Selasa, 03 Oktober 2017

TIPS, MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG SEPEDA MOTOR LISTRIK

TIPS, MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG SEPEDA  MOTOR LISTRIK

TAUKAH KITA, BANYAK HAL UNIK DI KENDARAAN LISTRIK


                      Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana tips tips dalam memiliki kendaraan listrik supaya lebih bermanfaat. Disini kita akan lebih merangkum tentang pengenalan lebih dalam tentang kendaraan listrik, khususnya bagian topik topik yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat awam. Padahal hal tersebut sangat dasar dan sering dijumpai di sekitar kita. Poin-poin berikut diangkat dari sebuah survey di grub KOSMIK INDONESIA pada bulan September 2017.



    1.    Tips membeli sepeda motor listrik

Dalam membeli sepeda motor listrik , ataupun sepeda listrik tentu memiliki sebuah tips khusus yang membedakan dengan motor bensin. Tips paling utama dalam membeli baru adalah: pastikan dealer tersebut memberikan layanan garansi yang jelas, memberikan layanan aftersales yang bagus, dan khususnya jangan sampai terjerumus ke dalam penipuan penjualan Online. Melihat langsung, mencoba langsung adalah langkah yang bijak. Selengkapnya tips membeli motor listrik diulas detail di artikel berikut:



Apabila kita membeli motor listrik seken, apa saja pengecekan yang harus kita lakukan?
Yang pertama adalah kita harus mengetahui apa tujuan kita membeli seken. Apakah untuk dijual lagi, untuk dipretelin bongkar diambil komponen dalamnya, atau untuk digunakan aktivitas sehari hari?. Karena beda tujuan awal tentu akan beda langkah pengecekan. Berikut adalah langkah umum pengecekan membeli sepeda listrik seken yang keperluan untuk aktivitas seharian.

     ü  Kenali merk sepeda listrik tersebut, pastikan tidak dari merk yang dealer nya sudah tutup. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah sparepart suku cadang sepeda listrik tersebut masih mudah didapat atau sulit. Tips pada langkah ini adalah bisa konsultasi menanyakan kepada rekan yang lebih paham, atau saling berbagi dengan komunitas atau grub kendaraan listrik



     ü  Melakukan general cek kelistrikan motor utama. Mengapa ini perlu dilakukan, karena ini adalah bagian utama terpenting pada kendaraan listrik, jika sampaik motor atau kontroller tidak dalam kondisi normal, maka sebuah sepeda motor listrik bekas adalah setara rongsok tanpa harga. Karena biaya perbaikannya akan setara membeli baru sebuah sepeda motor listrik.

     ü  Melakukan pengecekan aki, aki adalah ibarat bahan bakar/energy utama pada kendaraan listrik, seumpama bensin pada kendaraan mesin BBM. Jika aki drop bagaimana?, soak bagaimana?. Sebagai informasi bahwa aki itu memiliki masa pakai. Jika aki sudah lewat masa pakai maka aki sudah tidak bisa layak pakai kembali. Masa pakai aki ideal yang bagus bisa mencapai 3 tahun lebih. Harga aki per biji adalah 450rb an dalam 12Ah 12V atau jika 3 unit sekitar 1.35jt an, atau jika 4 unit sekitar 1.7jt an. Maka dari itu jika membeli molis seken jangan mau membeli aki nya jika aki drop tidak sehat. Mintalah dipotong harga aki baru. Aki bisa membeli baru sendiri di toko aki dan lebih terjamin kualitasnya. Itu merupakan jalan tengah yang bijak.



