Senin, 19 Maret 2018

CARA MEMBUAT BECAK MENJADI LISTRIK, BECAK LISTRIK DAN GEROBAK LISTRIK.

CARA MEMBUAT BECAK MENJADI LISTRIK,

BECAK LISTRIK DAN GEROBAK LISTRIK.


          Tahun 2018 mulain nge-tren tentang becak listrik. Apakah karena gagasan pemkot DKI Jakarta, ataukah karena tahun politik sudah sebentar lagi tiba?.  Jauh sebelum itu inovator-inovator kreatif dan hoby kendaraan listrik sudah berhasil membuat becak listrik. Ataupun membuat becak biasa lalu dikonversi menjadi listrik. Tidak hanya itu gerobak angkirngan dan gerobak kopi pun juga sudah disempurnakan menjadi penggerak listrik. Gerobak listrik yang difungsikan untuk media berjualan keliling memang sangat strategis sekali diterapkan di kota-kota yang sering banyak event. Tidak perlu bayar kontrak tempat, pindah-pindah lokasi pun ringan dan mudah.


Pak Mentri ESDM mencoba becak listrik


Nah saatnya masuk ke bagian teknis elektronik motor penggerak, Sesuai dengan bidang artikel electric art bogipower tentang kendaraan listrik. Apa saja sih yang dibutuhkan dalam merakit atau mengkonversi becak menjadi listrik?. Lalu kisaran biayannya sekitar berapa ya?. Mari kita simak poin demi poinnya berikut:


1.    MOTOR PENGGERAK harus sudah BLDC.

Motor dinamo penggerak listrik adalah komponen utama sebagai alat bantu penggerak becak supaya pengemudi becak terbantu lebih ringan. Rekomendasi ideal motor penggerak adalah dinamo motor listrik jenis BLDC hub motor. Hub motor adalah dinamo yang langsung menjadi satu dengan hub tromol di tengah roda. Untuk power watt bisa memilih 350W , jangan memilih 1000W atau lebih karena becak adalah kendaraan yang tidak dirangcang untuk kecepatan tinggi. Kecepatan ideal becak adalah 20-30 km/jam, diatas 35km/jam itu sudah menyalahi kodrat becak, sangat berbahaya seperti bentor.

motor BLDC hub tromol roda.


Keunggulan motor hub adalah, ketika mesin listrik off mati, kaki supir becak masih dapat gowes kayuh becak tanpa ada efek membebani. Berbeda dengan motor listrik model poros yang dipasangkan mid drive di kayuhan kaki, ketika mesin listrik off, kayuhkan becak tanpa one way cluth pasti akan sangat berat sekali becak dikayuh, karena efek dinamo mid drive yang membebani.

motor hub yang telah dipasang ke Ruji.



Untuk motor hub sendiri dalam 350W ada 2 jenis yaitu 350W biasa dan 350W hi torsi/ hi power. Pada keperluan becak listrik hendaklah memilih yang 350W hi torsi/hi power. Karena motor 350W yang biasa adalah motor yang dirancang pabrik adalah untuk aplikasi sepeda kayuh MTB listrik, bobot ideal 20-30kg tanpa penumpang. Tentu akan tidak kuat jika diterapkan ke becak yang bobotnya diatas 50kg. Sedangkan motor 350W hi torsi adalah motor yang dirancang untuk bentuk sepeda motor, bobot ideal 90-150kg tanpa penumpang, ranah beban ini tentu cukup ideal dengan becak ataupun gerobak. Motor 350W jenis hi power ini kisaran harganya sekitar 1.8jt an.
tukang ruji sedang merakit dinamo ke velg yang lebih kokoh.


2.    KONTROLLER

Kontroller adalah alat untuk memutarkan dinamo. Tanpa kontroller sebuah dinamo BLDC tidak dapat berputar. Kontroller wajib sesuai dengan jenis motor yang digunakan. Untuk motor 350W secara ideal kontroller minimal adalah 350W juga, namun apabila menggunakan kontroller 500W akan lebih bagus dan powerfull. Di jaman sekarang kontroller sudah canggih dan sudah ada yang full fitur. Salah satu fitur yang bermanfaat untuk becak adalah reverse function, dimana becak dalam berjalan maju dan mundur. Ini tentu sangat membantu sekali ketika parkir becak ataupun gerobak. Kisaran harga kontroller adalah 400rb an untuk 350W dan harga 600rb -700rb an untuk 500W yang kelas bagus dan full fitur.

kontroller motor listrik BLDC


3.    HANDLE GAS

Handle gas adalah komponen yang berfungsi mengatur putaran motor, letak handle gas berada di stang kemudi dan cara operasioanlnya sama persis seperti pada motor bensin pada umumnya. Secara ideal hampir semua variasi handle gas tidak terlalu banyak. Hanya handle gas standar polos, handle gas ada fitur tombol saklar bebas dan handle gas yang ada fitur led meter untuk memantau kapasitas baterai.

