gubrackkkk sisa berapa ????...
ada 6 LNB sekaligus



kalo untuk versi 7 feet yang fixed bisa pakai ini:

5 buah LNB C band dan 1 buah LNB Ku-Band
terus pembagian agar bisa menangkap lebih dari 4 satelit menggunakan kombinasi seperti ini:

..
dengan demikian maka satelit yang dapat diterima adalah:

Atau lebih mudahnya menggunakan diseqC 1.1. tapi hanya beberapa receiver yg suport dengan diseqC 1.1.



satu antena, satu TV 200 channel coey...
mantabs.. gak cuma siaran TV lokal doank,,, channel vavorit ku ada CCTV 4, 7, 1 dan 9 yang isinya seputar siaran teknologi2 di cina sono.. terus ada lagi Beijink KAKU TV yang isinya film2 kartun sperti dragolball, naruto, shaun a sheep, digimon, dll.. terus kalo berita ada di NHK TV , Al jazerra TV dan Channel news Asia. kalo TV yang isinya sepak bola melulu juga ada ALKASS TV dan Aljazerra sport Channel.. dan masih banyak lagi channel faforit lainnya..

sekian info yang dapat saya bagikan, lain waktu saya post kan detail teknologinya.. sekarang mau mbikin data seputar karya ini cz lagi aku ikutkan PKM-KC biar bisa dapet duit 7 juta hehehehe mumpung masih jadi mahasiswa....

baca juga ::

pelayanan pemasangan TV satelit / pembelian komponen /modifikasi bisa didapat di
>>>>>>><<<<<<

113 comments:

  1. emang satu antena bisa dikasih 6 LNB?trus titik fokusnya berada di lnb berapa bos?

    BalasHapus
  2. @bayu:: bisa kok, 5 LNB C-Band, dan 1 KU-Band. KU-band buat bwt palapa (tp skrg kayak e gk ada channel e).
    titik fokus utama ada di Telkom 1.
    gambar multy LNB di atas udah ane ganti dengan versi baru bro..

    BalasHapus
  3. kalau 9 feet modelnya mesh dg 5 LNB.berapa masing2 jarak antar LNBnya(chinasat-palapa-telkom-asiasat3-asiasat5),jika titik fokusnya berada di telkom dan asiasat3.mohon pencerahan bro????

    BalasHapus
  4. @bayu:: menurut kita,, kalo 9 feet malah lebih mudah bro, tinggal pakai dudukan 4 LNB yang bawaan itu,. ditambah 1 LNB yg bwt chinasat. (foto dudukan LNB nya, di attach/terlampir)
    jarak tepi LNB dengan tepi LNB,,
    asia5-asia3 = 5cm
    asia5-telkom = 0,5cm
    telkom-palapa = 5cm
    palapa-chinasat = 0cm / nempel

    BalasHapus
  5. susunanya pembagian 5LNBnya gimana bro..?
    dari LNB-switch 22k-diseq C-reciver, apa
    dari LNB-diseq C-switch 22k-reciver.
    dari gambar diatas kok kayaknya beda bro..?yang benar dari LNB ke switch 22k baru ke diseq C atau sebaliknya???

    BalasHapus
  6. kalo hanya 5, mending pakai formasi "LNB-22K-DiseqC 1.0-receiver". cz untuk beberapa jenis 22K ada yg ngak mau dipasang setelah diseqC. kalo misal receivernya suport diseqC 1.1, pake diseqC 1.1 malah ngak perlu pake 22K lagi bro..

    BalasHapus
  7. kalau parabola 9 feet,jarak palapa dan telkom 4cm maksimal gak bro?soalnya aku beli dudukan 4LNB yang bawaan merk matrik,aku ukur cuma 4cm,asiasat3 ke asiasat5 juga cuma 4cm lebih dikit dari bibir lnbnya bro?reciverku matrik proling HD tp bukan yang internet,kayaknya dah suport diseqC 1.1,kalau ngak pakai 22k rangkaianya bagaimana bro?

