Jumat, 19 September 2014

JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU VIA WEKAS

JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU VIA WEKAS

Gunung merbabu adalah gunung yang terletak di 3 kabupaten, yaitu kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Boyolali. Gunung merbabu memiliki 4 jalur pendakian yang dibuka untuk umum. Sebelah utara terdapat jalur Thekelan dan Cunthel, Sebelah barat terdapat jalur Wekas, dan Sebelah selatan terdapat jalur Selo. Dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas jalur pendakian via Wekas,kec Pakis, Kab Magelang.

Gunung merabu, Dilihat dari gunung Telomoyo



Basecamp Grabupal dusun wekas
Akses menuju basecamp ini cukup mudah, cukup masuk ke gapura dusun wekas lalu ikuti jalan menanjak di desa, sudah banyak plang penunjuk arah menuju basecamp gunung merbabu. Jarak dari jalan raya sekitar 3km.
papan penunjuk arah menuju basecamp


Start pendakian basecamp sampai pos 2.
Dari basecamp menuju keatas terdapat sebuah masjid desa kenalan dan terus berjalan keatas kita akan melihat pohon cemara berjajar, atau juga sering disebut gerbang cemara. Karena dari sinilah kita akan dilepas berjalan masuk ke dalam hutan gunung. Cek poin-cek poin yang dapat ditemui adalah: air terjun kecil, pohon ambruk mirim, jalan menyamping di sebelah hamparan ilalang, pos 1 telaga arum, pohon tumbang miring, hutan monyet, jalur pipa ganda, zona bekas hutan terbakar, jalur landai terowongan semak-semak, dan pos 2. Waktu tempuh dari basecamp ke pos 2 sekitar 2 jam 40 menit sampai 3 jam 20 menit. Atau kalu untuk pemula sekitar 3 jam 40 menit sampai 4 jam.

Peta jalur pendakian dari basecamp ke pos 2

Pos 2

  Jalur pendakian dari pos 2 sampai puncak Merbabu
            Pos 2 merupakan sebuah tempat yang lapang dan cocok untuk membuat tenda camp. Tempat ini bisa memuat lebih dari 100 tenda. Jalur pendakian dari pos 2 menuju puncak merbabu lebih menyenangkan karena memiliki medan yang bervariasi. Durasi perjalanan umumnya skitar 3,5 jam apabila menuju puncak syarif, dan skitar 4 jam 20 menit kalau menuju puncak kenteng songo, kalau untuk pemula alokasi sekitar  5 jam.

Peta dari pos 2 menuju puncak

Dimulai dari menyusuri jalan meninggalkan pos 2 nanti akan menemukan sebuah batang pohon besar yang rubuh menghalangi jalan, ini disimbolkan sebagai pintu keluar/masuk pos 2. Cek poin yang gampang ditemui adalah: pertama akan melalui sebuah cepitan lembah yang terasa sempit dan menanjak, lalu akan menemukan tanaman edelweis yang pertama terlihat, lalu akan menemui sebuah batu besar di tengah jalan. Nah di batu besar ini terdapat 2 persimpangan, terkadang apabila malam hari para pendaki bisa saja tersesat memilih jalur yang salah, meski sebenarnya sama saja malah justru lebih pintas menuju puncak. Berikut ulasan kedua jalur yang bercabang itu.

JALUR NORMAL
            Jalur normal adalah memilih arah yang kiri dan menanjak. Dari sini medan mulai terasa agak miring. Medan jalur mulai dipenuhi tanah bercampur bebatuan, hinga akhirnya sampai di pos persimpangan pemancar, ada juga yang menyebutkan pos 3, bisa juga disebut titik pertemuan dari jalur Thekelan dan Cunthel. Di pos ini terdapat sebuah tugu dan mulai dari sini pemandangan ke arah timur mulai terbuka. Ambil jalur yang belok ke sebelah kanan dan kita akan tiba di pos helipad. Dari sini juga terdapat jalur bercabang yang menuju puncak gunung kukus, namun karena jarang dilewati jalur percabangan itu kurang terlihat.
            Setelah melewati pos halipad maka selanjutnya adalah jembatan setan, sebuah tanjakan terjal yang berisikan banyak bebatuan. Pada jembatan setan memilik 2 cek poin seluas 5x5 meter biasanya digunakan untuk beristirahat sejenak. Setelah melewati cek poin yang kedua maka jalur yang tadinya terpisah kembali bersatu disini.
jalur persimpangan pos pemancar

