Selasa, 18 Februari 2014

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 3

DARTAR PANTAI DI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA part 3

Dalam part 3 ini akan diceritakan dari pantai Timang hingga pantai sadeng

1.    Pantai Timang
   Pantai timang ini dikenal dengan kereta gantungnnya yang menghubungkan ke pulai timang. Dalam menyeberangi lautan ke pulau timang merupakan sebuah sensesasi yang mengasyikan bersama kereta gantungnnya. Di pulau timang tersebut dapat dirasakan begitu dekatnya kita dengan samudra. Dari pulau itu bisa didapatkan banyak pilihan objek fotografi yang disajikan.

Flyng Fox ala Pantai Timang

Pantai Timang


Rating pantai Timang :
Alam                 : bagus
Fotografi           : bagus
Rekreasi           : lumayan
Infrastruktur     : standar pantai

2.    Pantai Siung
   Pantai siung terletak sekitar 4km disebelah timur pantai timang. Jika kita hanya mengunjungi pantai siung bagian bawah yang deket tempat parkir saja, dijamin rugi!. Karena indahnya pantai ini terletak di bagian atas bukit sebelah timur. Pantai siung memiliki bukit yang sangat tinggi lebih dari 100 meter jalan kaki. Terdapat 3 puncak tahapan untuk menuju yang tertinggi. Dari puncak bukit tersebut dapat disaksikan pemandangan alam yang WOW banget. Ketika sore hari dapat dinikmati suasana sunset yang perfect bersama hamparan luasnya samudra. Selain itu hamparan karang-karang juga menghiasi pemandangan alam yang sangat rekomen untuk fotografi.
   Untuk yang suka tantangan pantai siung ini juga memiliki banyak pilihan medan untuk panjat tebing, dari yang skala ringan hingga yang paling ekstreem.
   Dalam hal rekreasi dan berenang pantai ini kurang rekomen, karena di bagian pantainya terdapat banyak karang, serta kontur bagian dasar pantai tidak rata sehingga cukup membahayakan untuk bermain ombak. Namun kalau sekedar bermain air di bagian tepian pantai sebelah barat masih aman.

Pantai Siung

dari Puncak tertinggi pantai Siung

Deretan tebing Coral di timur pantai siung


Rating pantai Siung :
Alam                 : sangat bagus
Fotografi           : sangat bagus
Rekreasi           : standar pantai
Infrastruktur     : standar pantai



3.    Pantai Wediombo
   Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Yang memebedakan dengan pantai sepanjang adalah, pantai ini juga memiliki coral-coral yang melengkapi keindahan pantainya. Secara infrastruktur pantai ini sudah dikelola dengan baik.  Di bagian puncak bukit disekitarnya sudah dibangunkan sebuah gardu pandang yang asyik untuk  menikmati pemandangan alamnya. Dalam hal berenang dan bermain air di pantai ini harus pintar-pintar mencari tempat yang tepat, karena dengan kontur yang landai ketengah (landai yang tanggung) serta banyaknya karang dan lumut di dasar pantainya.
   Kelemahan pantai ini adalah jaraknya yang sangat jauh dari pusat kota yogyakarta, lebih dari 80 km atau sekitar 40km dari kota wonosari.

Pantai wediombo

Ciri khas batu Pantai Wediombo



Rating pantai wediombo :
Alam                 : bagus
Fotografi           : bagus
Rekreasi           : lumayan
Infrastruktur     : standar pantai


4.    Pantai sadeng.
   Pantai sadeng adalah pantai paling ujung dari kabupaten gunung kidul yang hampir berbatasan dengan kabupaten wonogiri. Pantai ini merupakan pantai jenis teluk yang digunakan untuk dermaga kapal nelayan. Di pantai ini terkenal dengan aneka hasil tangkapan lautnya, mungkin kalau ingin borong udang laut sama cumi-cumi boleh juga. Untuk rekreasi dan fotografi pantai ini tergolong standar seperti halnya pantai pada umumnya.

tempat berlabuh kapal nelayan

pantai sadeng


Rating pantai Sadeng :
Alam                 : standar pantai
Fotografi           : standar pantai
Rekreasi           : standar pantai

Infrastruktur     : standar pantai

0 comments:

Poskan Komentar