Minggu, 18 Juni 2017

MEMBUAT MOBIL LISTRIK. INGIN MEMBUAT MOBIL LISTRIK KECEPATAN TINGGI, AYO PERTIMBANGAKAN 8 ASPEK INI

MEMBUAT MOBIL LISTRIK.INGIN MEMBUAT MOBIL LISTRIK KECEPATAN TINGGI,AYO PERTIMBANGAKAN 8 ASPEK INI


                   Sebuah mobil listrik yang dimaksud dalam artikel ini adalah sebuah kendaraan yang memiliki 4 roda dan lebih terkesan ke arah bentuk mobil sungguhan.  Bukan mobil wahana / odong-odong, mobil gokart ala kompetisi KMLI atau KMHE ataupun mobil golf listrik, bukan ya. Tapi mobil listrik dalam ulasan artikel ini lebih ke arah mobil sport atau mobil city car conversi. Jika kita ingin membuatnya, merakitnya, apa yang harus kita pertimbangkan.




                   Memang ada yang berkeinginan untuk merakit?. Ya ada lah, jika tidak ada mana mungkin mobil listrik SELO tercipta, mana mungkin mobil listrik SKEV-1 terbentuk. Juga dari beberapa kampus dan SMK juga banyak yang telah memulai proyeknya seperti SMK N 1 Seyegan Yogyakarta dengan City car conversi listrik, SMK Doko Blitar dengan mobil sport costumnya, SMK Imogiri Yogyakarta dengan formula listrik sporty dan masih banyak lagi karya SMK dan kampus lainnya. Selain lembaga pendidikan ataupun instansi ternyata banyak sekali kalangan lain yang memiliki keinginan untuk membuat mobil listrik. Keinginan tidak boleh sekedar mimpi saja, namun perhatikanlah dan pertimbangkan aspek-aspek berikut:




1.    Aspek regulasi pemerintah

Regulasi kendaraan listrik memang belum diatur dalam Undang undang terbaru tentang lalu lintas angkutan barang, yaitu UU no 22 tahun 2009. 


Hanya saja yang paling mendekati adalah kendaraan yang bisa melaju diatas kecepatan 40km/jam pengemudi harus mengunakan SIM. Dalam kesempatan artikel ini kita tim kreatif artikel electricisart hanya lebih paham tentang teknis, jadi poin aspok nomor 1 ini hanya sebagai bonus pertimbangan saja. Seperti Plat nomor mobil listrik, STNK, BPKB dan pajak tahunan. Bidang pakar ahli regulasi pemerintahanlah yang lebih tau.
  


2.    Dinamo motor penggerak

Power motor dinamo yang mampu menggerakkan laju mobil listrik diatas 60km/jam minimal adalah 6000W motor. Selengkapnya untuk tips memilih dinamo ada disini: Memilihdinamo untuk roda 4, dan kisaran harganya.
Dalam 72V Motor BLDC car hub 8000W dapat melaju kecepatan 70km/jam, 16KW (dobel motor 8KW) bisa melaju 80-90 km/jam. Selanjutnya adalah model disk motor, 20KW-30KW dapat melaju 90-100km/jam.

Car hub motor

Kelas selanjutnya adalah 96V dengan motor semi PMAC ataupun singkronous BLDC, dalam 25KW dapat melaju 100-110km/jam, dobel engine 20KW dapat melaju 120-130 km/jam. Untuk lebih kencang lagi ?. kelas motor AC induksi dengan tegangan tinggi diatas 144V bisa lebih kencang. Atau dinamo kelas series wound dengan power amper yang sangat besar hingga 1000A.

PMAC disk motor.

WARP Series Wound motor

Aspek pertimbangan  paling utama untuk motor adalah harganya:
Kelas Car hub 3000W - 8000W motor kisar harga antara 6jt sampai 12jt an per motor. Kelas Disk motor 15KW - 30KW sekitar 12jt - 25jt an per dinamo. Untuk AC induksi dan Series wound motor kita masih belum memperkirakan harga nya, konon informasinya seken dinamo series wound mobil listrik buatan Amerika seharga 25jt motor saja. Bisa dipertimbangkan itu untuk speed yang diharapkan tentu membutuhkan biaya yang diharapkan pula.

3.    Kontroller

Kontroller adalah pendukung supaya dinamo dapat berputar optimal. Dalam kelas BLDC controller, 3000-8000W kontroller idealnya adalah 110-280A , kisaran harga adalah 3 - 6 jt an. Jika dalam kelas PMAC maka kontroller 700A seharga 9 - 12 jt an dengan kemampuan men drive hingga 20KW powwer motor. Kontroller AC induction motor adalah kontroller yang paling mahal dalam semua kelas. Sedangkan kontroller motor series wound adalah kontroller yang paling hemat, dalam 700A hanya seharga 7.5jt saja.


Merk terkenal yang bagus dalam kontroller adalah: sabvoton, sevcon, kellycontroller, HPM goldenmotor, altract, curtis dan infeneon. Harga asli kontroller tersebut dapat diakses di website resmi pabrik tersebut. Misal www.kellycontroller.com

4.    Bengkel perakit Casis dan body kendaraan listrik

Ini adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Banyak sekali pemula rakit penuh keinginan tapi tidak memiliki informasi link tempat bengkel perakitan dimana. Ini sangat penting, memiki impian membuat mobil sport listrik tapi tidak ada dukungan dari bengkel perakit yang mumpuni adalah sama saja wacana belaka. Jika perakit adalah instansi kampus ataupun SMK tidak masalah karena mereka memiliki bengkel sendiri, memiliki modal dan dana subsidi untuk pengembangan penelitian. Namun jika perakit adalah praktisi lapangan bagaimana, inilah pentingnya tentang dimana bengkel perakit casis dan body kendaraan mobil listrik. Salah satu bengkel modifikasi mobil paling terkenal adalah kupu-kupu malam di Yogyakarta. Mobil Listrik SELO juga dibuat  oleh racikan kreativitas bengkel modifikasi kupu-kupu malam yogyakarta. Di kota lain tentu memiliki bengkel-bengkel spesialis variasi mobil.
 