menuju pos halipad


 JALUR KAWAH
            Jalur kawah adalah jalur yang mengambil arah kanan dan agak menurun dari persimpangan batu besar tadi. Jalur disini adalah menyisir di sebelah kanan gunung kukus. Jalur disini malah justru datar dan landai sekitar 30 menit perjalanan. Jalur ini sebenarnya jalur menuju mata air di dekat kawah merbabu. Jalur ini menyajikan kita pemandangan kawah merbabu dari jarak yang sangat dekat, bau belerang sangat menyengat disini. Setelah melewati kawah maka akan dihadapkan sebuah tanjakan terjal dan menerobos hutan edelweis. Puncak dari tanjakan terjal itu adalah jalur setelah cek poin ke 2 jembatan setan, dan kebali bertemu dengan jalur normal.
Jalur kawah ini idealnya dilewati ketika kita menuruni gunung di waktu siang hari, karena akan terlihat indah pemandangan kawah dan hamparan hutan edelweisnya. Jadi ketika berangkat sebaiknya melewati jalur normal.

jalur kawah

salah satu kawah merbabu


Setelah bertemu kembali ke jalur normal maka akan disuguhkan tanjakan ngetrack terakhir menujun persimbangan puncak syarif dan kenteng songo. Apabila ke puncak syarif adalah berbelok ke kiri, hanya butuh waktu 20 menit dari persimpangan ini. Dan apabila ke puncak kenteng songo butuh waktu 45 menit dari persimpangan ini.

Geger sapi dan jalanan di puncak merbabu


Perjalanan menuju puncak kenteng songo hanyalah perjalanan menyusi puncak merbabu, pemandangan di sisi barat dan timur sudah sangat terbuka lebar, di malam hari bisa disaksikan indahnya jalan tol semarang solo yang menggaris orange di sebelah timur. Disini terdapat sebuah persimpangan yang mengecoh pula, yaitu terdapat 2 pilihan naik ke suatu puncak bukit atau belok kanan menyisir lereng. Apabila memilih naik itu adalah jalan buntu menuju puncak geger sapi. Apabila memilih belok kiri menyisir lereng itu adalah jalan menuju puncak kenteng songo.
Sebelum memasuki puncak kenteng songo akan disuguhkan sebuah tantangan memanjat tebing, atau yang disebut ondorante. Tebing tinggi ini cukup menguras tenaga di perjuangan akhir. Namun setelah melewati itu maka sampailah kita di puncak tertinggi gunung merbabu. Keistimewaan jalur ini dibandingkan jalur Selo adalah sensasi ketika di puncak merbabu. Kita akan dikagetkan dengan view merapi yang gagah ketika menapaki puncak kenteng songo. Namun berbeda hal dari jaur selo yang sudah sejak mendaki dari bawah pemandangannya gunung merapi melulu.
Menyusuri tebing

Selain puncak kenteng songo Gunung Merbabu juga memiliki 2 puncak lainya yang terletak di dekat puncak kenteng songo, yaitu puncak Triangulasi dan puncak sabana barat. Puncak trianggulasi cukup berjalan ke selatan 10 menit dari kenteng songo. Dan puncak sabana barat cukup berjalan 30 menit dari puncak trianggulasi.



PUNCAK MERBABU

Sunrise di Puncak Syarif

Puncak kenteng songo dikala pagi

Sunrise puncak Kenteng Songo

Menatap merapi di puncak Trianggulasi

Puncak Sabana Barat

Puncak Trianggulasi

memandang merapi diantara ilalang

samudra awan di puncak Syarif

Negeri di atas awan itu memang ada

lautan awan dilihat dari puncak merbabu

17 Agustus 2013, hari kemerdekaan Indonesia




102 comments:

  1. Balasan
    1. iya silahkan..
      salam go Green.

      ayo kalau ingin ke merbabu via wekas ajak2.. :-D
      kebetulan rumah saya deket sini. jadi hapal banget jalur pendakiannya.

      Hapus
    2. Mas ian boleh minta pin bbmnya?

      Hapus
    3. di kolom tentang kami ada gan..

