Kamis, 04 Februari 2016

BOGI POWER CAR 2011-repost


MOBIL LISTRIK BOGI POWER CAR
            Bogi Power Car adalah nama mobil listrik dari Tim Mobil Listrik UNY, mobil ini dibuat sejak bulan februari 2010 dan hingga saat ini berbagai macam pengembangan telah dilakukan. Nama Bogi Power diambil dari nama sponsor utama yang mendukung pembuatan mobil listrik ini. Mobil ramah lingkungan ini dikembangkan oleh Tim Mobil Listrik UNY dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA. Bogi Power Car merupakan prototipe kendaraan listrik yang berbentuk mirip gokart dengan satu penumpang, dengan menyesuaikan regulasi pada ajang-ajang kontes mobil ini meiliki dimensi dimensi lebar 128 cm, panjang 180 cm, dan tinggi 120 cm dengan berat 178 Kg. Mobil ini dibuat dengan menggunakan barang-barang bekas yang umumnya bisa didapat di pasar loak, seperti velg bekas,  rantai dan roda gigi. Daya motor yang digunakan mengadopsi motor penggerak pada sepeda motor listrik yang sudah dimodifikasi, hasilnya dengan spesifikasi daya 2000Watt kenyataannya mampu menghasilkan tenaga lebih dari 12 tenaga kuda (HP) atau setara sepeda motor 125cc jaman sekarang. Walau hanya menggunakan komponen barang bekas seadanya, mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 80 km/jam, dan mampu melalui jalanan dengan medan menanjak. Mobil ini menggunakan baterai basah dengan spesifikasi 48Volt 40Ah, hanya dengan mencharging/mengisi baterai selama 4 jam mobil ini dapat digunakan untuk menempuh perjalanan lebih dari 50 km.  

            Perjalan karir mobil Bogi Power Car, pengalaman yang dilalui cukup membanggakan dari  ajang kompetisi, kontes modifikasi,  hingga pameran telah diikuti. Berbagai macam prestasi telah diraih oleh mobil ini di tingkat nasional.  Dalam Indonesian Electric Vehicle Competition (IEVC) 2010 mobil mampu mengoleksi juara 1 design inovation, juara 2 drag race dan juara 2 endurance serta secara keseluruhan dalam kompetisi itu menjadi juara umum 2 tingkat nasional. Prestasi di IEVC itu merupakan langkah awal untuk meraih prestasi selanjutnya.
Dalam event tahunan lainnya mobil listrik ini meraih prestasi yang sangat membanggakan, yaitu pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI). Dua tahun berturut-turut mobil ini mampu tampil dominan dalam kompetisi tersebut. Hingga saat ini mobil Bogi Power CAR telah tercatat meraih 8 kali kemenangan dengan 5 diantaranya juara 1 dalam kompetisi tingkat nasional tersebut. Mulai dari katagori Uji akselerasi, Uji Efisiensi, Uji Tanjakan/power dan Uji Kecepatan  Bogi Power Car selalu tercatat dalam daftar mobil listrik terbaik. Tak heran apabila secara akumulasi perolehan kemenangan tersebut Bogi Power CAR meraih gelar juara umum pertama secara dua kali, yaitu pada tahun 2010 dan 2011.


Selain mengikuti kompetisi mobil ini juga kerap kali mengikuti pameran-pameran, kontes modifikasi dan inovasi lainnya. Mulai dari pameran teknologi hingga pameran gelar produk pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-23 di Denpasar Bali.


coming soon:

BOGI POWER CAR 2016

0 comments:

Poskan Komentar