    BalasHapus
  8. gpp kok.. tetep bisa,, ntar didukung dengan penyetelan arah piringan utara-selatan timur-barat dan penyetelan tiang fokusnya juga..

    kalo pake diseqC 1.1 ya tinggal pakai port 1-5 aja.. misal pakai formasi
    telkom dapat diseqC 1
    palapa dapat diseqC 2
    asia3 dapat diseqC 3
    asia5 dapat diseqC 4
    chinasat dapat diseqC 5

    cuma ane krg tau kalo diseqC 1.1 yg jual dmn..

    BalasHapus
  9. ya itu juga masalah buat ku bro?soalnya kemarin tanya2 gak ada yang jualan diseqC1.1 adanya cuma 22k ama disqC1.0
    kalau dg 9 feet dg 6 LNB :chinasat,palapa,telkom,asiasat3.asiasat5 dan measat kira2 bisa gak bro???kalau bisa jarak dari asisat5 ke measat kira2 berapa bro???

    BalasHapus
  10. pakai kombinasi 22K sama diseqC 1.1 aja.. bisa nangkep sampai 8 kok.. tapi kalo di Indonesia yg efektif cuma 5 bro..
    ini gambar "terlampir" hasil penelitian 8 LNB dengan telkom 1 sbg prime fokusnya..

    measat terlalu jauh menyimpangnya.. mungkin kalo 6,, maksimum satelit NSS KU-band.

    info2 tambahan tentang offset fokus ada disini...
    http://electricisart.blogspot.com/2012/04/menentukan-jarak-2-lnb.html

    BalasHapus
  11. AGUS (wonogiri-jateng)14 Mei 2012 pukul 08.53

    Lam kenal bro?kalau untuk parabola mesh 12 feet jarak masing2 lnb nya berapa cm untuk pemasangan 5 lnb?mohon infonya bro?

    BalasHapus
  12. salam kenal juga..
    kalo 12 feet malah lebih mudah bro.. karena jarak antar LNB tidak terlalu mepet, selain itu untuk cinasat juga tidak terlalu lemah sinyalnya.

    proses pembuatannya dudukannya bisa dilihat disini..
    http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html

    kalo untuk 12feet dicoba pakai ukuran jarak (tepi dengan tepi)
    Asia5 - asia 3 = 6,5 cm (kalo gk salah dudukan yg model 1 tiang hanya mentok bwt 6cm)
    asia3 - telkom = 1,5cm
    telkom - palapa = 6,5 cm
    palapa -chinasat = 1 cm

    BalasHapus
  13. mas met kenal
    pesan dudukan 5lnb bisa ndak?

    BalasHapus
  14. salam kenal juga..
    hahaha ane aja juga order di bengkel las... hehe kalo yg gambar 2 LNB kepotong mepet itu bawaan LNB Venus kembar 4

    BalasHapus
  15. mohon bantuan mas.
    mas saya pakai prbl 6 feet pingin pakai 5 lnb sebaiknya dudukan lnb pakai yg venus kembar 4 atau modif sendiri. terima kasih

    BalasHapus
  16. sama aja sih,, tapi hrs pakai LNB yg nempel deket itu, bwt dapetin telkom-Asia3 dan palapa-Cinasat.. kalo gk pakai LNB yg nempel itu susah banget dapetin all channel cinasat..

    BalasHapus
  17. klo lnb doang tanpa parabola bisa nggakny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut prosedur aja deh...
      belum pernah ada kabarnya para forsat bisa dapet sinyal di LNB tanpa bantuan dish...

      Hapus
  18. Pak, dirumah saya pake 4 lnb semuanya c band diseq 4 x 1. Sekarang aku beli punya lnb Ku band (Fuji). Pengennya saya, diparabola saya 2 c band + tambah LNB Ku, mengingat sitch nya ada 4, rencananya lnb c band dari sisa 2 buah td. 1 untuk dijadikan LNB Yamal. Pak, minta bantuin penjelasannya, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai kombinasi diseqC sama 22K saja,
      untuk yg KU band tidak bisa dileatkan 22k
      kalau untuk yg yamal bisa menyesuaikan port yg masih kosong..

      formasinya tiap output 1234 pada diseqC dicabang dengan 22K, keculai yg KU band.