      BOGI POWER ELECTRIC

      Phone/ SMS / WA: 085729002927

      BBM : D08FAC8C

      email : ian.brilian@gmail.com

      Hapus
  2. Om, ada saran buat yg baru naik ke Merbabu pertama kali enaknya lewat jalur mana? In shaa Allah tengah tahun saya mau kesana sama kawan kawan dari Depok dan beberapa kawan-kawan dari Jogja. Saya masih nyari referensi jalur untuk pendakian nanti (naik via mana dan turun via mana). Terimakasih. Salam lestari :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau naik angkutan umum,
      paling bagus berangkat via tekelan (salatiga). lalu turun via selo..

      via wekas itu kelemahanya adalah jarak dari jalan raya ke base camp 3km tanjakan.
      kalau ada mobil calteran/pengantar yang bisa mengantar sampai basecamp gpp via wekas.
      karena jalur via wekas adalah yg paling deket ke puncak..

      Hapus
  3. mas mau tanya nih kalo dari lempuyangan kira kira buat ke wekas naik angkutan apa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau naik angkutan umum lebih baik lewat jalur tekelan bro..
      jalur wekas jaraknya 3km dari jalan raya. lumayan jg jalan kaki dari pinggir jalan.

      dari lempuyangan / jogya naik bus jogya-semarang.
      turun di terminal magelang. lalu naik bus jurusan magelang-salatiga.

      turun di wekas untuk mendaki via wekas.
      turun di tekelan untuk mendaki via tekhelan.

      Hapus
  4. thank infonya (y) do'ain hbs ujian q bs kemerbabu ^_^

    BalasHapus
  5. bro saya mau naik merbabu maret ini. naik via wekas turun via selo.
    tiket kereta dapet ke kutoarjo. menurut jadwal sampai kutoarjo jam 13.30 rencana nyambung ke magelang dari kutoarjo. sampai magelang bis ke arah wekas ada sampai malam ga ya? ane jalan berdua sama kawan. kira2 kalo jalan malam di rekomendasikan ga bro? kebetulan kami belum pernah ke merbabu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kutoarjo magelang skitar 2 jam perjalanan.
      bis magelang salatiga ada sampai malam.

      tapi saran saya kalau naik bis lebih baik mendaki via tekhelan saja,, karena kalau via wekas base camp nya 3km dari tempat turun bis.. lebih deket yg jalur pendakian thekelan

      Hapus
    2. sepertinya saya sudah fix lewat wekas nih bro.
      untuk tempat camp selain di pos II dan helipad biasa dimana lagi bro?

      Hapus
    3. banyak bro temat nge camp jalur wekas..
      tapi ya yg paling enak pos II dan area skitar pos halipad.

      kalau pos II memiliki kelebihan sumber air yg melimpah.

      Hapus
    4. oke bro
      untuk ojek dr tempat turun bis ke basecamp wekas ada sampai malam ga bro?
      saya kn rencana turun lewat selo ni bro. trek turunnya dari puncak ke arah selo sudah ada petunjuknya kah? dan setelah puncak arah selo apa ada lagi tempat camp yg nyaman? cuma yg saya tau ga ada sumber air ya kalo trek selo. jd rencana sudah stok air sejak pos 2 wekas.

      Hapus
    5. setau sya tidak ada bro.. kecuali kalau minta tolong diantar warga sekitar..

      turun lewat selo lebih landai jalurya, paling OK ketika turun. jalur via selo ketika siang memang surganya sabana merbabu. camp di jalur selo bisa di sabana 2 atau sabana 1.

      iya betul, mata air cuma tedapat di jalur wekas, dan jalur kawah.

      Hapus
  6. Mas kalau naik Dari wekas jalan ke puncak sarif tringulasi kenteng songo sejalan ga..atau Ada percabangan jalur nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari wekas rute terbaiknya. ke puncak syarif dulu, lalu ke kenteng songo, lalu ke trianggulasi , lalu bisa ke puncak sabana barat.

      hanya puncak syarif yg bercabang, tp cm sebentar 20 menitan

      Hapus
  7. 3 aprill gue dr tangerang brgkat ke merbabu kalo bisa kita ketemuan di basecamp wekas ye bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bro.. basecamp grabupal wekas selalu ramae.. ramah untuk semua pendaki.

      mudah2 an besok hujan sudah reda,

      kalau hari2 sekarang kabar gunung diguyur hujan setiap hari.

