Sabtu, 12 Agustus 2017

10 TIPS UNTUK RENTALAN KENDARAAN LISTRIK TRAIL , SCOOPY, OTOPAD, DAN KENDARAAN WAHANA LAINNYA.

10 TIPS UNTUK RENTALAN KENDARAAN LISTRIK

TRAIL , SCOOPY, OTOPAD, DAN KENDARAAN WAHANA LAINNYA.


       Rentalan kendaraan listrik untuk wahana wisata, adalah sebuah ladang wirausaha yang sering dijumpai di beberapa alun-alun, tempat wisata , taman-taman dan spot-spot menarik lainnya.banyak temen-teman kendaraan listrik rentalan yang semula hanya memiliki beberapa kendaraan, lalu kini telah sukses dan memiliki belasan bahkan puluhan kendaraan. Namun juga banyak pula yang tidak berkembang dan berujung kecewa. Lalu apa saja sih tips tips nya supaya ketika kita memiliki rentalan bisa terus berkembang. Artikel berikut mudah-mudahan bermanfaat bagi seluruh pemilik rentalan di Indonesia dan untuk temen-temen yang akan membuat rentalan baru.



1.    LOKASI YANG STRATEGIS

Ini adalah dasar yang paling utama. Lokasi adalah awal dari rentalan kendaraan listrik. Beberapa aspek perimbangan lokasi antara lain:
Pastikan lokasi tersebut memang diijinkan untuk wahana rentalan, dan sudah mendapatkan ijin dari pemerintah kota/ daerah setempat.
Medan track terbagus adalah aspal, lalu ke 2 adalah jalan semen atau paving. Sebisa mungkin hindari medan jalan tanah atau rumput. Karena ketika musim hujan tentu akan repot sekali.
Untuk rentalan kendaraan sewa untuk aktivitas keliling kota seperti sewa sepeda motor listrik, sewa sepeda kayuh listrik, pastikan medan jalanan kota jangan terlalu banyak tanjakan dan jalan kasar. Lalu untuk jarak tempuh juga perlu diperhatikan.



jangan sampai salah tempat dan kena garuk satpol PP



2.    TARIF BIAYA RENTAL YANG EKONOMIS

Setiap daerah memiliki daya ekonomi masing-masing. Misal di wahana alun-alun tiap kota, Ada yang 5000 per putaran dirasa mahal namun adapulah yang 20.000 dirasa murah. Ada kota yang tidak mempermasalahkan perubahan tarif, misal weekend naik dari hari biasa normal. Namun ada juga yang naik hanya 500 rupiah saja sudah mempermasalahkan. Penentuan tarif biaya ini adalah hal penting dalam kelangsungan usaha rentalan.

menentapkan harga yang ekonomis adalah hal yang utama


3.    MEMILIKI TUKANG AHLI SERVIS PRIBADI

Masih banyak temen-temen rentalan diberbagai kota yang melaiakan aspek ini. Tidak memiliki mekanik servis pribadi atau minimal tukang servis langganan. Tenaga ahli di bidang mekanikal dan kelistrikan sangatlah penting untuk sebuah rentalan kendaraan listrik. Berawal dari kerusakan kecil, jika tidak segera diperbaiki akan mulai berubah menjadi masalah lain yang lebih besar. Disinilah arti pentingnnya mekanik untuk menservis ketika masalah kecil muncul. Jika masalah kecil segera diservis maka masalah besar bisa dicegah.

memiliki mekanik ahli servis sangat membantu

   

4.    PERAWATAN / MAINTENANCE SERVIS SECARA BERKALA

Ibarat sebuah kendaraan umum yang digunakan untuk angkutan penumpang atau angkutan barang, yang harus ada UJI KIR setiap 6 bulan sekali. Kendaraan rentalan pun harusnya juga sama. Karena menyangkut keselamatan penumpang /  penyewa. Nah disini lah arti penting servis berkala / maintenance. Banyak para pemilik rentalan pasif akan hal ini. Kelalaian - kelaian kecil masih saja ada yang dibirkan seperti: Rantai kotor dibiarkan ,  rem macet / gepok diabaikan, dinamo seret / macet tetep dipaksa pakai, dan lain.

perawatan motor, rantai dan gir harus rutin. 

Berikut adalah aspek penting yang dilakukan ketika servis berkala:

ü  Pengecekan tingkan kekencangan rantai
ü  Pengecekan persisi sistem rem, pastikan tidak macet / gepok.
ü  Pembersihan rantai, gir dari debu. Dan pengecekan kelayakan gir.
ü  Tune up dinamo *khusus untuk brushed DC
ü  Pengecekan socketing, apakah ada yang kendor ataupun meleleh, terbakar.
ü  Pemeriksaan kom steer bearing
ü  Cek kelistrikan general aksesoris, lampu, klakson dan panel.
ü  Jika perlu melakukan uji efisiensi energy dengan alat Joule meter secara berkala untuk tune up supaya aki bisa lebih awet.