      Hapus
  19. salam kenal mas bro dari orang balikpapan..

    mau nanya nih mas..
    kalo LNB nya di papas gitu ga masalah sama daya tangkep sinyalnya kah bro?
    Kalo mang bisa fix aku mau coba papas LNB ku juga biar bisa di pasang di dish 6 feed solid ku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya tangkap sinyalnya mengalami penurunan, tapi itu karena tidak ada scalar ringnya..
      emang agak susah sih,, tapi untuk 4 satelit bisa lock

      Hapus
  20. mau tanya ini ya mas,,,,,
    untuk jarak tiap LNB-nya berapa cm.... saya pake dish 9 feed. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. asia5-asia3 = 5cm
      asia5-telkom = 0,5cm
      telkom-palapa = 5cm
      palapa-chinasat = 0cm / nempel

      Hapus
    2. kalo toko yg jual perlengkapan parabola (jogja) dimana bro..? tmksh

      Hapus
  21. OX Parabola.
    Mutara.
    Edoardo.

    klo di toko2 itu harganya terlalu mahal. lalu pengin yang harganya lebih murah beli ditempatku juga bisa., tapi saya ngak punya toko, biasanya saya kirimkan..

    BalasHapus
  22. kalo pesen yg sudah jadi 4 lnb modif untuk 6 ft solid di mana ya mas? nuhun infonya..

    BalasHapus
  23. bos sya di rumah ada 5 lnb.dengan receiver matrick krypton saya pgen seting satelit thaicom bisa tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas tolong infonya saya dh pasang parabola 5 lnb palapa.telkom.asiasat.cinasat; tp saya bosan biar satelit thaicom5 cara setingnya gmn

      Hapus
    2. untuk satelit thaicom5 lebih efisien pakai aktuator saja..
      malah akan lebih banyak menerima satelit2 lainnya sperti measat, St2, apstar, dll

      Hapus
  24. Mas mau nanya, drmh ada 2 buah prabola, yg satu prbola 6feet trpakai u satelit palapa lnb1, dan telkom lnb2. Apa bisa prbola yg satu lg 9 feet jaring dipasang 3 lnb/lebih diluar palap dan telkom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.
      susunannya sama saja.
      memakai kombinasi 22K dan diseqC saja

      Hapus
  25. lam kenal mas, saya punya parabola 6 feet, mau tanya jarak LNB, saya punya tempat 4LNB Venus, Telkom, palapa asiasat3, asiasat5. Bisa engga yah, makasih sblmnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk 4 LNB sebaiknya menggunakan dish 8 feet keatas.. kalau 6 feet sangat susah untuk settingnya..

      Hapus
  26. salam kenal mas, mas bisa gak ya saya pesan rangkaian lnb komplit yang 6 atau 8 lnb sama mas dan gimana cara pesannya? dan parabola yang berapa feet yang nanti harus saya siapkan? thanks, kardi di rengat barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya dudukan LNB untuk LNB sebanyak itu tidak ada yang jual..

      untuk multy LNB sebaiknya menggunakan dish 9 feet keatas

      Hapus
  27. ma kasih mas, sekarang ini saya berlangganan dgn indov. awal pemasangan 500 rb, dan selanjutnya tiap bln tagihannya 154 rb dan berat kalau diteruskan. makanya stlh buka blog ini saya pingin ganti dgn parabola biasa spt yg mas modif tsb dgn 5 lnb agar bisa multi chanel agar bisa tonton siaran lgsng bola. bisa tlg dibuatin mas, dan caranya gimana? mohon bantuannya, thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak harus menggunakan 5 LNB untuk itu, 4 LNB sudah cukup.
      dish bisa pakai yang 9 feet,
      kalau untuk bola receiver yang digunakan alangkah baiknya menggunakan yang support bisskey

      Hapus
  28. ass.wr.wb. mas, saya punya parabola 6 feet & 2 LNB, saya ingin cari siaran di palapa & asiasat5. Bisa engga yah, kira-kira jarak kedua lnb tsb berapa, makasih sblmnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau palapa dan asiasat 5 terlalu jauh jarak penyimpangannya,,
      lebih baik palapa ke asisat 3,,

      Hapus
  29. mas mau tanya? gimana kita mengetahui berapa feet parabola yg kita miliki? soalnya saya ada parabola dgn 2 lnb, tp gak tau itu parabola berap feet? mohon penjelasan cara ukur feet parabola??