      Hapus
    2. Kalo sekiranya minta di.jemput di stasiun semaranh poncol bisa atau tidak? Aku minta kontak kamu dong mas

      Hapus
    3. semarang - magelang jauh broo..
      kalau dari semarang ke Merbabu lebih deket via Salatiga gan.

      Hapus
  8. mas ian ada contact carter kendaraan dr st.poncol(semarang) - basecamp wekas? kisaran harga brp ya? mater nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf gan,, kalau semarang saya kurang tau e..

      Hapus
    2. oh oke makasi mas, ph iya kl dr selo mau ke jogja itu gimana cara nya ya? makasih banyak

      Hapus
    3. ituada 2 opsi.
      1. bisa lewat boyolali--klaten--jogya
      2. lewat blabak magelang -- lalu jogya

      Hapus
    4. maaf mas iyan bisa minta tolong perkiraan biaya dr selo ke jogja tidak mas?
      dr opsi yg mas kasih? terima kasih banyak sebelumnya

      Hapus
  9. met siang mas..
    tgl 2 april sy rencana ke merbabu. Bs mnt contact smpyn mas...
    Salam Lestari....
    rahmadistiawan@gmail.com

    BalasHapus
  10. Ka boleh minta kontaknya ? Insyaallah mau ke merbabu via wekas turun selo tanggal 26 maret ini . Hehe mau minta temenin juga kalau boleh :) soalnya baru pernah ka naik merbabu . Niatnya mau naik malam juga . Ini kontak aku ka 081252064573 makasih kaa. Salam lestari :_:

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baru pertama saya sarankan jangan naik malem. pagi atau siang saja naiknnya.
      lebih santai malah lebih aman,

      kalau yg naik weekend tidak ush khawatir ttg temen, pasti banyak banget yg mendaki.

      Hapus
  11. jadi kalau naik kereta lebih baik turun di stasiun apa kalo mau via wekas?makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Magelang tidak dilewati jalur kereta api gan..

      Hapus
    2. Mas ian punya conatct person mobil carteran dari stasiun semarang poncol ke basecamp selo ga?
      Dan dari stasiun semarang ke basecamp selo berapa jam yah mas?

      Hapus
    3. wah.. saya orang Magelang e gan.. kurang tau kalau Semarang

      Hapus
    4. mungkin bisa bantu untuk transport dr Semarang (Bandara-Stasiun)

      kontak saya 085725312868 (Whatsapp) / BBM 74be35cf

      Hapus
  12. mas iyan saya minta info transportasi dong dari stasiun solojebres ke wekas. sama biayanya juga, makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari Solo lebih deket ke jalur pendakian Selo gan.. dari solo sekitar 2 jam sampai basecamp selo. kalau ke wekas dari Solo muter gunung dulu

      Hapus
  13. Mas ian, kalau dari puncang kenteng songo, turun selo ke new selo buat lanjut ke merapi rata2 brp jam yah waktu tempuh?

    BalasHapus
  14. Mas ian, kalau dari puncang kenteng songo, turun selo ke new selo buat lanjut ke merapi rata2 brp jam yah waktu tempuh?

    BalasHapus
  15. Mas ian, kalau dari puncang kenteng songo, turun selo ke new selo buat lanjut ke merapi rata2 brp jam yah waktu tempuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenteng songo turun ke selo 7-9 jam. basecamp selo ke basecamp merapi 1,5-3 jam

      Hapus
    2. kalo dr basecamp selo ke lempuyangan brp jam ya om ? transport nya ribet gak ?

      Hapus
  16. Mas kalau untuk tgal 20 jalur wekas di buka ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pintunya gan.. selalu terbuka. haha

      Hapus
  17. Insyallah tgl 5-9april mau ke merbabu-merapi, lewat jalur wekas-selo dan selo (merapi). Buat yg mau gabung monggo hub ane (085715906549) kita bareng" nanjak start dr psr senen turun di semarang poncol.
    Oyaa utk mas ian mau tanya. Berhubung belum perna ke merbabu. Klo mau summit dr pos 2 terus gendong keril biar bisa liat sunrise perkiraan jalan jam berapa yaa ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap.. sukses bwt perjalanannya.

      pos 2 -- puncak sekitar 3-4 jam. berangkat jam 01.00 paling telat dari pos 2.

