Sabtu, 05 Oktober 2013

TIPS DAN TRIK PES 2014 part 1



TIPS DAN TRIK PES 2014 part 1

            Ok guys, setelah tepat setahun yang lalu posting tentang tips dan trik PES 2013 kali ini akan dibahas tentang PES 2014. Kenapa ada tambahan part 1, karena kemungkinan masih ada tips dan trik tambahan mengingat game ini baru saja launching jadi kemungkinan di patch-patch selanjutnya akan berbeda.
  Secara garis besar versi 2014 ini cukup jauh melonjak perbedaannya dengan seri2 sebelumnya. Dari grafik sampai gameplay-nya hingga fitur2nya super baru semua dah, bisa dibilang ini adalah penyempurnaan serta penggabungan dari PES 2010 hingga 2013. Tapi tujuan dari game PES pabrikan KONAMI ini yang membedakan dengan FIFA adalah; PES lebih disuguhkan sebagai ajang seolah-olah kita sedang menonton sepak bola di layar siaran/ TV, sedangkan FIFA lebih mengedepankan gaming-nya. Langsung saja kita mulai dari tips dan trik PES 2014 VERSI PARA USER APLIKASI KEBAHAGIAAN.     
  
1.    POLA PERMAINAN
      Pola permainan di PES 2014 adalah permainan pelan, jadi penguasaan bola sangatlah penting. Sistem automatic AI (kecerdasan komputer) di versi ini lebih disiplin dalam menjaga daerah pertahanan, sehingga membuat kita harus bersabar untuk mencari celah. Permainan pelan akan berubah menjadi cepat secara otomatif apabila kita telah menemukan celah membongkar pertahanan lawan. Pola permainan ala Timnas U-19 yang suka mainin bola di daerah pertahanan juga cukup efektif di PES seri ini.

      Gaya permainan serangan balik cepat kurang efektif. (kalau di PES 2013 biasanya aku full defend ketika diserang lalu pas dapat bola, pake analog kanan untuk menggerakkan striker yang sudah bersiap di depan (meski tidak terlihat namun bisa dipantau lewat radar), begitu sudah mepet dengan garis offside langsung maen umpan lambung super jauh kedepan, dan terjadi bola lepas n one on one dengan kiper lawan). Namun strategy itu di PES 2014 tidak bisa diterapkan, karena automatic AI disini lebih cerdas, bahkan ketika kita mengaktifkan analog kanan maka lawan akan melakukan pressing pada si pengumpan bahkan tidak diijinkan mengumpan. Di PES 2014 apabila terlalu banyak defend dan lawan mampu melakukan shot-shot maka permainan kita akan cenderung mati.   Ketika permainan kita sudah mati maka akan terasa berat banget memainkan permainan ini. Bahkan membawa joystik rasanya bagaikan mengangkat gunung semeru.
     
Penguasaan bola individu lebih mudah. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir ketika menggiring bola lalu ada pemain lawan yang berusaha merebut. Cukup kita tenang dan berputar-putar pelan maka lawan akan kesusahan merebut, usahakan membelakangi lawan yang merebut. Untuk melewati lawan dengan cara tenang dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi analog kiri dan kanan (nanti akan dibahas di optimasi analog kanan).
      Cara mencetak gol. Berikut adalah statistik tentang proses terjadinya gol di PES 2014 yang telah dilakukan oleh para manusia galau pencari aplikasi kebahagiaan.
Dari 98 gol yang telah terjadi:
One on one                     = 65%
Umpan silang                 = 15%
kemelut                           = 9%
Bola mentah                   = 8%
Tendangan bebas         = 3%


Sedangkan gol yang minim sekali terjadi adalah yang tercipta dari:
Shot jarak jauh, atau tendangan ke gawang saat tim lawan dalam kondisi siap bertahan,

      Nah lalu bagaimana statistik proses terjadinya peluang2 tersebut?: hampir dipastikan 90% peluang berasal dari umpan terobosan yang mampu menembus garis offside. Apabila telah sukses melewati garis offside pertahanan lawan maka akan terjadi bola lepas yang menciptakan peluang sperti one on one, umpan silang, bola mentah bahkan kemelut (kalau shot-nya dimentahkan kiper). Kemelut di PES 2014 lebih prospek dalam mencetak gol, karena striker lebih agresif di kotak pinalty lawan, sementara itu dalam kondisi kemelut pemain bertahan akan susah bergerak dan terasa berat banget digerakkan.


