Minggu, 26 Juni 2016

ARTI KODE HR PADA AKI KENDARAAN LISTRIK

ARTI KODE HR PADA AKI KENDARAAN LISTRIK


       HR dalam kode aki mengartikan adalah kode "Rate Capacity". Tapi secara riil fakta, apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui nilai HR? , apa manfaat mengetahui nilai HR?, apakah ada dampak pada keawetan aki dalam pemakaian?. Mari kita simak ulasan berikut:

       HR adalah rate kapasitas aki, HR sangat erat kaitannya dengan AH (Amperhour). Pada aki semisal tertulis 12V 20Ah / 20Hr:  Itu artinya aki memiliki nominal voltase total cell adalah 12V, memiliki kapasitas fakta 20Ah jika amper kontinyu yang digunakan adalah 20Ah / 20Hr = 1 Amper. Jadi artinya aki dengan seri 12V 20Ah / 20Hr benar-benar memiliki kapasitas 20Ah jika digunakan kontinyu beban Amper sebesar 1A, lalu jika lebih dari 1A bagaimana?. Jawabannya adalah kapasitas aki tersebut turun, bukan 20Ah lagi.

       Bahasa lain yang dapat mengartikan adalah: aki dengan seri 12V 12Ah/20hr adalah aki yang mampu mengalirkan listrik dengan tegangan 12V dan mengeluarkan arus sebesar 1A selama 20 jam.

Perhatikan nilai HR pada datasheet aki dari Chaowei power, Chilwee. Semakin besar nilai Hr maka kapasitas aki pun meningkat, begitupula sebaliknya, semakin sedikit HR maka kapasitas aki menurun, padahal itu masih dalam satu aki yang sama.



APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SETELAH MENGETAHUI NILAI HR AKI?

       Setelah mengetahui definisi HR sekalipun, kita masih agak bingung bagaiamana menerapkannya. Beberapa sumber di Internet pun masih belum banyak membahas langkah nyata untuk aplikasi, khususnya untuk kendaraan listrik.
1.    Jika kita menggunakan aki yang didesain "X" Hr, maka janganlah kita menghabiskan kapasitas baterai kurang dari "X" jam.
2.    Pendukung poin 1 : Usahakan aki habis dalam waktu yang lebih dari X jam tersebut,  jangan dihabiskan kurang dari X jam
3.    Jika sebelum lewat durasi X jam sudah ada tanda-tanda aki mau habis, maka segeralah lakukan charging. Jangan dilanjutkan sampai aki benar- benar kehabisan.
4.    Lakukanlah sedikit-sedikit pakae lalu sedikit sedikit charging, jadi sebelum aki kehabisan kurang dari "X" jam maka sudah tertolong oleh charging, jadi aki tidak jadi kehabisan pada masa durasi tersebut
5.    Melakukan perjalanan jauh dalam sekali jalan tentu adalah perbuatan membunuh aki, karena aki akan habis dalam waktu durasi yang cepat. Misal 1 jam habis atau 2 jam habis. Padahal belum tentu aki yang dipakai memiliki nilai Hr 1Hr atau 2 Hr.



Tabel acuan merawat aki berdasarkan nilai HR. Tabel diatas bukanlah ukuran mutlak spesifikasi aki, hanya saja tabel rekomendasi supaya kita lebih bijak dalam memperlakukan aki pada kendaraan listrik.

DAFTAR MERK AKI DAN NILAI HR.

aki basah pada umumnya rate 20HR

aki UPS , atau SLA aki kering pada umumnya 10HR


aki UPS jenis VRLA memiliki nilai HR 5-10hr

AKi chilwee pada umumnya memiliki 5Hr

aki jenis EVF Chilwee memiliki rate 3Hr

Chilwee VRLA+ 12Ah / 2Hr

VRLA gel battery 20Ah / 2Hr




BATERAI LITHIUM APAKAH ADA KODE HR?

Pada baterai lithium bukan menggunakan kode HR , melainkan kode C. Yang memiliki arti sama yaitu rate capasity AMPER. Pada baterai li ion sering ditemui 1C, 2C, dan 5C.

Contoh misal baterai Li ion Panasonic 3,7V 2600Mah 1C =  itu mengatikan bahwa dalam 1 cell tersebut mampu mengalirkan tegangan 3,7V, dan dalam waktu 1 jam mampu mengalirkan arus sebesar 2600Mah.
panasonic cell

Contoh lain, samsung cell 2600FM 3,7V 2600Mah, 2C. Artinya adalah mampu mengalirkan tegangan 3,7V dan dalam waktu 0,5 jam mampu mengalirkan arus 5200Mah.
Samsung cell

Jadi artinya 1C itu adalah 1Hr, 2C adalah 0,5Hr dan 5C adalah 0,2Hr.


Contoh merk cell lithium dengan C rate capasity tertentu.

baterai li ion senter, power bank, laptop, pada umumnya 1C

samsung seri F, M , A adalah rate 2C


Samsung cell warna ungu jenis P, E, R adalah jenis hi drain dengan rate 5C
Samsung cell 25R jenis hi drain

Bonus tabel merk baterai cell lithium ion dengan pabrikan yang recemended



SEMOGA BERMANFAAT

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali bro, berarti semakin besar hr semakin bagus ya bro, di samping nilai ampere juga tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin KECIL semakin BAGUS.
      pilihkan hinali HR yang kecil

      Hapus