Sabtu, 02 Desember 2017

BERAPA SIH BIAYA MERAKIT SEPEDA LISTRIK?

BERAPA SIH BIAYA MERAKIT SEPEDA LISTRIK?


Jika ditanya berapa biaya yang diperlukan?, maka jawabannya adalah bervariasi dari 1jt an sampai puluhan jutaan. Tapi tentunya itu bukan jawaban yang diharapkan oleh EV lovers. Kesempatan kali ini akan membahas spesifikasi terbaik apa sih yang bisa didapat pada kisaran budget yang diharapkan. Mari kita simak ulasannya. Dalam kisaran yang diuraikan dibawah adalah estimasi biaya kits diluar spesifikasi sepeda yang digunakan.




1.    1jt sampai 2jt an

Kisaran hemat ini adalah menggunakan motor Brushed DC, yang pada umumnya dipasangkan pada gear roda belakang. spesifikasi motor ini biasanya 24V 250W, Kecepatan 20 an km/jam. Secara performa memang tipe ini kurang rekomended, mengingat brushed DC memiliki efisiensi yang rendah, baterai yang boros, tenaga dan kecepatan yang rendah. Tapi secara kelebihan tipe ini tergolong paling murah. 


DINAMO BRUSHED DC DIRECT DRIVE

motor Brush dipasangkan pada frame belakang

Pilihan opsi brushed DC selanjutnya adalah motor brushed DC+gearbox. dinamo ini memiliki keunggunalan pada sistem gearbox yaitu lebih menambah kekuatan power. Selisih harga jika motor Brushed DC direct drive di 300rb an, maka dinamo brushed + gearbox di kisaran 730rb an. Untuk kontroller dan handle gas nya sama. kontroller di 350rb an lalu handle gas cuma 80rb an hingga 150rb an. Untuk aki bisa menggunakan aki sepeda motor 12V sebanyak 2 biji. Atau menggunakan aki UPS untuk kejar hemar. Menggunakan aki 12Ah original chilwee lebih bagus lagi. Aki UPS estimasi 170rb an per biji. Origigal chilwee 12Ah sekitar 450rb an


motor Brushed DC + gearbox tipe.

dipasang di sepeda pada bagian kayuhan kaki


2.    2 jt sampai 3,5  jt an

Kisaran yang pada angka ini terdapat dua opsi. yaitu menggunakan mid crank brushed atau menggunakan BLDC 350W hub besar.

a.    Mid Crank Brushed DC

Opsi ini hampir sama dengan ulasan No. 1 diatas yang 250W, hanya saja model motor lebih diatasnya. Spesifikasi pada umumnya adalah 24V-36V, 350W – 500W dan kecepatan 30 an km/jam. selisih harga dinamo juga sekitar 400rb an lebih tinggi, untuk kontroller dan handle gas masih sama





b.    BLDC 350W hub besar + aki UPS 4 biji

Model ini adalah yang paling umum digunakan di pasaran sekitar kita, pada sepeda listrik yang sudah jadi. Biasanya berupa sepeda perkotaan /citybike, tapi untuk kalangan modifikator justru digunakan untuk sepeda Downhill atau sepeda kelas besar. Motor ini sudah menggunakan jenis BLDC jadi secara efisiensi sudah jauh lebih bagus daripada brushed DC. Spesifikasi pada umumnya 36V-48V daya  350W kecepatan 35-40 an km/jam. Harga dinamo kits set ini kisaran 1,8jt-2,4jt an. dan harga baterai nya sekitar 700-800 dalam 48V 7Ah.




