Kamis, 17 Maret 2016

CARA KERJA MOBIL LISTRIK, RIBET ATAU SEDERHANA SEBENARNYA?

Cara Kerja Mobil Listrik, Ribet Atau Sederhana Sebenarnya?


Cara kerja mobil listrik, mungkin Anda sebagai penggemar kendaraan beroda empat penasaran akan cara kerja mobil berdaya listrik tersebut. Biasanya, yang Anda tahu kendaraan roda empat dapat melenggang di jalanan karena menggunakan bahan bakar listrik. Tetapi, baru-baru ini di Amerika telah diluncurkan mobil yang tenaganya menggunakan listrik. Di Amerika sendiri, mobil listrik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Zerro Emission Vehicle dan Low Emission Vehicle. Untuk mobil Zerro Emission Vehicle contohnya adalah mobil yang menggunakan baterai dan mobil fuel cell. Sedangkan untuk Low Emission Vehicle, contohnya mobil yang penggeraknya menggabungkan mesin konvensional dengan motor listrik. Jika Anda ingin tahu jenis-jenis mobil listrik dan cara kerjanya, simak informasi berikut ini.



cara kerja mobil listrik


Sebelum Anda mengetahui contoh mobil listrik yang sudah ada di pasaran. Alangkah baiknya Anda mengetahui cara kerja mobil listrik secara umum. Sistem penggerak mobil listrik akan bisa digerakkan ketika Anda sudah menghidupkan kontak pada posisi on dan menarik pedal pada mobil. Ketika pedal pada mobil ditarik, maka batang penarik akan menarik pengungkit pada poros mobil. Selanjutnya, pengungkit poros akan melepaskan desakan pelatuk saklar sehingga menyebabkan arus listrik dapat menggerakkan solienade. Namun, ketika Anda mengerem kendaraan, maka seketika saklar tersebut akan memutus aliran listrik yang menggerakkan roda-roda pada mobil.


Jenis-Jenis Mobil Listrik Dan Cara Kerjanyacontoh mobil listrik


Mobil listrik yang pertama adalah mobil yang disebut mobil listrik yang sesungguhnya. Tentunya, karena mobil ini diberi nama mobil listrik, mobil ini pastilah digerakkan menggunakan daya listrik. Mungkin, Anda sebagai kaum awam bertanya, bagaimana cara kerja mobil listrik tersebut. Lalu, bagaimana jika listrik dalam mobil tersebut mati? Anda tak usah khawatir, ternyata mobil ini dilengkapi charger untuk mengisi daya listrik pada aki. Sedangkan, bagian-bagian mobil yang dirasa penting dalam mobil listrik ini ada 5, yaitu motor listrik, baterai (AKI), charger, controller, dan manajemen daya.



Mobil listrik yang kedua adalah mobil hybrid. Mobil listrik ini adalah mobil yang diproduksi oleh pabrikan Honda dan Toyota. Mobil listrik ini biasanya adalah mobil yang memiliki teknologi hemat BBM dan juga ramah lingkungan. Cara kerja mobil listrik hybrid ini sedikit berbeda dengan mobil listrik yang lainnya. Ketika Anda menggunakan mobil listrik ini, Anda tak bisa membiarkan listrik dalam keadaan habis. Ketika Anda kehabisan energi listrik, maka Anda harus mengecharge bagian aki mobil dengan cara spesial selama 8 sampai 12 jam. Anda juga bisa mengisi energi listrik aki melalui mesin yang diberi daya oleh soal, bensin, atau fuel.



cara kerja sederhana dari mobil berdaya listrik


Mobil listrik yang ketiga adalah mobil surya. Anda pastilah sudah bisa menebak mengapa mobil ini dinamakan dengan mobil surya. Ya karena untuk menggerakkan mobil listrik, kendaraan beroda empat ini membutuhkan cahaya matahari. Cara kerja mobil listrik ini cukup unik, cahaya matahari ditangkap melalui panel cell surya yang telah terpasang pada mobil. Lalu, cell surya itulah yang nantinya dapat menggerakkan roda-roda pada mobil listrik. Tentunya, sebuah mobil perlu kestabilan ketika melaju di jalan raya. Untuk membuat mobil stabil, mobil dilengkapi oleh tempat penyimpanan energi dan juga controller kecepatan mobil listrik agar tenaga surya tidak cepat habis.



Setelah Anda mengetahui beberapa cara kerja mobil listrik di atas, pastilah Anda sudah tak membayangkan listrik pada mobil seperti listrik yang dipasang di rumah-rumah. Daya listrik yang dibutuhkan mobil akan disimpan dalam bentuk aki. Sehingga, ketika daya listrik tersebut habis, Anda tinggal menge-chargenya karena dalam aki tersebut terdapat tempat untuk charge listrik. Tak hanya itu saja, mobil listrik tersebut juga dilengkapi dengan pengontrol kecepatan dan management daya supaya penggunaan listrik tidak boros. Nah, begitulah kira-kira cara kerja sederhana dari mobil berdaya listrik tersebut. Semoga Anda tidak penasaran lagi ya.


Sumber: otomotif net

0 comments:

Poskan Komentar