Selasa, 18 Februari 2014

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 2

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 2

Dalam part 2 akan diceritakan tentang pantai Ngandong hingga pantai Ngetun:

1.    Pantai Ngandong
               Pantai Ngandong terletak berbatasan langsung dengan pantai Sadranan dan selisih satu bukit dari pantai sundak. Pantai ini memiliki ciri khas terdapat sebuah pulau ngandong di tengah lautnya dan terdapat pula sebuah taman dengan rumput hijau suburnya. Akses perjalanan menuju pantai ngandong adalah dengan berjalan kaki dari pantai sundak atau berjalan kaki dari pantai sadranan paling timur. Untuk rekreasi berenang atau bermain di pasir pantai tergolong kurang, karena kontur pantai yang curam serta ombak besar yang langsung menderu kencang.

Pantai Ngandong

Ngintip dulu dibalik hijaunya rumput

Sorry nampang dulu dengan latar belakang Pulau ngandong



Rating pantai Ngandong :
Alam                 : Standar pantai
Fotografi           : standar pantai
Rekreasi           : kurang
Infrastruktur     : standar pantai


2.    Pantai Sundak
               Pantai Sundak terletak berbatasan langsung dengan pantai Ngandong di sebelah barat dan bertepian dekat dengan pantai Indrayanti di sebelah timurnya. Pantai sundak terkenal akan budidaya ekosistem kelautannya, mulai dari lobster, udang2 an, rumput laut hingga jenis-jenis terumbu karang ada semua disini. Secara general pantai ini hampir-hampir mirip dengan pantai jajaran gunung kidul lainnya. Kelemahan pantai ini kurang cocok untuk berenang karena kondisi dasar laut yang dipenuhi rumput laut dan karang dengan banyak landak lautnya. kalau ingin snorkeling ekstreem boleh mencoba di depan bukit karangnya, namun resikonya bertemu dengan landak laut dan ular laut hehe.
                         pemandangan alam yang bagus di pantai sundak dapat didapatkan dengan menaiki bukit karang sebelah barat ataupun sebelah timurnya. dari bukit sebelah timur bisa memandang jajaran pantai indrayanti sedangkan dari bukit karang sebalah barat dapat memandang jajaran pantai ngandong hingga pantai krakal.

Pantai Sundak sebelah timur

Suasana senja di pantai Sundak

jajaran pantai Ngandong sampai Krakal dilihat dari sundak

jangan buru-buru ingin jebur, ular laut dan landak lautnya serem




Rating pantai Sundak :
Alam                 : Standar pantai
Fotografi           : standar pantai
Rekreasi           : Standar pantai
Infrastruktur     : standar pantai


3.    Pantai Indrayanti
               Pantai Indrayanti adalah satu-satunya pantai dengan sebuah jalar raya berada tepat di pinggiran lautnya, hampir mirip dengan jalanan di tepian pantai Dreamland bali. Penataan Infrastruktur pantai Indrayanti sangat cukup memadai. Secama nuansa alam pantai ini tergolong biasa-biasa saja, namun secara aspek liburan dan rekreasi cukup menjanjikan. Di pantai ini terdapat gasebo-gasebo di tepian pantai yang cocok untuk bersantai. Di pantai ini juga terdapat berbagai macam kuliner-kuliner ala pantai yang menggugah selera makan. Pantai ini juga memiliki bukit karang di sebelah timur yang sudah terdapat anak tangganya sehingga mudah untuk dinaiki. dari puncak bukit itu dapat dilihat pemandangan yang cocok untuk menikmati pemandangan.


Pantai Indrayanti dilihat dari bukit sebelah timur

Deretan pantai Indrayanti


Rating pantai Indrayanti :
Alam                 : Standar pantai
Fotografi           : standar pantai
Rekreasi           : bagus          
Infrastruktur     : sangat lengkap

4.    Pantai  Pok tunggal
               Pantai pok tunggal merupakan pantai yang tergolong bersembunyi di balik bukit-bukit. Akses menuju lokasi harus melewati jalanan batuan sekitar 2 km. Pantai ini masih tergolong alami namun bukan berarti tidak ada infrastrukturnya. Pantai pok tunggal memiliki tebing tinggi di sebelah timurnya, dari puncak tebing tersebut cocok untuk fotografi dan menikmati indahnya pemandangan pantai. Pantai ini bisa dikatakan masih bersih tidak ada sampah-sampah bungkus makanan yang berserakan. Pedagang-pedagang di tepian pantai ini mayoritas jualan es kelapa muda, maka tak heran di pantai ini harga es kelapa muda tidak semahal di pantai lainnya.

Pantai Pok tunggal

Dilihat dari sebelah timur



Rating pantai Pok Tunggal :
Alam                 : bagus
Fotografi           : bagus
Rekreasi           : bagus
Infrastruktur     : standar pantai


5.    Pantai Ngetun
               Pantai Ngetun lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama pantai "Ngeitun" atau "Ngitun". Akses menuju lokasi ini tentu sangatlah sulit, karena dari jalan raya tepus-jepitu harus menempuh jalanan bebatuan sejauh lebih dari 5km. Namun, Indahnya alam pantai ini dapat dibilang yang paling bagus dibandingkan pantai gunung kidul lainnya.
               Pantai ini merupakan yang yang paling bersih, kualitas air di pantai ini sangat jernih. Untuk berenang dan menyelam pantai ini sangat rekomen, tapi juga harus dengan keterampilan yang mendukung. Pantai ini juga sering digunakan untuk camping oleh beberapa pengunjung. Untuk fotografi, pemandangan objek yang bagus bisa didapat dengan memanjat tebing karang di sebelah timur pantai Ngetun.
               Dalam mengunjungi pantai ngetun disarankan jangan hanya datang, lihat, lalu pulang., karena mengingat medan nya penuh perjuangan maka terlalu rugi kalau hanya sesaat mengunjunginya.

Jernihnya air pantai Ngetun

Under water Pamtai Ngetun

Sorry nampang lagi



Rating pantai Ngetun :
Alam                 : Sangat bagus
Fotografi           : Sangat bagus
Rekreasi           : sangat mengasyikan

Infrastruktur     : tidak ada

Bersambung Ke Part 3.

Part 3 klik disini

0 comments:

Poskan Komentar