    BalasHapus
    Balasan
    1. diematernya diukur pakai meteran
      180cm = 6feet
      210cm= 7 feet
      240cm= 8 feet
      270cm = 9 feet
      3 meter = 10feet

      Hapus
  30. assalamualaikum. maaf pemula nih mau tanya bos kl 2LNB trus di rubah mnjadi 4LNB apa ada yg harus di ganti LNBnya boss slnya 2 lnb yg 2 kan dah langsung ada switnya.... mohon pencerahnya trimkasih. bos kl bisa kirim ke imel suryaelektronik@yahoo.co.id

    BalasHapus
  31. bisa2 aja.. langsung tinggal pakae. asal dish nya lebih besar dari 8 feet.
    cukup pakai 4 LNB dan switch diseqC 4 in 1

    BalasHapus
  32. mas... parabolaku 8 ft, 4 lnb c, kedalaman lnb 40, hanya dapat palapa sama asia 5, atau lnb pinggir semua. yang tengah, telkom sama asia 3 ga dapat sinyal. kmarin sempat dapat tetapi tiba2 ilang lagi. jarak lnb dari pinggir 3 cm, 2 cm, 3 cm. gmana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang tengah jaraknya dempet mepet bro... sekitar 0.5 sampai 1 cm aja jarak antar bibirnya

      Hapus
  33. nyambung jarak lnb 3 cm 1 cm 3 cm

    BalasHapus
  34. bro, saya punya
    a. 1 dish mesh 10ft (fixed)
    dgn 4 lnb c-band
    b. 1 dish solid 6ft (motor)
    c-band+ ku-band
    c. 1 dish bekas indomie.
    gimana cara gabungin nya pake disecq/22k ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah LNB yang digunakan maka ada 4+2+1 = 7 LNB dan 2 diantaranya bukan C band.

      maka dari itu formasi 22K dan diseqC tidak dapat digunakan.. karena untuk KU band tidak efektif kalau melalui 22K (on).

      jadi mending membuat switch manual atau menggunakan diseqC yang 8 in 1 saja bro..

      Hapus
  35. mas, kalau cara pasang aktuator di lnb biar dapet thaicom sama apstar gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memasang aktuator di LNB??????,,, memasang aktuator itu di antena parabolannya aja bro..

      Hapus
    2. maaf saya baru kemaren pasang parabola,, jadi masih super awam.. hhe

      kalau pake 2LNB atau 4LNB bisa ganti-ganti satelit ga?

      Hapus
  36. kalau 2 LNB bisa untuk 2 satelit, (palapa dan telkom)
    kalau 4 LNB bisa untuk 4 satelit (palapa, telkom, asia3 dan asia5)
    pergantian satelit sudah otomatif dilakukan oleh receiver.. jadi kita cukup mencet remote pindah channel, receiver sudah menggantikan satelitnya secara otomatis

    BalasHapus
  37. kalau di daerah bandung,, memungkinkan buat dapet palapa, telkom, chinasat 6b, sama apstar ga?

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kalau bisa dapet apstar harus gimana?

      Hapus
  39. pakae aktuator saja bung.. lebih maknyuss bisa banyak satelit..
    dari apstar yg 134 sampai apstar yang 76 bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok..
      makasih banyak info'y.. bener2 baik orang yg satu ini.. ^^

      Hapus
  40. Mas brooo....................Saya di Banyuwangi Jawa Timur, bagaimana cara ngelock Astro Malaysia? persyaratan antena yang ukuran berapa dan LNB ku yang bagaimana?

    BalasHapus
  41. astro yg KU band itu kan?..
    pake dish kecil kyk indovis, telvis dan LNB KU tipe offset sudah OK kok,
    atau kalau ingin maksimal sinyalnya pake 6 feet solid dan LNB KU jenis prime fokus

    BalasHapus
  42. Saya punya parabola 6feet,apakah bisa dikasih 4LNB/5LNB...mohon pencerahannya

    BalasHapus
  43. wah kalau sekarang susah mas bro..
    kalau pengin multy LNB 4 atau 5 mending pakae 8 feet keatas

    BalasHapus
  44. mas broo ...kalo alat/satu rangkain tinggal pakai ada ga tu mas,
    bisa nikmatin cenel luar???..

