Jumat, 25 April 2014

GALERI KENDARAAN LISTRIK

Galeri Kendaraan Listrik




1. Sepeda Listrik Optimist E-bike

          
        Optimist E-bike, nama yang diambil dari merk casis utama sepeda listrik ini. Sepeda ini dibuat berdasarkan atas keinginan dari melihat video-video di youtube tentang orang luar negeri yang sukses dengan eksperimen kendaraan listriknya. Berawal dari hadiah KMLI 2011 maka sepeda listrik berkecepatan tinggi ini mulai terbuat. Fungsi tujuan pembuatannya adalah untuk diikutkan lomba2 karya teknologi mahasiswa dan meneliti seberapa efisien kendaraan listrik digunakan untuk keseharian. Alhamdulillah saat ini sudah dapet hadiah dari berbagai lomba dan balik modal hehehe.




Spesifikasi:
Kecepatan: 65km/jam
Daya tempuh jarak: 62km (pemakaian normal skitar 4 hari)
Lama pengisian: 2 sampai 4 jam charging
Daya motor: 500W
Baterai : 48V 12Ah


2. Bogi Power CAR




           Mobil ini merupakan kendaraan listrik pertama kali gue diciptakan. Nama bogi power diambil dari nama sponsor yang membiayai di awal pembuatan. Mobil ini dibuat untuk mengikuti perlombaan balap mobil listrik seperti IEVC dan KMLI. Sejak tahun 2010 hingga kini sudah berulang kali mengalami pengembangan inovasi dan teknologi. Berbagai juara sudah berulang kali dimenangkan oleh mobil ini, bisa dibilang mobil ini sebagai mesin pencetak prestasi dan penghasil koin. Hingga kini mobil ini sangat bermanfaat untuk kendaraan angkut-angkut barang.
              saat kini mobil listrik bogi power car sudah dilengkapi aksesoris tambahan seperti lampu kepala, lampu tanda belok, klakson,  lampu indikator baterai, rpm meter, speedometer, dan indikator lainnya. 
                suatu keunikan ketika mobil ini melaju di jalan raya atau ketika diparkir, rata-rata semua orang bertanya "ini kalau ada polisi ditangkap ngak??" kasihan mobil ini udah ratusan kali selalu mendapat pertanyaan macam itu



Spesifikasi:
Kecepatan: 90km/jam
Daya tempuh jarak: 50,2km (diuji ketika IEVC 2010)
Lama pengisian: 2 sampai 4 jam charging
Daya motor: 6KW
Kontroller: kellycontroller 8KW dan Greentime 5KW
Baterai : 48V 45Ah

3. E-fast bike



        Ini adalah pembuatan kedua kali kendaraan listrik berwujud sepeda. Sepeda ini dibuat dalam PKMKC 2013 "Program kreativitas mahasiswa karya cipta". Model kedua ini adalah penyempurnaan dari Optimist E-bike. Ergonomi lebih ramping dan bobot lebih ringan tentunya. Lama pengisian juga lebih singkat dan power lebih OK.


bagian belakang emang belum dibungkus waktu pengambilan gambar,
sekarang sudah terbungkus rapi kok....

Spesifikasi:
Kecepatan: 65km/jam
Daya tempuh jarak: 40km
Lama pengisian: 1 sampai 3 jam charging
Daya motor: 800W
Kontroller: Kellycontroller 3KW
Baterai : lead acid sealed 48V 7Ah

4. Sun race EV



Sunrace adalah nama sepeda motor Cina yang menjadi dasar casis kendaraan listrik ini. Dana hadiah juara IEVC berimplementasi terwujudnya sepeda motor listrik ini. Kendaraan ini merupakan kendaraan listrik yang disesain useable berdaya pakai bagus untuk keseharian. Sistem elektronik dibuat seirit mungkin agar jarak tempuh dan jangka pemaikaian yang sangat lama. Sepeda motor listrik ini menerapkan teknolosi KERS "kinetik nergy recovery system" yaitu sistem yang merubah putaran motor menjadi energy listrik. Sistem mekanik juga dibuat senyaman mungkin seperti sistem suspensi dan rem. Bagian selasar sepeda motor dibuat agak luas yang bertujuan mempermudah dalam angkut-angkut barang besar.



Spesifikasi:
Kecepatan: 50km/jam
Daya tempuh jarak: lebih dari 100km
Lama pengisian: 2 sampai 5 jam charging (tergantung kekosongan baterai)
Daya motor: 350W
Kontroller: Kellycontroller 3KW
Baterai : 2025KW

5. Garuda UNY




        Mobil listrik berkonsep Formula ini merupakan mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta yang telah bertanding di ISGCC Korea Selatan (internasional student green car competition). Nama garuda UNY diambil dari nama sponsor utama yaitu garuda Indonesia. Mobil ini dibuat oleh mahasiswa kolabirasi dari seluruh tim mobil listrik di UNY. Mobil ini dirangcang berkecepatan tinggi dan memiliki manuver yang bagus. Proses kerapian dalam pembuatan sangat diperhatikan dari sistem mekanik maupun elektroniknya. Maka tak heran jika biaya untuk membuat mobil ini mencapai 40 juta rupiah.


Spesifikasi:
Kecepatan: 78km/jam
Daya tempuh jarak: 48km
Lama pengisian: 5 jam charging
Daya motor: 6W
Kontroller: Kellycontroller 8KW

Baterai : 48V 80Ah

6. Coming soon 


              Kendaraan listrik yang rencana dibuat ini berkonsep "tricycle" atau sepeda roda 3. Tujuan pembuatan ini adalah untuk diikutkan di lomba-lomba inovasi teknologi. Dalam aplikasi keseharian kendaraan ini diharapkan menjadi sarana transportasi yang minimalis, hemat energy, dan ramah lingkungan. Dengan dimensi yang kecil dan ringan maka diharapkan akan sangat hemat dalam konsumsi energy. Keuntungan lainnya adalah kendaraan ini mampu dilipat dan digunakan di area-area dimana tidak bisa menggunakan kendaraan besar seperti komplek  kampus, komplek perkantoran, di dalam gedung , dll.

Rencana Spesifikasi:
Kecepatan: 50km/jam
Daya tempuh jarak: 60km
Lama pengisian: 30 menit - 1 jam
Daya motor: 500W
Kontroller: Kellycontroller 2KW
Baterai : 48V 7Ah

0 comments:

Poskan Komentar