Jumat, 27 Juli 2012

PERBEDAAN PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS


PERBEDAAN PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS



1.    Apa itu prime fokus dan offset fokus?

Prime fokus dan offset fokus dalam dunia Tv satelit istilah ini banyak digunakan. Kedua istilah ini sering dijumpai pada LNB dan Dish. Ada dish Prime fokus dan adapula LNB offset fokus. Prime fokus adalah posisi titik fokus yang terdapat pada titik pusat / dot center parabola, sedangkan offset fokus adalah titik fokus yang terletak pada bagian lain dari center parabola.

2.    Apa perbedaan dish prime fokus dan offset fokus?

Dish prime fokus biasa kita temui di sekitar kita. Antena parabola pada umunya mesh ataupun solid adalah jenis prime fokus.

 Dish Jenis Prime Fokus

Dish offset fokus adalah dish yang tempat penempatan LNB nya berada di samping. Kita bisa temui pada antena parabola diatas tempat ATM (parabola Visat), atau dish parabola Tv berlangganan.


 Contoh dish jenis offset

Dish Prime fokus dan offset fokus secara persamaan parabola sebenarnya sama saja. Pada offset fokus hanyalah memotong beberapa bagian dari full parabolic tanpa merubah posisi titik fokusnya, sehingga titik fokus seolah terlihat seperti di pinggir. Grafik parabola yang melalui titik A, B dan C yang disajikan pada gambar berikut adalah ilustrasinya. apabila bagian B - C dipotong, maka yang tersinya hanyalah bagia A - B saja. Jadi kelengkungan tersebut masih sesuai kelengkungan parabola, dan terlihat seperti titik fokusnya disamping.



dish offset fokus tipe 1


Namun adapula jenis offset fokus yang kedua, yaitu offset fokus tanpa mengurangi bagian dari parabolic itu sendiri. Hal ini sering digunakan untuk sistem multy LNB. Seperti pemasangan 2 LNB pada umumnya, satelit palapa diterima oleh LNB yang terletak pada prime fokus, sedangkan  telkom diterima oleh LNB yang offset.



Offset fokus tipe 2


 
3.    Apa perbedaan LNB prime fokus dan offset fokus?
Secara rangkaian elektronik jenis LNB prime fokus dan offset fokus adalah sama. Namun sering kita jumpai pada LNB KU band sering terdapat peruntukan dish nya apakan jenis prime fokus ataupun offset fokus. Perbedaannya hanya terletak pada Scalar ring LN itu sendiri. LNB prime fokus memiliki Scalar ring yang datar, namun pada offset fokus menggunakan scalar ring yang mengerucut atau yang sering disebut Conical scalar ring.

Scalar ring jenis prime fokus
 Scalar ring jenis offset fokus, (Conical Scalar ring)


4.    Apakah LNB Prime fokus dapat digunakan pada dish offset fokus?, dan apakah LNB offset fokus dapat digunakan pada dish prime fokus?

Bisa. Langkah yang harus dilakukan adalah menyesuaikan scalar ring nya sesuai dengan dish yang digunakan. Apabila ingin memodifikasi LNB offset fokus pada dish prime fokus, maka buatlah scalar ring yang datar. Apabila ingin memodifikasi LNB prime fokus pada dish offset, maka buatlah scalar ring yang mengerucut/ conical scalar ring.
Berikut adalah contoh penerapan LNB KU band jenis prime fokus pada dish offset.



Persentase Sinyal satelit NSS6 pun juga tidak kalah besar dibanding ketika menggunakan LNB offset merk hansen



5.    Mengapa pada posisi offset fokus kualitas sinyal lebih rendah daripada prime fokus?

Hal ini biasanya terjadi pada dish prime fokus yang dipasangkan LNB di samping.  sehingga penempatannya terlihat offset. Coba perhatikan gambar berikut:



Parabola yang melalui titik C - A - B menerima sinyal datang yang tidak sejajar dengan sumbu utama, kemudian membentuk titik fokus di f2. Dalam kondisi seperti ini hanya bagian A- B saja yang sinar datangnya dipantulkan menuju titik fokusnya, sedangkan bagian C- A tidak terpakai. Hal inilah yang menyebabkan pemasangan LNB offside pada dish prime fokus mengalami penurunan sinyal dibanding pososi prime fokusnya.