    BalasHapus
  45. blog ente mantep bener gan..
    ane pengunjung baru nih, awam bgt deh kalo mau ngomongin masalah parabola.
    ane mau nanya gan, kalo ane mau nonton discovery channel sama espn caranya gimana gan??
    parabola ane 2 LNB, receivernya matrix gan..
    kira2 caranya gimana gan biar bs dapet 2 chanel tsb, apa harus ada yg disetting atau nambah LNB lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengin cara yang bener atau cara yang maen kreatif2 an??
      kalau yang bener......
      channel yang ente sebutin itu adalah channel yang dikontrak oleh PAY TV. jadi cara yang bener adalah yang langganan pay TV..
      tapi kalau cara yang kreatif adalah sering2 aja update di grub2 TV satelit, terkadang PAY TV ketika stop rolling acakannya bisa dibuka dengan biss key atau terkadang di hari2 tertentu beberapa pay TV tidak diacak,, kalau sering update pasti bisa kebagian channel2 favorit PAY TV dari satelit manapun

      Hapus
  46. mas saya widya setiyawn dari kota mungkid magelang...saya udah 2 tahun gak bisa nonton siaran bola luar negeri gara gara pake parabola biasa,setelah saya liat hasil inovasi inovasi panjenengan saya tertarik,berapa ya mas harganya?
    cuz soale saya meh ngotak atik sendiri takut salah e.....
    and saya masih ingin tanya banyak lagi ini nomer saya 08562930536

    BalasHapus
  47. salam dari magelang juga..
    cukup ganti receiver saja kok,, dan kalau parabolanya bisa gerak sudah bisa lihat bola all liga..
    gabung forum2 TV satelit aja mas,, update channel yg sering nyiarin bola selalu di share disana..

    BalasHapus
  48. Saya ingin pasang 3 LNB masing- masing C, Ku, S band semua prime focus pada dish mesh 9 feet, dengan Hansen super jack H2 plus (suport 1.0 dan 1.2).
    Bagaimana susunan LNB nya ?, switch apa yg harus digunakan sehingga bisa dikendalikan oleh hansen super jack tsb ?.
    tk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm.. maaf gan sbelumnya hansen super jack itu nama jack konektor atau nama receiver ya?

      Hapus
  49. Hansen super jack H2 plus itu merk penggerak motor parabola (Positioner ?)
    Saat ini yg berfungsi receiver, penggerak parabola, motor, lnb c band semua merk "Hansen" dan dish mesh 9 feet. namun saya ingin menambah lnb type KU dan S band (tiga) 3 in 1.
    pertanyaannya bagaimana susunan lnbnya, alat tambahan yg dipakai, memungkinkan/tidak, setting dst ???
    tk atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo begitu.
      kalau sudah ada positionernya sangat bisa banget donk.
      tinggal membuat dudukan LNB untuk ketiga jenis itu.,
      susunan idealnya S --- C --- KU. atau yang penting C band di tengah lah. posisi ketiga LNB itu segaris timur-barat.
      alatnya pakai DeseqC 4x1 biasa bisa kok.

      Hapus
  50. mohon bantuan kepada para rekan2, maaf baru belajar ttg parabola, kebetulan di rumah tepatnya di atas rumah sudah terpasang parabola 4lnb, kemarin nambah 1 lnb kuband dish ex pay tv. pertnyaannya
    1. bagaimana cara melepas lnbnya. Dish 9ft. apa cuma melepas tiang penyangga lnb atau penyangga parabolanya
    2. seumpama dipsang 5lnb cband alat apa saja yg harus di tambah
    3. kalau 6lnb dengan asumsi 5lnb c band dan 1 ku band gimana
    terimakasih
    mohon bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. cara melepas LNB, miringkan parabola sampai dudukan LNB dapat dijangkau tangan, lalu lepas baut pengikatnya.