      Hapus
  18. mas, mau nanya,, saya insya Allah awal april mau ke merbabu via wekas, rencana kita mau naik bis dan turun di terminal magelang, nah dari magelang k basecamp nya kira2 gimana transportnya mas? naik apa ya? kira2 ongkosnya brp ya mas?

    makasih mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah kalau itu, dari terminal magelang naik bis jurusan salatiga. turun di gapura wekas

      Hapus
    2. oke mas, makasih buat jawabannya
      nice info (y)

      Hapus
    3. mas, untuk registrasinya ribet ga? butuh apa aja ya?

      Hapus
    4. Sangat Mudah.. kalau weekend cuma bayar 4000 tarif masuk di komunitas grabupal. Ada loketnya nanti disana

      kalau selain weekend gratis tinggal naik gunung..

      Hapus
  19. mas saya mau nanya dong ,, kalo dr jkt mau ke merbabu via wekas to selo ,, jangka waktu nya itu tgl 16 april pukul 23.30 dr st.pasr senen ,, untuk pulang nya tgl 19 april pukul 16.30 dr lempuyangan ,, keburu gak mas kira" waktu nya ???? maaf mas pemula jadi gak tau ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau jadwal2 secara perjalana jalan raya/transportasi..
      tapi kalau perjalanan jalan kaki di gunung saya tau.

      Hapus
  20. Mas ian kalau mau muncak dari wekas mendingan turun di stasiun mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stasiun kereta semarang atau jogya sama saja

      Hapus
    2. kalau dari SoloJebres bagaimana?

      Hapus
    3. dari solo lebih dekat via basecamp Selo

      Hapus
  21. kalau pingin summit dapet sunrice dari pos helipad bisa apa ndak? paling telat summit jam berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggung pos halipad, sunrise paling bagus dari puncak syarif.

      sumit paling telat. dari pos 2 skitar jam 1 malam.
      kalau kebut semalam dari basecamp ya jam 10-11 malam

      Hapus
    2. kalou ngecamp di pos helipad bisa gak?

      Hapus
    3. sangat bisa. banyak pilihan lokasi datar disana.

      Hapus
  22. Kalo misal mendaki lewat selo. Mulai tracking dari basecamp jam 5 sore. Enaknya target ndirikan tenda dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di Pos 3 bisa di sabana 1.

      Hapus
  23. Asalamualaikum salam kenal mas ian, kebetulan saya kamis malam besok mw ke merbabu via wekaa mas. Bisa minta kontaknya mas atau bbm nya. Kalo mas mau monggo mas ian dengan senang hati. Hehehe sekiranya ada waktu gitu mas ..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wslm.
      kmaren saya habis dari sana. jalur selo.
      cuaca masih belum stabil lho gan..

      Hapus
  24. Berikut mas no hp saya kiranya mas bs kirim pin ke no saya 082188889954

    BalasHapus
  25. Mas ian. Saya teddy. Rencana nanjak dr basecamp wekas tgl 9 april. Kalau berangkat jam 10 pagi. Kira2 bisa sampe puncak syarif untuk nge camp jam brp yah? Kira2 kondisi untuk bermalam di puncak syarif memungkinkan ga? Kalau boleh minta konteknya mas ian (081311646689 teddy) buat tanya2. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari jam 10 pagi langsung ke puncak syarif mungkin jam 5 sore sampai di puncak syarif.
      bisa saja nge camp puncak syarif, kalau tidak hujan dan badai.

      kondisi merbabu sekarang masih blm stabil e. kmaren saya habis dari sana semalaman hujan terus. berkabut

      Hapus
  26. Mas menyusuri tebing nya itu berapa km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket, tidak jauh.. ndak sampai 10 menit

      Hapus
  27. Kata nya status merbabu waspada mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak gan.. kemaren saya dari sana.

