Senin, 23 November 2015

MEMPELAJARI KOMUTASI KONTROLLER BLDC

MEMPELAJARI KOMUTASI KONTROLLER BLDC

Sebenarnya bagaimana sih sistem komutasi dasar pengontrollan motor BLDC itu?.  Bagaimana sih dari input hall sensor dapat berubah menjadi pola drive MOSFET pada positif channel dan begatif channel?. Mari kita simak ulasannya. Sebelumnya diharapkan sudah tau tentang pola dasar hall sensor dan tentunnya pengetahuan dasar tentang sistem digital. Okey check this.

Kontroller BLDC
Kontroller BLDC


1.    Pola hall sensor 120 phase.
Disini kita akan fokus pada 120 derajat. Karena dalam 60 derajat tentunya pola hall sensor akan berbeda. Hall sensor berfungsi meneteksi posisi rotor sebuah motor. Dalam derajat phase 120, maka akan terbentuk 6 pola.
Mengapa pola bisa demikian?, itu sudah pasti karena konstruksi motor BLDC sendiri. Bisa dibuktikan pada gambar berikut:


Skema pola hall 120 derajat pada pengujian osiloscop.


Perhatikan Grafik digital pada bagian hall sensor, Berdasar data diatas maka dapat disimpulkan pada digita 0 1 pola hall sensor yang terjadi adalah.



Tabel Pola Hall kabel 3 hall sensor


2.    Output yang diharapkan 3 phase motor
Kita masih mengacu pada sumber data gambar diatas. Dari sumber datas tersebut maka dapat diketahui pola kelistrikan pada phase BLDC adalah sebagai berikut:


urutan skema kelistrikan pada 3 phase motor

Sehingga jika ditampilkan dalam tabel adalah:



3.    Pola Drive mosfet dari mikrokontroller yang dibutuhkan.
Sekarang kita sudah mengetahui pola hall dan pola kelistrikan pada 3 phase motor. Sekarang tinggal bagaimana menciptakan suatu kondisi mikrokontroller men-drive mosfet pada positif channel dan negatif channel agar tercipta kelistrikan phase yang tepat.





 Pada drive sebuah MOSFET yang melibatkan negatif channel dan positif channel, pada umumnya dibeakan data aktivasinya. Untuk positif channel on adalah data 1, dan negatif channel on adalah data 0. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi short mendadak ketika mikro mengeluarkan data 1 semua. Dengan demikian dapat disimpulkan pada tabel.

Pola Drive FET pada mikrokontroller.
Pola Drive FET pada mikrokontroller.



4.    Kesimpulan keseluruhan
Dari ke-3 data diatas maka bisa kita rangkum dalam sebuah pola.



Skema keseluruhan pengontrollan motor BLDC


 Skema keseluruhan pengontrollan motor BLDC


SEMOGA BERMANFAAT.


Supported By:

0 comments:

Poskan Komentar