Minggu, 18 Desember 2016

MERAKIT SEPEDA LISTRIK, 8 - SYARAT SEPEDA LAYAK DIJADIKAN LISTRIK.

 MERAKIT SEPEDA LISTRIK,

8 - SYARAT SEPEDA LAYAK DIJADIKAN LISTRIK.


                 Prolog dongeng: Dikisahkan di suatu daerah terdapat seserang pemuda yang selalu menggunakan sepeda kayuh untuk aktivitas. Pulang-pergi aktivitas rata-rata 10-15 km per hari. Sepeda yang digunakan adalah sepeda yang kurang bagus dan memiliki bobot berat. Dikayuh pun juga terasa berat karena gir dan rantai juga masih bawaan sepeda model lama. Lalu sering sekali pemuda tersebut kecapaian dalam mengayuh. Terbayanglah suatu benak pemikiran dia untuk menjadikan sepeda miliknya supaya lebih ringan. Yaitu sumber tenaga listrik supaya bisa ringan dan kecepatan lebih kencang, jarak jelajah juga harapannya bisa semakin jauh. Lalu seseorang tersebut ingin menjadikan listrik sepeda yang sering digunakannya.



Pertanyaan dari prolog cerita tersebut,
Apakah menjadikan sepedanya menjadi listrik adalah keputusan yang tepat???.
Jawabannya adalah "KEPUTUSAN yang SALAH"
                 Kenapa demikian?. Inti topik masalah yang dihadapi oleh pemuda pada cerita diatas adalah: Sepedanya yang kurang bagus dan berat. Jadi solusi terbaik supaya sepedanya menjadi ringan adalah bukan dipasangkan kits listrik. Melainkan cukup diupgrade saja sepedanya. Gunakanlah sparepart gir dan rantai yang bagus, juga grub set dengan standar yang bagus. Jika Frame masih bahan besi atau hiten wajar kalau berat. Upgrade lah frame menggunakan kelas alumunium yang standar. Hal itu akan lebih murah, efisien dan efektif daripada menjadikannya listrik. Karena pada Medan 10-15 km perjalanan baik datar maupun tanjakan-turunan semua sepeda MTB yang standar bagus akan ringan dipakai pada  jarak ini. Tidak perlu harus listrik.

Frame dan grub set yang standar bagus, 
tentu akan membuat sepeda ringan dikayuh, 
nyaman digunakan, dan tidak mudah capek dipakai


                 Namun hal ini masih banyak dilakukan oleh kalayak umum masyarakat Indonesia, dimana sepeda yang tidak standar dipaksa untuk dijadikan listrik. Hasilnya?. Berujung kecewa karena tidak efektif, ataupun malah makin tambah rusak sepeda nya setelah dibuat listrik. Berawal dari latar belakang inilah kita tim artikel electricisart-bogipower.com merilis artikel tentang sepeda apa yang tidak layak menjadi listrik, dan sepeda apa saja yang layak menjadi listrik.

sepeda model lama, kurang cocok untuk dijadikan listrik,
keamanan / safety kurang

Namun masih saja ada yang menjadikannya sepeda tidak layak untuk jadi listrik. 
Hal ini membuat sepeda listrik seken menyebar di bursa pasar OLX atau kolektor seken



MENGENAL SEPEDA YANG LAYAK MENJADI LISTRIK


1.    Pastikan rem sudah cakram atau yang kelas bagus.

           Rem adalah faktor keselamatan dalam kendaraan. Sepeda yang sudah dijadikan listrik sistem rem harus pakem dan aman. Jika merk brand yang digunakan adalah Shimano Altus keatas, Sram X4 keatas sudah pasti layak pakai apapun modelnya.
rem cakram adalah model yang bagus untuk keamanan sepeda yang dijadikan listrik

           Untuk standar minimalis ,Gunakanlah rem cakram minimal merk Tektro, atau Torney. Diatasnya lebih bagus. untuk rem hidrolik dari DEORE itu sudah lebih bagus lagi. Untuk model V brake, jika dari brand merk yang bagus boleh lah dipakai. Misal V brake dari Shimano Alivio keatas.

Berikut adalah daftar rem yang tidak layak pakai
Ø  Rem tapal kuda.
rem ini biasanya dipakai di sepeda model lama atau di sepeda BMX, modelnya seperti gambar berikut:
rem model tapal kuda tidak layak untuk sepeda listrik


Ø  Rem segitiga kawat / cantilever / U brake
rem ini biasanya digunakan di sepeda federal lama
model rem cantilever segitiga tidak aman untuk sepeda listrik

Ø  V brake logan atau V brake tak ber merk.
rem V brake kelas dibawah harga 150rb kurang layak aman untuk sepeda listrik


2.    Untuk penggerak depan, fork wajib menggunakan suspensi

Jika penggerak depan Fork depan harus sudah menggunakan suspensi yang bagus / jangan suspensi yang imitasi, Jika menggunakan penggerak depan motor hub namun fork belum menggunakan suspensi maka sepeda akan lebih berbahaya. Kom steer atau head part juga harus sudah menggunakan model metal bearing tidak boleh menggunakan model cones. Karena jika listrik penggerak depan dan belum menggunakan metal bearing, maka kom steer fork depan akan lebih mudah kocak. Dan itu sangat bahaya sekali.