      Hapus
  28. Mas ian saya rencana tanggal 12 berangkat dari wekas, rencananya camp di helipad, paling lambat berangkat dari wekas jam berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekas basecamp sampai pos halipad skitar 5 jam perjalanan

      Hapus
  29. Untuk melengkapi logistik, lebih baik belanja dmn? Kira2 di wekas bisa belanja kayak telur, beras, air mineral?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekas ndak ada pasar, terdekat mungki kec ngablak

      Hapus
    2. Kalo minggu depan saya nanjak ga kenapa napa kan mass

      Hapus
  30. Pengen ikut nanjak mz brow salam dr saya Pendaki Gunung Gede Pangrango.. Jabar

    BalasHapus
  31. Mas ian, saya tgl 23-26 April naik merbabu via wekas turun selo. kira kira kalo saya turun dari puncak kentheng songo ke basecamp selo butuh berapa jam ya? kira-kira jam 12 siang ane paling telat turun ke selo dari puncak. Trus mas punya contact buat kendaraan dari basecamp selo ke stasiun semarang poncol nda ? Kalo punya saya boleh minta dan biasanya kisaran berapa harganya mas? terima kasih mas ian

    BalasHapus
    Balasan
    1. puncak kenteng songo ke basecamp jalur selo skitar 6 jam perjalanan

      Hapus
  32. Bang iyan.. Aku kn dari purworejo
    ... Rencana naik via wekas... Nha itu kn via wekas ad jalur yg lewati tebing apa g bahay? Bawa carrier gede?
    Saya naik 15-16 mei bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. tebing ondorante. hehe. itu hanya efek alay camera gan. kenyataannya tidak se bahaya yg di foto.
      mantap. bulan mei mungkin langit magelang sudah stabil.

      Hapus
  33. Bang ian, aku juga dari magelang mau k merbabu besok selasa :) cuma masih bingung lewat wekas apa selo.. minta saran dong bang enaknya lewat mana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak wekas broo..
      jalur selo TPR masuk nya mahaaal banget.
      jalur selo enaknya cm bwt turun

      Hapus
    2. Naik kan lewat wekas..motornya juga taruh wekas dong, terus turunnya lewat selo.. berarti ke wekasnya lagi naik angkutan?

      Hapus
    3. kalau transportasi perjalanan darat saya kurang tau e, taunya perjalanan gunung

      Hapus
  34. nro numpang nanya,, klo dr jogja pake kendaraan pribadi ( motor ) enaknya lewat jalur mana ya?? yang dapet adrenalinnya... thanx sebelumnya bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekas bro.. jalur selo TPR mbayarnya mahal bangett

      Hapus
  35. Bro kalo dari smg. Lewat wekas kejauha ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak gan. jalur wekas paling dekat menuju puncak

      Hapus
  36. Cari barengan buat ngedaki bareng via jalur wekas.. Ane dari jakarta tanggal 16 mei besok sampe magelang 17 mei. Salam lestari!
    Hub : 081219606042

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di hari yg sama ane naik gunung Ungaran gan. Nanti saling sapa dari atas langit. haha. salam go green

      Hapus
  37. salam go green mas :) mas Ian mohon infonya, kalo dari terminal magelang ke basecamp wekas ada mobil untuk dicarter ga?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya yg tau bus jurusan Magelang-salatiga, nanti turun di gapura wekas

      Hapus
  38. Mas ian mau nanya saya rencan mau naik ke merbabu via selo,dar bandung saya turun di stasiun purwosari,dari purwosari ke basecamp selo kira2 berapa jam mas? Terimakasih

    BalasHapus
  39. Mas ian mau tanya tempat bisa dijadin buat camo setelah pos 2 dimana ya mas? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di area deket pos persimpangan jalur thekelan, bisa di area pos halipad. banyak pilihan

      Hapus
  40. bang kalo carter dari boyolali via wekas kira kira berapa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari boyolali ke selo paling deket gan. sekitar 40 menit sampai.
      tapi kalau ke wekas ya sekitar 1,5 sampai 2 jam dari boyolali

      Hapus
  41. mas boleh minta contact yg bisa sewa pickup dari terminal tidar ke basecamp wekas ?

    BalasHapus
  42. wekas selalu buka.
    cp aan.085740540436.bbm.54f47cfe

    BalasHapus
  43. Minta infonya mas, kalau dari stasiun lempuyangan ke basecamp wekas transportasinya pake aja ya?

    BalasHapus
  44. Minta infonya mas, kalau dari stasiun lempuyangan ke basecamp wekas transportasinya pake aja ya?

    BalasHapus