      Cara menembus garis offside pertahanan lawan. Karena peluang umumnya berawal dari terobosan ini, maka mari kita bahas bagaimana tips triknya. Alangkah baiknya kita sudah familiar menggunakan analog kanan. Timing dalam mengumpan agar tidak terjebak offside kita memang harus teliti melihat pemain yang akan diumpan dan juga melihat radar. Berikut adalah tips triknya
a)    Menggunakan analog kanan (seperti pes 2013 atau pes 2012)
                        Dalam versi 2014 "delay" lebih lama, jadi setelah analog kanan aktif, pemain yang dianalog kanan butuh waktu untuk berlari sesuai arah yang kita arahkan. Apabila pemain yang dianalog kanan itu tidak ada yang menjaga langsung umpan terobos dan terjadilah peluang, (syukur2 CB pemain lawan ngantong). Tapi kalau ada yang menjaga ya, sabar dulu deh nyoba meng-analog kanan pemain lainnya.
b)   Umpan one-two dengan analog kanan
                        Kalau hanya sekedar L1+X maka pemain hanya akan berlari lurus kedepan (direction), tapi belum tentu di depannya kosong. Maka menggunakan analog kanan bisa menginginkan arah one-two yang kita inginkan. L1+X lalu (ketika bola mengalir) L1+ arahkan analog kanan kearah zona yang kosong. Arah umpan one two tidak harus lurus kedepan namun bisa serong kearah yang kita inginkan.

c)    Menggunakan combination play

 
                        Combination play yang paling ampuh membongkar pertahana lawan adalah "diagonal run", "diagonal dribble" "cut inside" dan "dummy run and cross". Fitur keren di PES 2014 adalah combination play. Favoritku adalah diagonal run di posisi 7 (tengah). Kalau dari samping bisa pakai "Cut inside". Kalau di belakang bisa pakai "swift flank" dan "hold up and overlap". Tapi menurutku paling ampuh dalam membongkar pertahanan lawan adalah "diagonal run", dan "diagonal dribble" yang aktif di posisi 7. Tips dan trik menggunakan combination play adalah, kita cukup mengingat gerakan tim dan siapa pemain yang mengaktifkan.
                        Contoh: diagonal run pada real madrid, maka yang cocok mengaktifkan adalah CMF: modric atau khedira, setelah aktif maka benzema akan berlari ke depan serong kanan/kiri, lalu dibelakangnnya isco atau CR7 akan berlari serong kearah berlawanan dari benzema. Apabila benzema tidak ada yang mengawal maka langsung saja bola lemparin ke benzema, namun kalau benzema dikawal (biasanya 2 yg kawal karena CF madrid striker tunggal) maka dipastikan isco atau CR 7 dalam kondisi kosong, lebih lagi garis offside pertahan lawan akan ngantong karena ada pemain yang sedang ngejar si benzema, langsung terobos aja ke ico atau CR7 dan peluang akan tercipta.

2.    Fitur formasi

Fitur formasi di PES 2014 hanya berbeda di combination play dan emotion player saja. Alangkah baiknya ke-3 preset tactic digunakan semua, cara mengganti preset tactic ketika bermain adalah menekan SELECT+bawah. Pergantian preset tactic ditengah permainan memang sangat perlu sekali, seperti hal-nya sebuah evaluasi.
Contoh: ketika bermain di babak pertama kita sulit melakukan umpan terobos karena pertahan lawan terlalu mundur, dan lawan cenderung lebih mudah melakukan umpan ke striker lalu melakukan serangan balik. Maka di babak kedua kita harus men-set formasi kita lagi dengan cara menurunkan nilai "front line pressure", "defendsifve line dan "attack/defend level.
Berikut adalah tips triks lengkap lainnya tentang evaluasi formasi.
a)    Player support =   semakin tinggi nilai maka semakin cenderung berlari kedepan para pemain teman tim, begitupula sebaliknya (sebaiknya tinggi)
b)    Support range = semakin rendah nilai maka semakin mendekat pemain lain yang meminta untuk diberi umpan (sebaiknya rendah)
c)    Position switch = semakin tinggi nilai maka posisi semakin sering bertukar-tukar (sesuai selera)
d)    Front line pressure = semakin tinggi semakin lebih cepat dalam menyambut bola atau mendekati pemain lawan yang membawa bola (menyesuaikan sesuai kondisi)
e)    Defendsive compactness = semakin tinggi maka para pemain belakang semakin renggang (nilai tinggi untuk meredam serangan lawan yang lebih sering lewat samping, nilai rendah untuk meredam serangan tengah)
f)     Shiffting to attack = semakin tinggi nilai maka semakin cepat dapat pergantian mode bertahan ke menyerang. (menyesuaikan kondisi)
g)    Attack/defend level = semakin tinggi nilai maka semakin tinggi menyerang (menyesuaikan kondisi)