handle gas

handle gas yang dilengkapi led indicator baterai



Selain handle gas metode mengontrol kecepatan dinamo ada technologi kreatif lagi, yaitu pedal assist sendor atau PAS. Pedal assist ini adalah alat yang dipasangkan di kayuhan kaki. Alat ini akan menerima data sensor dari kayuhan kaki, apabila kayuhan kaki kencang maka motor akan berputar secara otomatis sesuai putaran kayuhan kaki sopir becak.
pedal assist sensor




4.    BATERAI / AKI

Baterai atau aki adalah sumber bahan bakar utama pada kendaraan listrik. Maka tak heran jika aki harganya paling mahal. Namun jangan terburu buru menyimpulkan kalau listrik itu boros?. Masa pakai aki adalah 3-5 tahun, nah harga aki tentu akan lebih murah daripada akumulasi beli bensin selama 3 tahun. Pilihan aki ideal untuk becak listrik ada 2 macam, yaitu menggunakan 48V 12AH atau menggunakan 48V 20Ah. Untuk kisaran harga 48V 12Ah sekitar 1.8jt an dan untuk 20Ah sekitar 2.7jt an.


baterai aki SLA khusus kendaraan listrik

technologi BG baterai, technologi baterai dengan 6 tahun masa pakai

contoh aki yang sudah terpasang di becak listrik



5.    KELENGKAPAN AKSESORIS

Kelistrikan disini lebih ke arah lampu-lampu kelengkapan kendaraan. Sebagai sarana berkendara yang baik dan benar becak hendaklah memiliki kelengkapan seperti : lampu rem, lampu tanda belok, klakson, dan lampu utama depan. Kelengkapan aksesoris ini secara umum sama persis seperti yang digunakan pada motor bensin pada umumnya. Namun yang membedakan adalah suplay tegangan voltage nya. Pada umumnya aksesoris membutuhkan suplay 12V. Namun pada kits set motor listrik adalah 48V. Maka dari itu diperlukan alat yang disebut DC to DC converter sebagai power suplay. DC converter yang rekomended ideal adalah 48V to 12V 10A. Untuk kisaran harga sekitar 150rb an.

DC to DC converter 10 Amper.



GALARI INOVASI BECAK LISTRIK DAN GEROBAK LISTRIK.



Becak Kopi Gedor Maliboro Yogyakarta

Becak Listrik SMK Piri

Becak Listrik Wisata, yogyakarta


becak kopi listrik keliling di bandung dan bekasi

Becak Klasik Wisata Desa.


AYO, SAATNYA BERJUANG MELANGKAH GO GREEN.

BERKREATIVITAS MELAWAN KEBODOHAN.

6 comments:

  1. terima kasih atas artikel ini tentang aplikasi motor listrik pada berbagai alat angkut. sangat aplikatif dan memberikan gambaran yang real. jadi untuk bikin gerobak dengan kapasitas angkut 1000kg, diperlukan setidaknya 2x DC brushless 200W yang dihubungkan pada kedua roda sementara roda lainnya hanya bergerak pasif dan menjadi steering wheel? (2WD, rear, dan depan sterring pake servo gede 180 kgcm buat belok kiri kanan?)

    tadinya saya bingung melihat banyak aplikasi yang pakai motor berukuran kecil seperti 40W, 60W untuk menarik beban 200kg atau bahkan 500kg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau melihat analisa kebutuhan tersebut, saran saya menggunakan motor dinamo Mobil golf saja gan.

      dinamo mobil golf dirancang untuk beban kendaraan mobil mini, kuat melalui medan jalan tanah, rumput, dan naik turun bukit.

      detail sepsifikasi dinamo mobil golf ada disini:
      http://www.bogipower.com/2017/02/bldc-disk-motor-800-1000w.html

      Hapus
  2. Terimakasih artikelnya.
    Untuk standard velg becak Khan jari2nya 40, sedangkan jari2bldc 36
    Bagaimana cara modifnya, agar tidak mengurangi kekuatan? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah sekali. velg nya turun ganti ke 26" dan ruji nya pakai punya honda grand.
      sangat kuat.

      banyak SMK SMK dan kampus yang telah membuatnya.

      Hapus
  3. Wah keren nih.. kebetulan saya sedang memikirkan cara membuat gerobak listrik untuk jualan mie ayam keliling. Punya ide?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal menggunakan kits motor listrik seperti artikel diatas itu saja.

      mampir ke Instagram kami gan di:
      https://www.instagram.com/bogipower_electric_art/

      banyak foto2 gerobak listrik karya para rekan2

      Hapus