      2. untuk 5 LNB maka LNB ke 5 adalah untuk cinasat 6B. monggo dibaca artikelnya mas Adun tengang tutorial membuat dudukan LNB http://najwatehnik.blogspot.com/2012/03/gambar-rangkaian-5-lnb-dalam-satu-dish.html

      3. 6 LNB maka LNB ke 6 adalah KU band maka, idealnya KU band itu adalah untuk NSS 6. memang bisa, namun untuk dish mesh sinyal KU band kurang optimal .. saran saya, kalau ingin NSS 6 mending pakai dish kecil bekas pay TV saja, jangan memaksakan gabung jadi LNB ke 6 pada dish mesh..

      trims kembali

      Hapus
  51. untuk skemanya gimana master?
    dari ke 5 lnb ke diseqc 4x1, perlu diseqc 22k ? skemanya gimana?
    untuk lnb Ku Bandnya masuk ke mana? bingung soalnya kan cuma ada 4 masukan ke diseqc, lah ini bisa di bilang total 6 lnb.
    dirumah wes ada diseqc 4x1, kira2 nambah apalagi.
    Sebelumnya maaf banyak tanya. mumpung lagi semangat belajar parabola.
    semua sudah saya praktekan, 1,2,3 yg master bilang dan sudah berhasil. tinggal skema penggabungannya saja. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. skemanya menggunakan kombinasi 22K dan diseqQ 4 x 1.
      susunannya dari receiver --> port diseqC 4x1 -->22K ---> LNB C band.
      nantinya akan memuat 8 port, jadi kalau cuma dipakai 6 maka masih sisa.

      catatan: untuk LNB KU band alangkah baiknya jangan lewat jalur yang ada 22K. receiver --> diseqC 4x1 --> LNB KU

      Hapus
  52. Thanks infonya. lnb Ku band emang bermasalah kalau di lewatkan 22K.
    mau tanya lagi
    1. kalau pakai lnb merk venus dodo seperti disini untuk 9fet
    http://electricisart.blogspot.com/2012/05/5-lnb-dalam-1-antena-parabola.html
    apa bisa ya dibuat Chinasat 6B-Palapa-Chinasat10-Telkom-asiasat 3-asiasat5?
    diameter lnbnya kan lebih kecil dari biasanya.jadi jarak antara telkom sama palapa di kasih satelit chinasat10. terus kalau di tambah measat 3 memungkinkan gak ya?
    2.kalau langsung pake diseqc 8x1 apa bisa tanpa 22k?
    thanks master.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus yang 1 paket dapat 1 tiang? maksudnya tiang disini apa?
      makasih banyak sebelumnya

      Hapus
  53. 1. Tidak bisa, Venus kembar 4 hanya bisa untuk dish venus 7 geet saja. Ngak bisa untuk dish merk lain. Slain itu dudukan itu ngak bagus krn gk punya horn scalar ring. Tiang dish 9 feet juga tipenya model 1 tiang cangkul

    2. Sangat bisa.

    3. 1 tiang tambahan, untukLNB venus kembar 4 membutuhkan 4 tiang penyangga.

    BalasHapus
  54. saya pakek disk venus 7ft mau pakek 2lnb palapa&telkom untuk kedalaman berapa yaa

    BalasHapus
  55. punyaku juga 7 feet,
    LNB di angka 38 semuanya

    sinyal SCTV MPEG2 =55%-60% di MHDE

    BalasHapus
  56. bro saya mau tanya nie, bisa gak 2 buah lnb combo di pasang di dish solid 5,5feet(1,65m)

    BalasHapus
  57. Gan ♏saya dijawa tengah bagian timur/perbatasan jatim jateng.. bisa gak disni nangkep sat measat 3 kuband astro malaysia... harus pake dish apa dan lnb kuband yg gmn......

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan.. di tetangga2 ada yang pasang astro kan?

      Hapus
  58. Bos, mau nanya nih. Sy di sulbar ada dish 6feet 2 lnb palapa dan telkom. Mau track thaikom5 tapi terhalang tembok, bisa gak tambah tambah lnb untuk thai dan beraps jarak lnb palapa ke thaikom. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan pakai LNB di offset pinggir.. karena untuk thaicom yang lepas tidak terhalang juga susah lock sinyalnya. khususnya yang polaritas V..

      Hapus
  59. ikut tanyan, knp asiasat 5 punya saya gak bisa dapat channel sport, misalnya bein sport, GCUK Enc, GlobeCast Oz dan beberapa channel sport yg laen, mohon bantuannya... TK

    BalasHapus
    Balasan
    1. bein sport gampang kok. sinyal melimpah.
      kuatkan sinyal RTB brunai lalu blind scan otomatis saja..