3.    Optimalisasi analog kanan
Analog kanan makin banyak digukanan di PES seri ini, tidak hanya digunakan untuk mengontrol gerakan tanpa bola saja, tapi juga untuk free kick, gerak tipu dan juga untuk merebut bola sambil maen tangan narik kaos, mem-body pemain lawan sampai jatuh juga. Kalau favosit saya untuk mempermudah analog kanan, alangkah baiknya tombol center analog kanan (RS) ditukar dengan tombol L2. Berikut tips dan trik optimalisasi analog kanan.
a)    Menggerakkan pemain tanpa bola "off the ball control"
Secara penggunaan sama seperti versi pes sebelumnya. Perbedaan dari versi PES sebelumnya adalah untuk mengaktifkan di PES 2014 harus dengan bantuan tombol L1. Off the bal controll juga berlaku untuk umpan one two seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bisa juga digukan untuk defend kita bisa memilih kursor pemain belakang akan dipilih.
b)    Free kick
Coba saja gerakkan analog kanan ke kiri atau kanan ketika pemain kita bersiap menendang bola, fungsinya sama seperti mengarahkan freekick di PES sebelumnya
c)    Merebut bola dan duel body
Ketika pemain saling berdekatan tekan tombol R1 dan arahkan analog kanan ke pemain lawan yang membawa bola (arah dari depan atau samping). Maka pemain yang merebut tak hanya main kaki tapi juga akan maen tangan bwt mendorong-dorong. Biasanya yang lari lebih duluan kedepan yang menang body, tapi terkadang kalau menang bodynya sampai membuat pemain lawan jatuh maka dianggap pelanggaran oleh wasit.
d)    Duel body ketika menyerang
Kita juga bisa melawan apabila sedang menggiring bola namun ada pemain lawan yang menggangu, caranya tekan R1 (2X) untuk mengalirkan bola menjauh kedepan, ketika bola mengalir kedepan tekan R1 + analog kanan ke arah  pemain lawan, dan duel adu body terjadi. 
e)    Gerak tipu
Kombinasi tombol di PES versi ini sama persis dengan versi sebelumnya. Macam gerakannya juga sama, ada rainbow flick, nutmeg, sumbero, dan laennya lupa apalah itu. Tapi pes 2014 ini ketika mengkombinasikan analog kiri dan kana tidak boleh dsertai tombol lain, biasanya jari kita lalai masih menekan tombol L1 atau R2. Tipstrik agar mendapatkan gerakan yang kita inginkan adalah: arah analog kanan adalah arah gerak tipuan dan arah analog kiri adalah arah sebenarnya.
Contoh: R kiri + L kanan = maka pemain akan seolah mau lari ke kiri namun lalu meng-super-cancel arah jadi kanan.
Contoh lagi: R kiri belakang kanan L depan = maka pemain akan mengecoh membawa bola ke kiri, lalu pake tumit ke belakang, lalu super cancel kekanan dan lari kedepan.
Oiya lupa, super cancel di PES 2014 ini dengan cara menekan R1 dan R2 bersamaan dan mengarahkan ke arah berlawanan saat drible
f)     More power shoot
Tips nya adalah, ketika membawa bola tekan tombol R2 lalu arahkan analog kanan ke bagian serong depan pemain lalu lepas analog kanan lalu tekan kotak. Maka yang terjadi adalah pemain akan menggelindingkan bola kedepan serong skitar 1 meter lalu ambil ancang2 bwt shooting. Kualitas shot pakai cara ini lebih powerfull.

