Kamis, 27 Agustus 2015

MERAKIT SEPEDA LISTRIK

MERAKIT SEPEDA LISTRIK

Pada sepeda gunung MTB


Sebenarnya sulit tidak sih merakit sepeda listrik?. Jawabnya akan diulas dalam ulasan berikut. Kenaikan BBM tentunya membuat perkemabangan kendaraan listrik lebih dilirik. Begitu juga sepeda kayuh, yang kini mulai berinovasi diubah menjadi listrik. Dikayuh untuk olahraga bisa dan untuk santai juga bisa. Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara merakit menjadi sepeda gunung listrik.??. mari kita simak ulasannya.

Sepeda gunung MTB yang telah dikonversi menjadi Hibrid listrik.

Sepeda gunung MTB yang telah dikonversi menjadi Hibrid listrik.

1.    Sepeda kayuh

Sepeda kayuh yang dapat dikonversi sebenarnya adalah universal, dari sepeda MTB, sepeda balap, BMX ataupun sepeda lipat. Hal yang perlu diperhatikan adalah dimensional as roda pada frame sepeda tersebut, karena nantinya apabila menggunakan motor jenis hub harus menyesuaikan open size as tersebut.
Untuk sepeda MTB, roadrace, sepeda lipat dan BMX memiliki open size as belakang 13,5cm dan as fork depan 10cm.

Sepeda MTB Standar

2.    Motor penggerak

Motor pengerak yang ideal pada sepeda listrik terdapat 2 jenis. Jenis BLDC hub langsung dan jenis motor mid crank.
Motor yang langsung hub memiliki kelebihan memiliki watt dan torsi yang besar, serta minimalis dalam peletakan karena langsung jadi satu dengan velg. Model motor hub tersedia dalam ukuran 250W, 350W, 500W dan 1000W hingga 3000W.
        Motor model mid crank adalah motor yang terletak tepat di depan crack set sepeda. Motor ini mensyaratkan harus menggunakan crack set khusus yang memiliki sistem one way clutch. (kopling satu arah). Ukuran daya mid crank motor 250W-750W.

Motor Jenis HUB. langsung velg

Motor Jenis HUB. langsung velg
Motor Jenis HUB. langsung velg

model mid crank


3.    Kontroler

Kontroller adalah komponen utama yang mengatur putaran motor. Kontroler ideal adalah menyesuaikan motor yang digunakan apabila motor yang digunakan 350W maka kontroller yang digunakan harus 350W atau lebih besar.

Kontroller
Kontroller
Kontroller


4.    Handle gas

Handle gas adalah komponen berikutnya yang digunakan untuk mengontrol kecepatan laju motor. Handle gas pada sepeda listrik terdapat 2 tipe. Tipe handle gas biasa dan tipe thumb trotle (gas jempol)
Tipe handle gas biasa secara penggunaan sama persis seperti handle gas sepeda motor, sistem yang sederhana ini membuat harga relatif murah.
Tipe thumb trotle memiliki keunikan tersendiri, yaitu cara mengegas menggunakan jempol yang didorongkan. Secara harga thumb trotle lebih mahal daripada handle gas biasa.

handle gas model thumb trotle

handle gas model biasa
handle gas model biasa


5.    Baterai

Baterai adalah faktor penting alam kendaraan listrik karena baterai berperan sebagai suplay tenaga. Jenis baterai yang sering digunakan untuk sepeda listrik pada umumnya adalah lithium. Namun karena harga baterai lithium sangat mahal 3,5jt-5jt an.. maka pada modifikator sering beralih ke baterai UPS yang harganya relatif murah. 750-800ribuan dalam 4 unitnya. Hanya saja bateri UPS cenderung lebih berat dan umur tidak seawet baterai lithium.

Baterai lithium
Baterai lithium

Baterai lithium

Aki kering pasaran



 SEPEDA LISTRIK TELAH TERAKIT

sepeda listrik

sepeda listrik

sepeda listrik

sepeda listrik

OPTIMIST E-BIKE
65KM/JAM TOP SPEED
30KM JARAK TEMPUH
CHARGING 1-2 JAM

INFO TERKAIT



0 comments:

Poskan Komentar