Selasa, 18 Februari 2014

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 1

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 1

               Berikut adalah urutan pantai di gunung kidul dari ujung barat sampai ujung timur. Dalam bagian part 1 ini akan dijelaskan gambaran dari pantai gesing sampai pantai Krakal

1.    Pantai gesing
2.    Trio pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngerenehan
3.    Pantai Baron
4.    Pantai Kukup
5.    Pantai Sepanjang
6.    Pantai Drini
7.    Pantai Krakal
8.    Pantai Ngandong
9.    Pantai Sundak
10. Pantai Indrayanti
11. Pantai  Pok tunggal
12. Pantai Ngetun
13. Pantai Timang
14. Pantai Siung
15. Pantai Wediombo
16. Pantai sadeng.

        Berikut adalah gambaran umum tentang pantai-pantai yang menghiasi jajaran tepian laut selatan di wilayah gunung kidul yogyakarta. Sebagai referensi teman2 yang ingin berlibur ke pantai.


1.    Pantai gesing
        Pantai gesing adalah pantai yang terletak di paling ujung barat kabupaten gunung kidul, hampir berbatasan dengan kabupaten Bantul. Pantai ini berjenis sebuah teluk besar dan berperan sebagai tempat berlabuh kapal nelayan. Akses menuju lokasi dari kota yogyakarta lebih mudah melewati jalan Imogiri dan melewati desa Selopamiro. Atau bisa juga dari pantai parangtritis menuju ke arah timur. Jarak pantai ini dari pantai parangtritis kurang lebih skitar 15km.

Pantai Gesing

Rating pantai gesing :
Alam                      : standar pantai
Fotografi                : standar pantai
Rekreasi                : standar pantai
Infrastruktur          : standar pantai


2.    Trio pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngerenehan
        Ketiga pantai ini memang berlokasi sangat dekat. Pantai ngobaran dan nguyahan berbatasan langsung sedangkan pantai ngerenehan terletak sekitar 1 km disebelah timurnya. Pantai Ngobaran memiliki ciri khas bangunan candi-candi seperti pura sehingga bisa memberikan nuansa seperti di Bali, maka tak heran jika pantai cocok bersanding dengan pantai ulu watu Bali. Pantai ini cocok untuk fotografi. Ciri khas yang kedua adalah air laut disini rasa asin nya paling juara, sesuai dengan nama Nguyahan yang diambil dari kata "uyah" atau garam. Meskipun air asinnya kurang rekomen untuk berenang namun pengunjung pantai ini selalu ramai bermain air di pantai ini.
        Akses perjalanan pantai ini dari kota yogyakarta dapat melalui jalan wonosari, lalu ambil belok kanan di pertigaan dekat lapangan udara AU wonosari, lalu melewati desa Playen.

Pantai Ngobaran

Plataran Candi

Beauty Flower

Rating pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngerenehan :
Alam                      : bagus
Fotografi                : bagus dan artistik
Rekreasi                : standar pantai
Infrastruktur           : memadai


3.    Pantai Baron
        Pantai baron adalah pantai yang sudah tidak asing lagi semua orang. Pantai ini menyajikan keindahan pantai yang lengkap. Untuk fotografi dapat diperoleh pemandangan yang bagus dari atas bukit sebelah timur, dari atas bukit itu dapat dilihat pemandangan laut yang luas, pemandangan pantai kukup, dan pemandangan coral karang di tebing. Untuk lebih bagusnya dengan memanjat tower mercusuar namun dengan taruhan diomelin oleh tim SAR hehehe.
        Ciri khas berikutnya dari pantai ini adalah kuliner lautnya. Di pantai baron bisa didapatkan olahan kuliner udang, cumi, rumput laut, dan ikan2 laut disini dengan harga-harga yang bersahabat. Untuk aspek rekreasi pantai ini tergolong asyik untuk berenang dan bermain ombak, meski sudah banyak pula korban yang terseret ombak ke tengah laut. Pantai ini juga terdapat sungai air tawar untuk berenang.

