Jumat, 09 Mei 2014

CARA MEMBERSIHKAN VIRUS SHORTCUT PADA PC dan LEPTOP

CARA MEMBERSIHKAN VIRUS SHORTCUT PADA PC dan LEPTOP
Virus shortcut berbasis Chrom vbs

               Dalam dunia pervirusan komputer terdapat 2 buah sistem yang menjadi korban virus. Yaitu sebuah PC atau leptop sebagai inang sasaran virusnya dan sebuah removable (flashdisk) sebagai media penyebarannya. Jadi artinya apabila sebuah flasdisk yang sehat masuk ke dalam PC bervirus maka otomatis flasdisk akan tertular virus dari PC itu dan bagitupula sebaliknya, Apabila flasdisk yang bervirus masuk ke dalam PC atau leptop yang sehat maka kemungkinan PC / leptop tersebut akan terinveksi virus yang dibawa flasdisk.


               Berikut adalah tips dan trik membersihkan sebuah PC komputer atau leptop yang sudah terlanjur terkena virus shortcut ala chrom vbs yang saat ini sedang nge Tren di sekitar kita. Ada yang namanya crome vbs, chrome vbs, ataupun chrom vbs: tapi itu semua sama saja. Namun apabila yang terinfeksi hanya flaskdisnya saja maka tips cara pembersihannya dapat dilihat disini: cara membersihkan virus shortcutdi flasdisk.


1.    Lepas dahulu flasdisk yang sedang nancep.
2.    Membuka pengaturan hidden file dan hide extensions
1)    Pilih menu organize di kiri atas windows explorer
2)    Pilih folder and search options
3)    Pilih view
4)    Hilangkan tanda centang seperti pada gambar berikut:
5)    Apply



3.    Buka taks manager (klik kanan sidebar pilih task manager, atau CTRL+ALT+DEL).
1)    Pilih prosesses
2)    Urutkan berdasar user name
3)    Cari yang namanya wscript.exe (terkadang lebih dari satu)
4)    Pilih End proses untuk menghentikan proses


          Poin no 3 ini bertujuan untuk menghentikan proses kerja virusnya di komputer. Meski sudah berhenti namun tetap belum aman, virus bisa kembali aktif sewaktu-waktu terutama setelah restart.


4.    Berikutnya adalah mencari otak si virus berlindung.
Buka folder C:users\nama PC\app data\local\temp\
Cari file yang bernama chrom.vbs (smisal adanya crome, chrom, atau chrome) sama saja. Jika sudah ketemu JANGAN DI DELETE karena apabila dibersihkan bisa jadi sistem virus yang melindungi lainnya akan kembali menciptakan otak virus ini lagi.



5.    Setelah file chrom.vbs ditemukan maka langkah kita selanjutnya adalah membuat file palsunya.
1)    Rename file tersebut. Misal jadi chrom.vbs1, lalu pilih yes



2)    Ciptakan file palsunya, klik kanan --> new , misal pilih new microsoft power poin.



3)    Rename file palsu itu menjadi chrom.vbs



4)    Jadikan itu file "read only" . hal ini bertujuan agar tidak ditumpuki / overwrite oleh virus sejenis. klik kanan file -> properties -> read only -> OK



    Dengan demikian maka sistem hidup virus ini di PC atau leptop sudah terputus dan terhenti. Memang masih ada sisa-sisa virusnya, namun cara sederhana ini akan membuat kebal komputer PC terkena virus dengan kriteria yang sama. Ibarat virus cacar air pada manusia jika sudah kena tidak akan terkena lagi. Itulah kenapa tidak dituntaskan hingga habis pembersihannya, karena kalau dibersihkan secara habis maka virus sejenis dapat kembali mengonveksi komputer PC atau leptop tersebut

6.    Bersihkan sistem start-up pada msconfig:
1)    Buka jendela run dengan menekan tombol "windows+R" tulis "msconfig" lalu pilih OK seperti gambar berikut:



2)    Jika tampilan msconfig sudah muncul maka pilih menu "start up", lalu cari tulisan "wscript.exe" di kolom comand seperti pada gambar (terkadang lebih dari satu) lalu berikutnya hilangkan tanda centangnya. Jika sudah selesai pilih apply dan restart komputernya. Nama di start-up item terkadang berubah-rubah (kadang firefox, chrome, camfox, sidebar, dll. jadi tak perlu lihat di bagian start menu item)



7.    Tunggu hingga restart selesai. Jika sudah kembali setelah restart buka kembali taks manager seperti poin no.3. jika dalam taks manager tidak ada file wscript.exe maka itu artinya virus sudah tidak kembali bekerja. Pengecekan berikutnya adalah masukkan flasdisk yang sehat lalu cermati apakah muncul virus shorcutnya tidak, jika tidak maka komputer sudah kembali sehat.

8.    Kembalikan settingan organize seperti poin no.1 ke kondisi sperti semula.
9.    Selesai
SEMOGA BERMANFAAT

            Artikel terkait: cara membersihkanvirus shortcut di flasdisk.

0 comments:

Poskan Komentar