contoh pada sepeda

C.    BLDC 350W hub ebike + aki UPS 4 biji

Model ini adalah yang paling umum digunakan di sepeda kayuh MTB listrik dan Sepeda lipat listrik. MOdel ini menggunakan dinamo 36V-48V 350W motor hub tipe planetary. Modal Sepeda kayuh + biaya 2,8jt an sudah bisa terbentuk sebuah sepeda listrik. Harga kits set kisaran 2.2jt an untuk yang kelas standar.  dan harga aki UPS kisaran 700-800rb an saja dalam 48V 7A di toko aki terdekat. Atau misal ada sedikit lebih dana bisa menggunakan baterai lithium yang kelas ringan, Namun harga baterai lithium saat ini  harganya masih 3.2jt keatas untuk baterai saja.


kits BLDC 350W ebike standar planetary

contoh 350W kecil + 4 aki UPS pada sepeda

contoh 350W ebike + 4 aki UPS pada sepeda mini


D.    BLDC 350W hub ebike + kits lengkap LED control. (tanpa baterai)

Model ini adalah yang paling umum digunakan di sepeda kayuh MTB listrik dan Sepeda lipat listrik juga. Masih sama menggunakan dinamo 36V-48V 350W motor hub tipe planetary. Yang membedakan adalah kelengkapan fiturnya sudah dilengkapi LED CONTROL PANEL , pedal assist sensor, dan kontroller yang sudah kelas bagus sensorless mode (sensorless mode adalah fitur kontroller yang mempu memutar dinamo dengan baik meski dinamo dalam kondisi rusak / mati sensor nya).
harga kits lengkap ini tanpa baterai adalah 2,9jt an. Terdiri dari: Motor, kontroller sensorless, handle gas + tombol , Pedal assist sensor, led control panel, tas sepeda, dan XT60 socket power. Selengkapnya dapat dilihat pada link "kits lengkap 350W ebike konversi" hanya saja kisaran 2,9jt ini belum termasuk baterai. Baterai dapat menggunakan AKi UPS untuk kejar hemat, atau menggunakan baterai lithium untuk kejar praktis simple dan ringan.

daftar komponen pada kits lengkap

Kontroller, LED control panel, handle gas+ tombol

Contoh yang sudah diaplikasikan pada sepeda MTB


3.    4jt sampai 5jt an

Pada kisaran biaya ini terdapat 2 opsi juga. Yaitu model mid crank BLDC dan model BLDC hub kecil.

a.    Mid Crank BLDC

BLDC mid crank adalah motor yang diletakkan di poros tengah sepeda, model ini tentunya memberikan kebebasan pada transmisi roda belakang, kelemahan dari model ini adalah harganya yang mahal, dan secara teknis model ini harus menggunakan crankset gir depan yang  khusus. Spesifikasi pada umumnya motor ini 48V 500W-800W kecepatannya 40-50km/jam



b.    Kits BLDC hub Ebike + baterai Lithium

Poin ini adalah kelanjutan dari poin 2.C dan 2.D diatas. Hanya saja baterai menggunakan Lithium ion, kelebihan baterai lithium ion adalah bobotnya yang ringan, praktis dan bisa dilepas-pasang dari sepeda. Jadi baterai bisa dilepas dan di charging di tempat lain. 
baterai lithium ion set selalu sudah dapat charger.


Motor BLDC hub 350W ebike kits memang saat ini adalah yang paling bagus, bobotnya yang ringan, simpel dan praktis dalam pemasangan, instalation size juga sudah fix size dengan frame sepeda pada umunya, Namun secara harga adalah yang paling mahal adalah baterai lithium ion nya. 1 paket dengan baterai lithium harganya diatas 2jt an, dan untuk kualitas recomended dan awet sampai diatas 3,6jt an. Spesifikasi ini biasanya 36-48V dan motor hub ditaruh di roda depan ataupun belakang. Kecepatan sekitar 40-45 km/jam

Baterai Lithium Ion


Contoh pada Sepeda MTB Listrik.