5.    MEMILIKI SUKU CADANGAN SPAREPART UNTUK BACKUP

Ketika memiliki 10 kendaraan untuk direntalkan, maka sparepart ya jangan di pas untuk 10 saja, harus ada backup. Arti penting komponen cadangan adalah ketika ada 1 unit kendaraan troble maka kita akan kelamaan menservis sparepart yang rusak ataupun kelamaan order komponen dahulu. Tapi cukup replace sparepart yang rusak dengan cadangan penggantinya.



Banyak temen-temen rentalan di berbagai kota ketika menjelang lebaran atau libur panjang selalu terburu-buru membutuhkan komponen secara dadakan hanya karena sparepart sedang rusak dan tidak memiliki cadangan stock komponen. Dan komponen yang terpasang sedang rusak kendaraan jadi off, sangat disayangkan.

memiliki cadangan backup akan lebih aman ketika liburan dan ramai pelanggan


6.    MENGETAHUI KAPASITAS DAN KUALITAS KENDARAAN LISTRIK YANG DIGUNAKAN

Kendaraan listrik dengan kualitas bagus maka gunakanlah dengan bagus pula. Kendaraan listrik kelas low kualitas ya gunakanlah secara low kualitas. Artinya apa, jangan memaksakan diluar batas kemampuannya. Sebagai contoh misal skuter otopad mr jacki atau fantacy mini: kendaraan itu cocoknya adalah untuk beban anak-anak saja, masa pakai per hari ideal 3-4 jam lah. Jangan terus digeber sampai aki habis di 5 jam lebih, tidak kuat dinamo brushed DC dan kontrollernya.
 Jika ingin lebih dari 5 jam dipakai dalam 1 hari, maka gunakanlah teknologi kendaraan listrik yang sudah BLDC.




7.     MEMBERIKAN INOVASI MODIF SECARA KHUSUS SESUAI KONDISI LAPANGAN.

Ini adalah kreativitas untuk memberikan efek manfaat lebih khususnya bagian keawetan. Beberapa kreativitas yang sudah sering digunakan oleh temen-temen rentalan antara lain.
ü  handle gas di limit / amper dilimit supaya aki awet.
ü  dikasih MCB supaya kalau main gas terlalu besar jadi jeglek mati.
ü  dikasih timer untuk durasi mainnya.
ü  Amper dibatasi melalu sensing current pada kontroller
ü  Upgrade kontroller dengan ketahanan lebih kuat, atau memperbanyak jumlah mosfet.
ü  Dipasang sound engine, untuk menambah daya tarik konsumen.

modifikasi 5 deret mosfet & MBR

socket pada dinamo sering meleleh,
 modifikasi dengan XT60 socket adalah hal yang tepat.


8.    MEMILIKI PERSEDIAAN BANYAK UNTUK BAHAN-BAHAN YANG SERING DIGANTI.

Semua komponen pada kendaraan listrik itu tidak abadi. Pasti ada masa pakainya. Poin No 8 ini lebih membedakan dengan poin No 5 adalah kearah suku cadang bahan. Seperti hal nya mosfet, mosfet di kendaraan listrik brushed DC itu ibarat sebuah busi nya, jadi memang secara berkala wajar untuk diganti. Selain itu perlu kita persepsikan bahwa aki baterai juga tergolong bahan. Masa pakai aki yang bagus dalam perawatan adalah 3 tahun, jadi ketika aki sudah menjelang akan habis masa pakainya kita harus sudah siap aki penggantinya. Bahan lain ada seperti sensor handle gas, sendor dinamo, gir, rantai dsb.

mosfet ibarat busi bagi kontroler brushed DC, jadi secara berkala memang sering ganti.
ciri ciri mosfet rusak adalah = kendaraan akan jalan sendiri begitu konek baterai


9.    SISIHKAN PENDAPATAN UNTUK TABUNGAN BATERAI

Baterai aki adalah bahan bakar utama ibarat bensin pada kendaraan BBM. Jadi artinya membeli aki itu setara membeli bensin dalam 3 tahun dijadikan 1 waktu. Kadang masih banyak yang merasa kaget ketika mengetahui harga aki per biji yang 450rb an, dalam 2 biji atau 24V sudah 900rb. Tapi angka 900rb itu jauh lebih murah daripada beli bensin selama 3 tahun. Maka sisihkan lah per hari 1000 rupiah atau per minggu 5.000 rupiah untuk dana investasi aki.





10. SALING SHARE BERSAMA TEMAN SESAMA KOMUNITAS

Saling berbagi tips dan trik, saling berbagi pengalaman, saling bercerita tentang kendaraan listrik adalah sarana edukasi yang bagus dalam peran berkembangnnya kendaraan listrik di Indonesia. Disini kita berjuang melangkah go green gerakan kendaraan listrik Indonesia. Jangan hanya karena semata mata bisnis sentris saja. Edukasi dan wawasan tentang dunia kendaraan listrik harus selalu kita kembangkan.





SEMOGA BERMANFAAT






0 comments:

Posting Komentar