Fork depan suspensi adalah hal yang wajib jika motor penggerak depan

contoh sepeda listrik motor penggerak depan



3.    Untuk penggerak belakang, casis dudukan as tidak boleh model lengkung miring

Casis sepeda dengan  lengkung miring adalah sebagai berikut:

model ini tidak cocok kalau dipasangkan motor listrik penggerak belakang.
mode as ini bisa membuat as motor lari ke depan lepas dari casis


Model yang diajurkan untuk sepeda dijadikan listrik penggerak belakang adalah model yang tegak lurus kebawah. Semua casis alumunium model terbaru adalah model yang tegak lurus kebawah. Yang artinya jika casis sudah menggunakan kelas alumunium atau diatasnya maka sudah bisa dikatakan casis frame tersebut layak menjadi listrik. Berikut contoh model dudukan as yang layak menjadi listrik

Model dudukan as tegak lurus ke bawah. 
Aman untuk dipasangkan motor listrik hub belakang


Jika model as sepeda tidak layak penggerak depan ataupun penggerak belakang. Maka rekomendasi terbaik gunakanlah motor penggerak jenis mid drive ataupun model out runner BLDC.

Mid drive adalah dinamo yang dipasangkan di kayuhan kaki



4.    Usahakan casis sudah alumunium, jangan casis besi atau hiten

Tujuan disini adalah: Casis frame sepeda yang masih besi tentu akan kesulitan dalam upgrade sparepart. Namun untuk casis alumunium akan lebih mudah dalam upgrade sparepart dengan model terkini. Lalu apa hubungannya dengan kits listrik?. Kits listrik saat ini sudah didesain fix on size sesuai dengan geometri casis model-model terbaru. Jadi untuk frame alumunium atau diatasnya tentu akan cocok compatible untuk dijadikan listrik.

casis besi. Kelemahannya selain berat, modelnya juga kurang kompatible dengan sparepart terkini

casis Alumunium, titanium, carbon, sudah tidak diragukan kualitasnya.

casis besi bisa cocok dijadikan listrik.
dengan syarat sepeda adalah costum rakitan sendiri dan standar keamananya sudah bagus


5.    Grub set jangan menggunakan kelas bawah atau tidak bermerek.

Sangat tanggung sekali jika sepeda sudah dijadikan listrik namun sparepart grub set pada sepeda tidak layak standar. Karena untuk kecepatan tinggi komponen sepeda yang tidak layak tentu akan cepat rusak.
grub set sepeda model lama, riskan rusak kalau untuk sepeda dijadikan listrik


contoh grub set yang layak bagus, bisa dari Sram atau Shimano



6.    Power Watt listrik harus menyesuaikan bentuk sepeda.

Misal Jika sepeda hanya bentuk sepeda onthel biasa, 350W sudah cukup ideal. Jika bentuk MTB 1000W pun masih berani standar. Jika sepeda bentuk Downhill atau All terain bike maka 3000W juga berani.

model seperti ini cocoknya 250-350W


model MTB, City bike, cross country seperti ini cocoknya 350W maks 1000W

sepeda MTB berani untuk diberikan 1000-1500W motor

Sepeda Downhill atau All terain bike berani untuk wakk besar hingga 3000W




7.    Sesuaikan alokasi biaya yang diharapkan

           Ada kualitas tentu ada harga, ada harga tentu ada performa. Harga kits sepeda ideal standar untuk 350W ebike hub adalah sekitar 1,8jt - 2,4jt tanpa baterai. Untuk 1000W ebike hub sekitar 3,3jt an komplit tanpa baterai. Model mid drive rata-rata 2,5jt -3,4jt an tanpa baterai. Untuk kejar murah ada model brushed DC motor. Untuk 250W harga sekitar 1.2jt komplit tanpa baterai. Selengkapnya model lain dapat klik disini : Biaya merakit sepeda listrik

contoh salah satu kits sepeda listrik

           Lalu untuk harga baterainya berapa?. Harga baterai juga sama, ada harga ada kualitas. Paling hemat ada baterai UPS yang harganya Cuma 200rb/ biji 12V 7Ah, atau bahkan untuk yang imitasi Cuma 140rb. Namun bobot aki UPS mencapai 3kg / biji, padahal dalam sebuah sepeda listrik membutuhkan 3 atau 4 biji baterai 12V. Sedangkan untuk harga chargernya sekitar 250rb untuk yang kualitas bagus. namun sekali lagi aki UPS adalah bobot berat dan kurang nyaman untuk sepeda kayuh listrik.

aki UPS adalah alternatif kejar murah untuk aki sepeda listrik, 
namun bobot aki ini sangat berat

           Kalau baterai kelas ringan dan bagus bagaimana?. Ada  Lithium ion baterai. Dalam 48V 10AH harga baterai lithium ion yang bagus 2,8jt -3,3jt an. Atau untuk yang imitasi biasanya 2jt - 2,6jt an. baterai lithium ion memang saat ini yang paling cocok untuk dipakai di sepeda listrik.

baterai Lithium ion. bobot ringan namun secara harga masih tinggi


8.    Sepeda costum modifikasi / buatan sendiri.

Ini adalah tergolong sepeda yang layak dijadikan listrik, Namun dengan syarat: Sepeda dibuat setelah kits listrik didapatkan. Karena untuk sepeda costums modifikasi, tentu desain harus menyesuaikan kits listrik yang akan dipakai juga. Berikut contoh sepeda listrik model costum rakitan kreativitas mandiri.

merakit costum sendiri, standarisasi dapat sesuai selera.
Namun kits listrik harus dimiliki dahulu, baru casis frame dibuat

Model juga sesuai selera

casis stainless maupun casis besi tidak masalah



SEMOGA BERMANFAAT







2 comments:

  1. Mau tanya...pada saat sepeda dihidupkan dan dijalankan pertama kecepatannya bagus setelah beberapa menit kecepatan tidak berfungsi.itu apa nya yg rusak.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem bagian yang terkait baterai nya

      Hapus