C.    MiniOn KITS.

Poin ini adalah MiniON kits.  MiniON adalah golongan motor BLDC jenis outrunner yang bekerja dengan cara ditempel gesekkan ke roda.  Harga motor kits ini tidak bisa dibeli secara eceran. Harus dibeli utuh, info harga akhir tahun 2017 adalah seharga 4.8jt komplit kits set dengan baterai. Untuk spesifikasi dan detail review bisa kita saksikan di video berikut:



Mini ON , motor kecil dan ditempel ke roda.


review video Mini ON



4.    Lebih dari 6jt an

Hanya ada 1 opsi terbaik pada kecepatan ini yaitu BLDC hub 1000W atau 1500W. Harga kits ini kisaran di angka 4jt-5jt an belum termasuk baterai. Jika dengan baterai tentunya akan lebih tinggi lagi biayanya Kekurangan motor hub ini hanyalah pada harga yang mahal dan bobot yang berat. Selain itu kelebihan motor ini adalah: ukuran yang langsung pas dengan frame sepeda, torsi besar, dan kecepatan yang tinggi. Kecepatan model ini bisa mencapat 60km/jam daya motor juga 1000W, 1500W hingga 3000W.

1500W motor pada MTB listrik





SEMOGA BERMANFAAT


INFO TERKAIT PENJUALAN SPAREPART :

PENJUALAN PART KOMPONEN SEPEDA LISTRIK

47 comments:

  1. dari segi kualitas lebih baik merakit sendiri atau langsung beli jadi ya?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus merakit sendiri.
      cost total memang jauh lebih mahal, tapi kepuasan merakit dan kualitas bisa diandalkan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. mosfet ada.

      bisa dibeli di:
      http://www.bogipower.com/2015/04/mosfet-p75nf75.html

      Hapus
  3. mas boleh ambil gambar dalam web ini? mau saya bikin artikel di blog saya. hanya gambar saja...artikel saya tulis sendiri

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. gan biaya merakit kaya gambar terakhir kira" berapa?

    BalasHapus
  6. coba ada yang membikin sepeda ini lebih murah mungkin akan mengurangi polusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah kalau murahan dan kualitas imitasi abal abal. Malah justru menjatuhkan citra kendaraan listrik itu.

      Stop produk imitasi, stop produk murahan.

      Hapus
  7. Gan, Untuk sepeda harian kekantor jenis motor apa yang hemat listrik dan biaya...?

    BalasHapus
  8. Beli bahannya dimana ya gan??

    BalasHapus
  9. gan ane punya sepeda lipat uk 16 bisa engga dipakai in poin 2c tapi ttp masih bisa diliat kan? klo bisa, beli dmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembelian sparepart bisa ke workshop bogipower yogyakarta.
      website di www.bogipower.com

      monggo kalau mau mencoba sepeda yang sudah dijadikan listrik ada disini

      Hapus
  10. Alamat jogjanya mana ya? Buka dr jam brp smp jam brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo bisa contact central admin bogipower.
      mencoba contoh sepedanya dulu juga bisa

      Phone/ SMS / WA: 085729002927
      BBM : D9B2C4EA
      email : ian.brilian@gmail.com
      Facebook : Brilian Prasetyo

      Hapus
  11. Bos KLO bikin yg 40kw habis uang berapa?

    BalasHapus
  12. Misi gan, numpang Tanya...
    Kalau misalnya Saya pake motor dc yg 800w 42v untuk controller & battery nya yg bagus seperti apa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kontroller dan baterai cukup menyesuaikan motor dinamo yang digunakan.
      bisa dicari dari datasheet dinamo motor penggerak yang sudah dimiliki tsb

      Hapus
  13. Gan, kalau yg di pasang, pada super 73 lithium bike itu, pake yg mana y, pengen ngerakit sendiri

    BalasHapus
  14. Gan kalo beli sparepart sekalian masang bisa ga? Ada biaya tambahan ga?