Tips-tips lainnya:
ü  Tendangan plessing = tekan R2 + kotak +arah tiang jauh (ketika one on one cara ini efektif menjadi gol). atau cara tendangan super cancel (ala gol roben di final liga champion) juga prospek untuk gol tercipta.
ü  Tendangan powerfull tidak njepat = tekan kotak full bar + X
ü  Free kick = pilih pemain penendang yang nilai freekick tinggi, gunakan analog kanan dan kiri, arahkan "ball track line" ke sudut kipr sulit menjangkau, power bar kurang lebih setengah (menyesuaikan jarak), tekan tombol X apabila power bar terlanjur terlalu tinggi.
gunakan track ball untuk mengarahkan arah tujuan bola ketika free kick
ü  Menggeser posisi kiper saat free kick = tekan R1+R2+RS (tengah analog kanan)+L1 maka akan terjadi GK manual controll



SELAMAT MENCOBA

TIPS TRIK PES2014 PART 2 SUDAH RILIS, BISA DILIHAT DISINI
http://electricisart.blogspot.com/2013/11/tips-dan-trik-pes-2014-part-2.html 

51 comments:

  1. Apunk

    Gan, ane pake stik biasa (yg Rp.50rb-an), waktu maen di Pes 2012 fine2 aja, tp waktu dipake di pes 2014 responx koq telat mis : perpindahan cursor player, & ada delay dikit wkt passing ke pemain lain, gimana yah kira2 solusinya. settingannya udah disesuaikan dgn settingan pes 2012

    BTW, agan Madridista yah..kalo gitu Hala Madrid, ane juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab bang, harus dipelajari ni kalau pengen cepat jago maen pes 14.

      Kalau untuk tips trik pes 2015 udah ada nggak bang, kan udah keluar tuh gamenya

      Hapus
    2. iya bro,,
      tp masih blm nemu tips trik nya e,, komputer lagi ngambek nih hahaha.

      masih utak atik nginstall, audionya belum beres ,,

      Hapus
  2. itu bukan faktor stik gan, bisa jadi faktor grafik komputernya, atau mungkin coba dulu setting kursor assisted atau semi-ass.

    tapi madrid semenjak ditinggal para punggawa ozil, kaka, higuain jadi kurang madridtista ane haha

    BalasHapus
  3. Gan ane rquest best formation untuk madrid di pes14 dong


    Salam madridista

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwt madrid pake default formation saja gan,
      preset tacticnya pakae quick cunter dan all out defends.
      cara bermain scr tim menyeluruh menggunakan umpan2 menengah, aliran serangan lbh gampang lewat tengah, gk sperti aslinya yg serangan lewat sayap. tp kalau terlalu asyik menyerang terkadang beck madric jadi kurang solid, jadi alangkah baiknya terkadang ganti formation jadi all out defends

      Hapus
    2. °ºoĸế(y) (-͡. •͡) ane coba dlu ϑếh,
      Makasih ya

      Hapus
  4. Gan, di pes 2014 kok susah banget sih ngeGolin lewat sundulan, gmna caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar aja sih... kalau posisi striker pas kosong tanpa kawalan terus pengumpan dalam power level tendangan yang pas sundulan pasti dapat.
      ada juga sih tips agar sundulan menukik kebawah, kotak lalu segitiga kalau ngak salah.

      Hapus
  5. gan ,seblumnya maaf pke anonimus
    gan klo pake r3 ,kok jadi pake umpan manual trus ane ga bisa ngarahin arah tendangan bebas ,apa gara2 stik saya 30rb-an
    mohon dijawab gan

    hala madrid

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey gannn,,, itu jawabnya simple banget.... analog ente belum aktif.

      masuk di pause menu ---> controller setting ---> lalu setting gerakan pemain mode pakai analog kiri (RS),
      kalau sebelumnya ditempat ente dalam tersetting gerakan pemain (mode arah)

      Hapus
    2. gracias bgt gan atas infonya
      maaf ane baru ngebales

      hala madrid

      Hapus
  6. gan mau tanya, waktu umpan terobosan (pencet segitiga) kok ada tanda buletan yang lari-lari sendiri. akhirnya umpan terobosannya sulit gak kayak pes 2013. tau tidak cara ilanginnya biar kayak pes 2013. makasi gan

    BalasHapus
  7. heheheeyy,,, gampang banget ngatasinya gan..
    pilih start menu --->sistem setting ---> lalu masuk ke settingan trough pass jangan pilih advance ,, pilih standar/basic aja gan..