     ü  Menyesuaikan harga dengan kondisi umum kendaraan. Ini adalah hal sederhana umum tentu. Jika lampu-lampu aksesoris bagus, motor penggerak bagus, bodi bagus maka harga harga tinggi wajar. Tapi jika kelengkapan ada yang minus , maka harus dikalkukasi kembali. Berikut adalah contoh-contoh kisaran harga sepeda listrik seken.
model city bike pada umumnya harga 4 juta an baru.
untuk sekennya 800rb -1.2jt an jika normal semua dan tanpa aki

model ini pada umumnya harga 5,5jt an baru
harga seken jika tanpa aki kisaran 1.2-1.8jt an idealnya


model seperti ini harga pada umumnya 6 juta an baru
untuk sekennya jika tanpa aki sekitar  1.8jt an jika normal semua dan tanpa aki

model seperti ini biasanya diatas 9 juta an baru
untuk sekennya masih jarang dijumpai


     2.    Melakukan modifikasi pada Selis (sepeda listrik) atau Molis (motor listrik) supaya lebih kencang laju, langkah apa saja yang SALAH dan TIDAK TEPAT?


Sebuah kendaraan listrik sudah dirancang tepat dan dihitung matang oleh pabrik yang membuat. Sepeda citibyke listrik memiliki kecepatan ideal 30-35 km/jam, sepeda motor listrik bentuk matic memiliki kecepatan ideal 40-45 km/jam, otopad mainan listrik, trail mini listrik ideal maks 10-15 km/jam, setiap kendaraan memiliki kecepatan ideal masing masing sesuai desain dari pabrik.
Berikut adalah langkah modifikasi yang TIDAK TEPAT SASARAN.

model citybike listrik, cocok idealnya maks 35km/jam.
jika dipaksakan hingga diatas 40km/jam, akan berisiko pada keamanan casisnya

sepeda motor listrik bentuk matic, lebih kokoh mampu di kecepatan 60km/jam



     Ø  Melakukan onvervoltage. / menambah voltase baterai

Cara ini tidak tepat sasaran karena akan membuat banyak komponen yang diganti, aki baterai tambah, dudukan baterai tentu minta modif/ganti, charger harus ganti, kontroller harus ganti atau modif, panel indicator baterai ganti / modif, belum lagi motor akan lebih panas karena faktor internal head overvoltage. Melihat dari jumlah komponen yang wajib ganti atau modif diatas tentu itu adalah langkah yang tidak hemat.

menambah aki pada motor listrik


     Ø  Mengganti motor dengan watt besar

Cara ini cocok sesuai untuk yang sudah berpengalaman di kendaraan listrik, namun untuk masyarakat awam cara ini tidak cocok. Mengganti motor dinamo dengan watt besar secara wajib hanya mengganti kontroller dan motor saja di awal. Meski ke belakangannya aki juga minta upgrade. Namun yang akan menjadi titik poin utama ketidak cocokan adalah, ketahanan body casis sepeda itu sendiri. Jika dari awal pabrik sudah merancang kecepatan ideal 35km/jam apabila dipaksa sering melaju 50km/jam pasti casis body akan mulai mengalami cepat rusak.



     Ø  Mengganti ukuran roda ke lebih besar

Hal ini tentu akan membuat dimensi kendaraan menjadi lucu dan berubah. Namun masih banyak rekan-rekan user yang melakukan cara ini. Secara realita menaikkan diameter roda tidak terlalu significan dalam menaikkan kecepatan, sedangkan untuk efisiensi malah justru lebih boros apabila melalui medan jalan yang sedikit menanjak. Karena faktor ratio putar roda berbading power dinamo.

trekko flash , roda belakang diganti 14 inchi.


     Ø  Mengganti kumparan dinamo

Jika kita memahami konsep dasar dinamo DC, selengkapnya dapat diulas di artikel ini: mengenal motor BLDC kendaraan listrik.
Karakter kumparan sebuah motor DC adalah:
Jika kumparan ditambah, maka voltage ideal akan naik.
Jika kumparan kawat dipertebal, maka Amperage ideal akan naik.
Untuk meningkatkan watt motor yang meningkat, maka harus menambah jumlah lilitan dan memperbesar / tebal kawat lilitan. Hal ini tentu akan terkendala oleh lebar magnet dan dimensi ruang dinamo. Modifikator sering salah arti di bagian mempertebal diameter lilitan, dan mempersedikit jumlah lilitan, jadinya amper naik, dan voltage ideal turun. Namun voltage tetap diberikan voltase yang sama sehinga menjadikan situasi ini adalah overvoltage dinamo. Yang efeknya memang motor akan berputar lebih kencang, tapi motor akan internal head lebih panas.