    BalasHapus
  15. Bagi yang memerlukan baterai Portable silahkan kunjungi goole+
    https://plus.google.com/u/0/collection/sFu7YE

    BalasHapus
  16. Gan, kalau motor untuk sepeda dengan roda 3/4 (model sepeda kart) total komplit motor dan rem cakram sekalian berapa biayanya ya....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke bagian artikel: "membuat mobil sederhana listrik"
      lengkap dibahas.

      Hapus
  17. Apakah untuk motornya tahan air semua ?
    Penting sekali memilih motor yg tahan air soalnya kalau pas hujan masih bisa di pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah menggunakan produk yang berkualitas, terkena air, AMAN.

      Hapus
  18. apa melayani perakitan sepeda listrik custom?
    ini shoroom di jogja ya? klo dijakarta apa ada cabang?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, silahkan saja hubungi costumer servisnya di website
      www.bogipower.com

      Hapus
  19. jika motor di letakan di depan atau di depan apa keuntungan dan kerugiannya ya Mas ?

    BalasHapus
  20. gan, itu kan sparepart dijual terpisah ya, seumpama untuk aki nya saya ganti dengan baterai 18650 + BMS, apakah bisa maksimal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel ini adalah buatan 2015 gan, sudah expired.

      ke artikel yang terbaru tahun 2020 saja.
      copas link ini = http://bit.ly/hargaKits_2020

      Hapus
  21. rem regeneratif ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepeda motor listrik yang efektif pakai REGEN. regeneratif energy

      Hapus
  22. untuk harga paket ini..BLDC 350W hub ebike + kits lengkap LED control. (tanpa baterai) berapa dan bagaimana cara pembeliannya Pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel ini sudah tahun 2015 gan...
      mampir ke artikel yang terbaru tahun 2020,

      link nya ini:
      https://www.electricisart-bogipower.com/2019/10/apa-itu-kits-ebike-dan-berapa-kisaran.html

      Hapus
  23. Dengan hormat,
    Kami Dari PT.BINTANG SAMUDERA ASIA memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight Forwarders yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan. Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang di perlukan.

    Project kerjasama unggulan kami seperti berikut :
    • Import via Laut & Udara (dari semua negara)
    • Export via Laut & Udara (ke semua negara)
    • LCL / FCL
    • Door to Door Delivery (semua negara)
    • Port to Port (semua negara)
    • Direct Flight
    • Import Lisence for Undername (Legalitas untuk Consignee)
    • Pengiriman Domestik Intersulair (antar pulau)
    • Transportasi via Darat
    • Customs Clearance Import & Export
    • Import Lisence for Undername (Legalitas untuk Consignee)
    • Import via Laut & Udara
    • LCL / FCL, Break-Bulk & Personal Effect
    • Door to Door Delivery (semua negara)
    • Direct Flight (semua negara)
    • Pengiriman Domestik (antar pulau)
    • Transportasi via Darat
    • Transfer PIB / PEB (EDI System)
    • Pergudangan & Distribusi Logistik

    Jasa Import (LCL & FCL) Murah & Cepat – Pelayanan kami (International):
    1. Pengiriman borongan All In / Door To Door Service, FCL/ LCL, By Sea & Air
    2. Custom Import
    3. Bill Of Lading, Ocean Freight
    4. Loading Container di pabrik, Pick Up Barang.
    5. Warehousing, Trucking.

    Kami berharap bisa memenuhi kebutuhan customer dan mampu membangun kerja sama dengan baik.

    Salam Hormat.

    Romi Feriadi

    PT.BINTANG SAMUDERA ASIA
    Graha Proton Jl.Jatinegara Barat No. 195, Balimester Jakarta Timur
    Phone      :021 8192 442
    Fax          :021 2298 5667
    Hp/Wa     :0852 7089 6962
    Email       :romiferiadi093@gmail.com 
    Website   :www.bisalogistik.com / www.bisacargo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biaya sepeda lipat jadi sepeda listrik brp ya..harga termurah

      Hapus
    2. ada di artikel yang judulnya "daftar harga kits ebike 2020"

      Hapus