    BalasHapus
  8. gan? ane mau tanya dong, klo cara merebut bola dari lawan di fifa 14, klo di pes kan kita tekan x aja dia otomatis nguber sendiri ya, tpi klo di fifa g mana gan? tenks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... Komunitas ane pada ngak suka FIFA e gan... Blm pernah instal juga...

      Hapus
  9. Gan, cara bikin jebakan offside di pes14 gmn cara nya? Krn para striker sering lolos dari jebakan offside ane..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang banget gan,,
      Klo mode arahnya pake analog, maka arah (non analog) adlh preset strategy nya.
      Tinggal pilih arah kiri/kanan pd stik maka garis prtahan akan maju.
      Ini akn mdh menjebak striker yg tipenya nunggu bola d dpn.
      Namun untuk pmain yg lari muncul dr second line hrs lbh berhati hati dlm menjebaknya

      Hapus
  10. di pes 2014 ku, stik 2 kok aneh yaa, takle dan umpan pendeknya di posisi A sedangkan long pass sama pressing ada di posisi B, kenapa yaaa, nyetingnya gimana?

    BalasHapus
  11. hmm kalau di stik ala PS dulu = A itu O dan B itu X ya?
    yup gampang solusinya gas, tinggal tuker aja tombolnya di setting
    C:/program files/konami/pro evolution soccer/setting.exe
    > Controller >device > lalu tinggal kalibrasi sesuai selera

    BalasHapus
  12. gan cara pres bertahan dari umpan2 lambung gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok gan, yang dimaksud apakah umpan lambung crossing atau umpan lambung trobos?,, yg umpan trobos ya. krn umpan2 lambung selain sperti crossing dan passing long ball itu sifatnya 50:50

      biasanya yang paling berbahaya adalah umpan lambung trobos,, dimana pemain yang diumpan sudah lari duluan dari second line (ini biasanya kalau lawan temen kalau VS com jarang komputer pakai cara ini)..

      untuk mencipatakan kondisi sperti ini biasanya lawan mengunakan salah satu dari 3 cara ini, kalau tidak analog kanan off the ball control, pass n move, dan umpan 1-2 yg langsung lari kedepan.

      solusinya adalah ketika melihat pemain lawan yang habis mengumpan dan tiba-tiba berlari kedepan segera kejar dan jangan biarkan pengumpan melakukan umpan lambung.
      jangan biarkan lawan melakukan percobaan seperti itu berulang kali, karena dari sekian banyak percobaan pasti nantinya akan ada yg berhasil lolos,
      so dalam pes 2014 ini bertahan yang paling baik adalah menguasai permainan, raih ball position sebanyak mungkin,

      sory gan kalau kepanjangan,, haha

      Hapus
    2. thanks informasinya,sngat membantu...

      Hapus
  13. gan bgmn cara meredam serangan lawan atau pres lawan biasanya saya pakai kali + kotak + R2 untuk pres lawan tp msh sering kelonggaran. harap balasannya,terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikombinasikan sesuai keadaan aja gan,,

      kadang pakai R1+kotak ketika menghadapi serangan balik cepat lawan,
      atau R1+ double kotak, ketika lawan melakukan serangan cepat dari sayap, dan pemain yg dengan kursor segera kita posisikan di area kotak gawang untuk bersiap kalau ada umpan crossing.

      kadang pakai R2 + X, ketika lawan bertaka-tiki di area depan kotak pinalty
      kadang pakai R1 + analog kanan untuk duel body saat keadaan 1 lawan 1 denga pemain lawan.

      oiya, keterangan tombol, khawatir e beda hehe
      R1 = lari cepat
      R2 = lari pelan
      kotak = shot
      X = umpan datar

      Hapus
  14. salam...Kenapa dalam BAL PES 2014 ps3 pemain kita gak slalu tampil dalam tiap pertandingan gan...gimana solusinya agar kita selalu dimainin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane jarang maen di leagend (BAL) itu e...
      lebih seringnnya menikmati tandingan atau CUP turnament sama temen2..