      3.    Apa itu watt ada kendaraan listrik?

Secara teoritis watt adalah Volt X Amper atau konversi dari satuan HP tenaga kuda. Secara realita watt hanyalah sebuah nametag tulisan yang diprint untuk declarasi sebuah ukuran pabrik pada dinamo. Tiap pabrikan memiliki stadarisasi watt sendiri sendiri. Jika di pabrik A motor 1000W harga murah speed pelan, bisa jadi di pabrik B 1000W harga tinggi speed bisa kencang. Kembali ke kualitas masing masing, ada harga ada kualitias.


watt adalah tulisan nametag, setiap pabrik memiliki standarisasi sendiri-sendiri


      4.    Motor listrik yang watt besar apakah lebih boros?

Boros ataupun irit itu adalah efisiensi. Efisiensi yang mendekati 100% itu artinya irit atau hemat. Efisiensi yang jauh dibawah 100% maka itu artinya boros. Pada penelitian yang dilakukan pada 2 buah sepeda motor 3000W 48V dan 500W 48V, ketika sama sama melaju pada kecepatan 20km/jam, amper yang terbaca pada alat ukur tercatat hampir sama yaitu kisaran 9-15Amper, yang artinya enegy watthour yang dikeluarkan pun hampir sama.
Efisiensi yang sesungguhnya terjadi adalah di bobot, geometri, dan gaya gesek kinetis casis serta roda kendarann listrik itu  sendiri. Sederhananya:  Semakin ringan maka semakin irit, semakin berat semakin boros.




      5.    Apa perbedaan Amper dan Amperhour?, apakah sama saja?.

Amper adalah satuan elektron yang mengalir dalam sesaat waktu, sedangkan amperhour adalah satuan kapasitas baterai. (meskipun dalam arti secara teori amperhour adalah satuan amper dalam satuan jam). Selengkapnya tentang apa difinisi ini dan contoh di dunia kendaraan listrik, lengkap diulas disini: Mengenal Volt,Amper, dan Amperhour.

digital ampermeter

Ampermeter menunjukkan angka amper pada saat listrik mengalir ke beban.


Alat untuk mengukur amper adalah ampermeter, sedangkan alat untuk mengukur amperhour adalah amperhour meter. Cara pembacaannya pun berbeda. Ampermeter bisa dibaca ketika display menampilkan angka. Sendangkan amperhour meter cara pembacaan adalah counter / kalkulasi dari awal pemakaian beban hingga berakhirnya dipakai. Angka yang terbaca menunjukkan "konsumsi amperhour". Hal ini dapat dilakukan ketika charging baterai maupun ketika menguji kapasitas baterai.
AMperhour meter sistem kerjanya adalah record dan counter amper / menjumlah.




      6.    Aki bagus, charger bagus, tapi mengapa aki tetap saja rusak?

Ini memang bisa terjadi, aki bagus, charger bagus, tapi mengapa aki masih saja bisa melembung?. Titik kesalahan adalah pada perlakuannya. Hal yang menyebabkan aki melembung adalah durasi charging yang lama. Kenapa lama?, karena aki dihabiskan sampai kosong total. Dengan kebiasaan ini yang diulang ulang maka aki lebih sering mengalami hot charging, alias panas saat di charging. Efeknya adalah cairan elektrolit aki menguap dan mendorong dinding baterai. Aki menjadi melembung. Penyebab  yang ke 2 adalah aki pernah terjatuh. Aki yang pernah terjatuh akan membuat konstruksi internal yang berubah, hal ini tentu akan membuat cairan elektronik dan struktur aki terganggu.
lalu perlakuan apa yang terbaik dalam merawat aki?, selengkapnya diulas di artikel ini" Jurus Ampuh merawat aki kendaraan listrik