Pantai Baron

Puncak Sebelah timur Pantai Baron (melihat pantai kukup)

Dari tower mercusuar

Rating pantai baron :
Alam                      : bagus
Fotografi                : bagus
Rekreasi                : asyik
Infrastruktur          : lengkap


4.    Pantai Kukup
        Pantai kukup terletak dibalik bukit sebelah timur pantai baron. Pantai kukup juga dapat disebut "tanah lot ala jogya" denga ciri khas terdapat pulau mirip tanah lot di bagian laut. Pantai ini kurang cocok untuk berenang karena ombak di pantai ini terlalu besar. Untuk fotografi tempat yang bagus pengambilan gambarnya adalah dari bukit karang sebalah barat pantai kukup. Dari tempat itu banyak terdapat pilihan objek yang bagus.
        Akses perjalanan pantai kukup dapat melalui kota wonosari lalu ambil jalan raya pantai baron.
Pantai kukup (foto diambil dari puncak bukit sebelah barat)

Pantai kukup
Rating pantai kukup :
Alam                      : bagus
Fotografi               : bagus
Rekreasi               : kurang
Infrastruktur          : lengkap


5.    Pantai Sepanjang
        Pantai sepanjang terletak 1km sampai 2 km di sebelah timur pantai kukup. Kondisi pantai ini hampir mirip pantai parangtritis hanya saja disini memiliki pasir yang berwarna putih seperti di pantai kuta bali. Pantai ini juga dijuluki pantai kuta ala Jogyakarta. Sesuai dengan namanya "panjang" pantai ini memang memiliki medan yang landai dan luas. Untuk rekreasi pantai ini cukup bagus, dengan kondisi yang datar dapat untuk bermain voli pantai atau sepak bola.

Pantai Sepanjang

Rating pantai sepanjang :
Alam                      : standar pantai
Fotografi               : standar pantai
Rekreasi               : standar pantai
Infrastruktur          : standar pantai

6.    Pantai Drini
        Pantai drini terkenal dengan ciri khas pulau Drini nya. Pulau Drini di pantai tersebut dapat dinaiiki sampai puncaknya. Namun karena sudah dikelola wisata untuk naik ke bukit karang itu dikenankan biaya 2ribu / orang. jadi ngak asyik men..  Pantai ini memiliki ombak yang tenang, bisa saja untuk berenang atau bermain air. bahkan terdapat sebuah cekungan dasar yang kedalamannya hingga 1,5- 2 meter meter yang terletak dekat dengan tepian pantai, sehingga dapat digunakan untuk berenang beneran, namun masih tergolong katagori aman. pantai ini memiliki ciri khas kenaikan  pasang dan surutnya tinggi, jadi ketika surut pantai ini benar-benar seperti kekeringan hingga air lautnya maju ketengah laut.  Infrastruktur di pantai sangat lengkap.
Pulau Drini
Pantai Drini

Rating pantai Drini :
Alam                      : standar pantai
Fotografi               : standar pantai
Rekreasi               : standar pantai
Infrastruktur          : sangat lengkap


7.    Pantai Krakal
        Pantai krakal memiliki deretan pantai yang sangat panjang, mungkin bisa dipecah menjadi di tiga sub-pantai lagi. Salah satu sub pantainya adalah Pantai Sadranan, yaitu bagian paling timur pantai krakal  Meskipun namanya krakal namun tidak sepenunya terdiri dari batuan karang semua. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang luas. Infrastruktur di pantai ini sangat lengkap bahkan seperti kampung penduduk. Dari masjid, penginapan, pusat oleh2 dan posko tim SAR, dll semua ada disini.
        Pantai ini memiliki tanjung-tanjung yang menjorok ke laut, kita dapat mengeskplorasi tanjung tersebut untuk melihat samudra yang lebih dekat lagi. Dari ujung tanjung tersebut untuk fotografi juga tak kalah menariknya. Diatas puncak tanjung karang tertinggi terdapat bangunan yang disusun dari pasir dan karang, daripuncak ini pula kita dapat memandang luasnya pantai krakal.

Pantai krakal dilihat dari Tanjung paling barat

Pantai Krakal dilihat dari tanjung paling Timur

Rating pantai Krakal :
Alam                      : bagus dan alami
Fotografi               : bagus
Rekreasi              : standar pantai
Infrastruktur          : sangat lengkap



Bersambung ke part 2
Part 2 klik disini 


dalam part 2 akan dijelaskan dari pantai Ngandong hingga pantai Ngetun.

0 comments:

Poskan Komentar