      Hapus
  60. caranya gmn mas, apakah perlu geser posisi payungnya...

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. kalo harus geser payungnya gmn channel yg laen, terganggau apa tidak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah asyiknya tracking dan membutuhkan kesabaran..

      Hapus
  63. Bos mau nanya nih.Lokasi saya di yogyakarta.Saya menggunakan Dish jaring Paragon 10 feet, dengan 4 lnb C-Band Kaonsat 13k, receiver menggunakan Matrix prolink hd ethernet new.Tujuan satelit saya ke palapa, telkom, asiasat3, asiasat5.Yang mau saya tanyakan 1).Berapa tingkat signal maximal yg seharusnya di dapat untuk SCTV Network? karena saat ini signal yg saya dapat untuk SCTV network & Indosiar Network berkisar dari 26% sampai 47% gambar tetap normal tidak patah-patah.Untuk selain SCTV dan Indosiar signal mendapatkan rata-rata 70% 2).Apakah dengan perangkat yg saya pakai, signal yang saya dapat saat ini sdh maksimal bos (normal)? Atau masih bisa dimaksimalkan lagi? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah , itu hanya angka saja. yang penting sinyal lock dan gamar tidak patah2 sudah bagus.

      Hapus
  64. Salam kenal Bro.. aq kmrn pasang parabola di Kost utk 12 kamar. disuruh teknisi beli 2 set parabola 8' dgn receiver K vision , setelah aq baca artikel ini. jadi pikir' lagi. alna aq mau pasang lagi ditempat kost lain dgn 9 kmr. tolong kasi solusinya

    BalasHapus
  65. Salam kenal Bro.. aq kmrn pasang parabola di Kost utk 12 kamar. disuruh teknisi beli 2 set parabola 8' dgn receiver K vision , setelah aq baca artikel ini. jadi pikir' lagi. alna aq mau pasang lagi ditempat kost lain dgn 9 kmr. tolong kasi solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ingin full control dan kualitas HD pada tia kamar.
      cukup menggunakan 2 parabola, tapi LNB harus pakai yg 4 output. (tapi ini maks hanya 8 kamar)

      kalau yang tidak HD bisa pakai alat splitter seperti di hotel2/ apartemen

      Hapus
    2. Salam knal bos.. Klo untuk lock sat thaicom5 klo dari sat asiasat 5 aga k timur ato ke barat bos..klo di hitung scara koordinat posisiku 0.73LU 124.29 BT..

      Hapus
  66. salam kenal, mau nanya klo untuk TV dirumah supaya bisa nangkep banyak siaran TV luar terutama TV Vietnam, pakai apa ya & bagaimana?
    Makasih

    BalasHapus
  67. Salam kenal bro saya dari kalimantan selatan utk menangkap siaran tv thaicom, asiasat dan eropa apa ada jual alat atau perangkat lengkap dari agan apabila tersedia mohon sms ke no 087816012699 utk konfirmasi harga#tengkyu

    BalasHapus
  68. salam kenal pak, saya punya , parabola bekas tv berbayar, apa bisa di modif jadi parabila satelit, tutorialnya gmna, baca di artikel google pusing sendiri g ngerti bahasanya

    BalasHapus
  69. salam kenal pak, saya punya , parabola bekas tv berbayar, apa bisa di modif jadi parabila satelit, tutorialnya gmna, baca di artikel google pusing sendiri g ngerti bahasanya

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Mas,slm kenal, saya mo naya nih,sampai Des 2015 NHK msh bisaa diterima lewat Palapa ,tapi sjk th2016 gambarnya cuma kotak2 saja, apa bisa melalui sat.lainnya (sy pakai parabola mesh 10 ft dgn 2 lnb),apa hrs ditambah lnbnya?O iya sy pakai rec matrix burger dan lokasi di Padang-Sumbar..makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, namanya juga channel, wajar kalau berubah ubah

      Hapus
  72. Salam kenal mas ,
    terimakasih ya - postinganya sudah 5 tahun masih eksis dan tetap mencerahkan semua pihak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,
      posting artikel jaman purba ini.

      sekarang channel2 sudah banyak berubah, TP satelit juga banyak berubah.

      teknologi receiver juga semakin canggih

      Hapus