      Hapus
  15. Sorry gan pake Anonymous, saya mau nanya knapa analog kanan saya
    kalau ddi ke bawahin sama aja low pass, kalau ke kanan loftedpass, jadi malah nendang. saya jadi ga bisa pake triknya

    BalasHapus
  16. okey gannn,,, itu jawabnya simple banget.... analog ente belum aktif.

    masuk di pause menu ---> controller setting ---> lalu setting gerakan pemain mode pakai analog kiri (RS),
    kalau sebelumnya ditempat ente dalam tersetting gerakan pemain (mode arah)

    BalasHapus
  17. gan cara protes wasit dan lempar mercon gimana di pes 2014?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha bisa ya?,, belum pernah lihat e..

      Hapus
  18. gan...kalo mau mindahin jarak free kick gimana ? misal kan kalo free kick ada 22m atau berapa lah gitu....kok saya ga bisa di gerakin sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu di free training freekick kan,
      tinggal digeser dengan arah aja kok.

      pastikan modenya udh tepat (mode arah tombol, atau mode analog)

      Hapus
    2. maksud saya yg ada di atas tiang itu loh gan,
      itu ga bisa di gerakin....itu knp gan ?

      Hapus
    3. tiang gawang?,

      pake analog kanan,
      analog kiri buat arah melengkungnya bola

      Hapus
  19. Bro mau nanya,kalo umpan segitiga itu masuknya ke lowpass/lofted pass?bingung cari pemain nih untuk master league

    BalasHapus
  20. jarang maen master league ane gan,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan bro,maksutnya itu kalo kan kalo operan itu bisa mencet segitiga dan X bro,nah pertanyaan saya apa operan yang mencet segitiga masuknya ke lowpass atau lofted pass bro kalo di stat pemainnya?

      Hapus
    2. ????,, segitiga itu umpan trobos (throughpass), dan X itu umpan biasa (passing)..

      low pass itu = umpan pendek. apabila nilainya tinggi maka akurasi mengumpan jarak pendek akurat.

      lofted pass itu = umpan dalam posisi pemain mata tidak melihat (umpan ke samping/belakang. apabila nilainya tinggi maka akurasi mengumpan ke arah samping atau belakang lebih akurat. beda dengan versi PES 2013 atau sebelumnya yang selalu akurat memberikan umpan di titik buta pemain ..

      mungkin gitu gan, mudah2 singkron hehe

      Hapus
    3. Hoo gitu jadi umpan terobos masuk ke dalam kategori low pass dong om?

      Hapus
    4. kurang tau sih,, jarang memperhatikan aspek itu soalnya,
      basanya pakai pemain tengah sperti modric, kross, tiago, iniesta sdh enak bwt ngasih umpan trobos

      Hapus
  21. Min mau tanya.

    Cara merubah GK kursor jadi manual gimana? Sama biar GK saat one on one jd tangguh gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. R1+R2 L1+L2 lalu arah / analog. GK akan jadi manual control.

      ketika freekick cukup segitiga lalu arah bisa geser

      Hapus
  22. gan kalo biar keluar 3 kolom yg slh satu tulisannya leave management saat masuk formasi di pes 2014 ps3 gmna gan? Cz dulu gk sengaja keluarnya ..

    BalasHapus
  23. Bah blognya mantap gam,kalo ada iklannya ane bantu klik dah 1x.

    Oh iya ,ane minta formasi jitu untuk MU donk gan..thanks sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan..

      haha bentar lagi PES 2015 nyebar gan,, maen 2015 aja hehehe

      Hapus
  24. gan saya mau tnya dalam permainan Game PES 2015 kan Joystike 1 kan pemain club yg kita pilih diatas pemain ada nama atau pun tanda panah biru gtu untuk Joystike 2 gk ada gmana cara pengaturannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke pengaturan player setting gan...

      Hapus