 
 
 
Proses Pembuatan Mobil Listrik SELO

Body nya bagaimana?, caster camber bagaimana, fitur kemudi bagaimana, kekuatan casis bagaimana?. Jika kita memiliki rekan bengkel spesialis modifikasi tentu ini bukanlah hal yang sulit.

5.    Baterai

Baterai adalah aspek yang pelu dipertimbangkan khususnya bagian harga/ boayanya. Baterai ibarat tangki bensin pada kendaraan listrik, semakin besar baterai maka jarak tempuh bisa semakin jauh, semakin kecil tangki jarak tempuh semakin pendek. Ideal minimal untuk kendaraan yang bisa melaju diatas jarak 60km kapasitas minimal baterai adalah 72V-96V 100Ah.Ini dengan asumsi adalah medan jalanan datar dan kecepatan laju adalah sewajarnya jalan raya biasa (bukan tanjakan atau jalan tol yang selalu full speed). Untuk jarak yang lebih jauh lagi, dapat dinaikkan saja kapasitasnya.



Lalu untuk aspek harga bagaimana pertimbangannya ?, Rumus perhitungannya baterai golongan lithium kita buat mudah seperti ini. Rp. 50.000 per 3.7V 2Ah (asumsi refernsi harga samsung cell).
Maka Dalam 1juta Rupiah adalah 72V 2Ah   
Jika baterai kita adalah 72V 60Ah, maka tinggal dikalkulasi.
(72V 2Ah) X 30 = 72V 60AH.
RP. 1.000.000 X 30 = Rp. 30.000.000
Untuk nilai AH yang lain bagaimana?, tinggal dihitung dengan rumus tersebut.
Rumus estimasi diatas hanyalah masih perkiraan saja, karena masih belum melibatkan BMS, Charger, dan pack case battery.

  

6.    Charger

Charger kenapa dipertimbangkan?. Karena dalam kapasitas yang besar tentu kita tidak bisa menggunakan charger 2A seperti bawaan merk Dealer sepeda listrik pada umumnya di lapangan yang 2-4 Amper saja. Misal baterai dalam kapasitas 72V 100Ah, jika di charger dengan charger yang Cuma seharga 250rb denga power 2A, maka butuh waktu (100Ah / 2A = 50 jam) atau lebih dari 2 hari baru penuh, Ini tidak cocok. Charger harus mengikuti lebih besar yaitu minimal 10 Amper untuk penuh dalam waktu 10 jam. Ideal 20 Amper. Baru itu bisa digunakan 3 jam sampai 5 jam bisa penuh dalam 100Ah.



Harga charger lithium ion atau Lifepo4 yang profesional untuk 10 Amper sekitar 1.5jt sampai 2jt an tergantung kualitas. Untuk charger lithium ion atau lifepo4 yang lebih besar kapasitasnya tentu lebih tinggi lagi.

7.    Listrik PLN untuk charger yang mumpuni

Apabila kita menggunakan charger 72V 10A, maka jika dalam kalkulasi daya adalah 720 Watt, jika terpotong efisiensi swiching charger jadi kisaran 800 Watt daya listrik PLN yang tersedot untuk charger. Hal ini tentu listrik rumah tangga yang 900W sangat minim space, riskan jeglek jika turut menghidupkan perabot rumah tangga yang lain. Minimal adalah 1200W itupun sudah terpakai 800W untuk charger.

Charging station di Berlin Jerman, 
pemerintah menyediakan power listrik yang kuat untuk fast charger amper besar.


Kalau secara efisiensi pembayaran tagihan listrik nya bagaimana?, jawabannya adalah sama dengan tarif KWH pada listrik. Karena satuan kapasitas baterai juga dapat dikonversi dalam KWH. Meski seharusnya terpotong faktor efisiensi.


8.    Ilmu wawasan yang mumpuni tentang kendaraan listrik.

Ini adalah aspek yang paling murah sekali. Ilmu wawasan tentang kendaraan listrik bisa kita dapat dari beberapa sumber media buku, artikel-artikel di website, konsultasi dengan komunitas pecinta kendaraan listrik hingga observiasi langsung ke instansi atau lembaga yang sukses pernah membuat mobil listrik. Proses belajar adalah murah namun ilmu yang didapat adalah mahal harganya. Jangan sampai kita memiliki impian ingin memiliki mobil listrik tapi kita melupakan arti penting ilmu dasar kendaraan listrik. Karena memiliki kendaraan listrik tanpa ilmu dasar, hanya akan berujung kecewa dalam berkendaraan listrik.   Apapun bentuk kendaraan listriknya, ilmu dasar berkendaraan listrik sangatlah penting


Observasi melihat langsung mobil listrik yang sudah jadi terakit.
adalah salah satu jalan memperluas wawasan.


Nah itu dia 8 alasan pertimbangan jika kita ingin membuat kendaraan listrik roda 4 berkecepatan tinggi. Disini kita tidak membuat pesimis atau mematahkan semangat, tapi justru disini kita memberikan gambaran wawasan supaya menjadi persiapan yang lebih baik dan bermanfaat.


SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Posting Komentar