      7.    Apa yang dimaksud inchi pada satuan roda motor listrik?

Dalam dunia otomotif ada 3 versi dalam pembacaan inchi roda.
    ü  Jika standarisasi sepeda motor bensin pada umumnya angka inchi diukur dari sisi tepi velg. Hasil pengukuran dengan angka declare hasilnya adalah presisis sama persis.
roda motor matic, 14 inchi, diukur real hasilnya sama , velg 14 icnhi

    ü  Jika standarisasi sepeda listrik maka angka inchi adalah diukur dari sisi tengah ban luar roda. Hasil pengukuran dan angka declare berbeda tipis , selisih lebih 1 inchi
velg sepeda motor listrik 16 inchi,
diukur 16 inchi adalah dari ujung ban luar

    ü  Jika standarisai sepeda kayuh maka angka inchi adalah diukur dari sisi paling terluar luar ban dengan toleransi +1 inchi, atau asumsi ban paling tebal. Hasil pengukuran dengan angka declare memiliki beda selisih hingga 1 inchi.

roda sepeda kayuh, 26 inchi.
secara realita diukur hanya di angka 25 inchi


Jadi kesimpulannya satuan inchi pada sepeda motor listrik tidak bisa disamakan secara angka dengan sepeda motor bensin. Meski angka sama tapi fakta hasil pengurkuran akan berbeda. Contoh trekko nexus secara declare adalah 18 inchi, tapi ketika dipasangkan ban luar motor matic 14 inchi justru masuk pas. Ini karena 14 inchi diukur secara standarisasi motor bensin, sedangkan 18 inchi diukur secara standarisasi motor listrik.

motor listrik Nexus, secara default adalah 18 inchi.
tapi dipasangkan ban motor matic 14 inchi bisa pas masuk.


     8.    Merakit aki bekas atau baterai laptop untuk kendaraan listrik, apakah bermanfaat?

Bermanfaat untuk yang sudah berpengalaman, dan tidak bermanfaat jika belum memiliki pengalaman/ awam. Banyak sekali tutorial di youtube dan website tentang merakit baterai kendaraan listrik dengan baterai laptop. Atau tutorial menservis aki yang drop.



Berikut adalah hal yang harus dihindari dalam memanfaatkan baterai / aki bekas.

   ü  Pada baterai lithium disusun seri. Dalam susunan seri misal 13 seri, jika terdapat 1 seri baterai kondisi bagus lalu 12 sisanya adalah baterai bekas, maka 1 baterai tersebut akan berisiko rusak.
   ü  Pada susunan pararel jika baterai bagus digabungkan dengan baetrai bekas, maka baterai yang bagus akan terkontaminasi turut membalance berbagi dengan baterai bekas, jadinya baterai yang bagus akan turun kualitasnya
   ü  Melakukan sevis aki hanya cocok jika aki masih berusia kurang dari 1 tahun atau aki yang cacat dari pabrik. Untuk aki yang memang sudah habis masa pakainya perlakuan apapun tidak bisa membuat aki menjadi kondisi fresh 100% layak pakai kembali  untuk kendaraan listrik.
   ü  Aki yang sudah drop di kendaraan listrik, masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lampu LED, emergency atau keperluan lain. Tapi jika aki bekasan lampu led, emergency , UPS , tentu aki bekas tersebut tidak kuat untuk  kendaraan listrik.
   ü  Baterai lithium cell bekasan dari kendaraan listrik masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti senter, power bank, baterai laptop, mainan, dll. Tapi baterai bekasan laptop , power bank, dsb, tentu akan tidak kuat jika untuk kendaraan listrik.
   ü  Salah satu artikelnya adalah bagaimana supaya bisa bermanfaat baterai dapat diulas di artikel berikut = mebuat baterai cadangan kendaraan listrik dengan celllithium.



          SEMOGA BERMANFAAT.

0 comments:

Posting Komentar