6.    Mengapa untuk tipe offset pada Indovision, telkomvision, aora, dan Tv berlangganan lainnya tetap memiliki sinyal yang besar padahal dish yang dipakai berukuran kecil



Jawabnya adalah frekuensi sinyal yang dipancarkan oleh satelit Tv berlangganan tersebut memang sudah besar. Selain itu penggunaan jenis dish serta jenis LNB yang digunakan memang sudah cocok peruntukannya.  Dish offset dan LNB yang jenis offside juga. Kecuali pada Telkomvision yang menggunakan conical scalar ring karena menggunakan LNB C band jenis prime fokus. 


SEMOGA BERMANFAAT



50 comments:

  1. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya, mas kalau dish prime fokus dipakaikan dekoder yestv apa bisa dan posisi dish apa harus dirubah? Terima kasih jawabannya.

    BalasHapus
  2. tidak perlu,, bisa gan.. langsung plug n play

    BalasHapus
  3. boss ada software/cakulator buat ngitung/nentuin fokus untuk dish offset ga .... ane butuh nich, ... thx banget , sowan lagi ntar

    BalasHapus
  4. saya mau nanya nich .... kalo Aora pake LNB type apa tuch...kalo mau dirubah supaya bisa nangkep satelit NSS mesti apa ja yg dibutuhkan..tank's

    BalasHapus
  5. aora LNB nya jenis KU band, bwt NSS tinggal geser dikit ke 95BT, aora itu di 93 kalau tdk salah

    BalasHapus
  6. gan mau nanya..
    saya punya parabola bekas aora komplit dengan LNB nya. yang saya tanyakan kalo saya pake receiver getmecom ethernet transformer bisa gak? ato harus ditambahin apa gitu biar kinerja parabola maksimal.

    terimakasih gan..

    BalasHapus
  7. receivernya sudah support biss key belum?
    tinggal arahkan aja ketimur dikit dari aora

    BalasHapus
  8. Gan mau nanya, aku punya parabola eks indovision daripada nggak kepake' ku otak atik dengan LNB matrik C/Ku Band dan recaivernya MHDE new, posisiku di jambi. bisa nggak ya gan dapet siaran dari thaicom/NSS6 dan gimana caranya. Mohon pencerahannya gan. Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. LNB C-KU nya jenis prime fokus atau offset, kalau jenis prime tidak bisa digunakan, harus menggunakan conical scalar.
      pakai LNB KU jenis offset di posisi jambi sangat mudah dapat NSS6 dan taicom

      Hapus
  9. Gan, untuk memekai dish indov, kalau pakai LNB merk TANAKA T-60 Ku-Band (jenis Offset) bisa hasilnya bagus gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk dipasang di dish Jenis ram LNB merk TANAKA T-60 Ku-Band (jenis Offset) bisa hasilnya bagus juga gak?

      Hapus
  10. gan ane punya dish solid 3 feet ex indovision,,
    bentuknya lonjong,, itu dish offset apa prime focus gan?offset kah?
    lalu ane harus beli LNB Ku-band yang offset juga?ada rekomendasi merek LNB tersebut yang bagus apa gan?thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu offset gaan,, cocoknya dg LNB KU jenis offset jg.
      Bnyk kok lnb ku ofset yg bgus, ad matrix, hansen, tanaka

      Hapus
    2. Bermanfaat banget gan, mantappp!!!, btw klo dish ex indov bulat / tidak lonjong itu prime ya? aku pnya dirumah tanpa tiang fokus/hilang, rencana mau dibikinin tiang fokus kaki 3 di jadiin prime/center bisa y gan.., klo liat dari komen2 yg lalu kata agan jarak titik fokus dish ex. indov/telvis sekiar 59-62 cm bener gx gan?

      Hapus
  11. Gan,mau tanya ane ada dish top tv bekas ga kepakai rencana mau ganti dengan telkomvision, apa aja yang harus dirubah selain ganti receivernya, terimakasih

    BalasHapus
  12. mas kalo reciver digital biasa bisa gak pake antena bekas yess tv? saya punya bekas yess tv tapi susah payah saya puter2 gak juga dapat. tetap aja yang dapat yang di sensor sedangkan free nihil (satelite telkom)

    BalasHapus
    Balasan
    1. antena bekas yes TV bisa cocoknya selain untuk telkom, bisa ke NSS6, tapi sayang sekali sekarang NSS6 sudah diperkecil beamnya.
      namun untuk daerah sumatra bagian utara masih bisa digunakan untuk thaicom 5.

      Hapus
  13. 1. kalau videoconn (paytv india) ada di satelit mana ya ?
    2. apakah dish bekas Yes TV bisa di pakai untu menangkap Channel C bandi di palapa D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalau yang pertama ane kurang begitu tau e..
      coba mungkin bisa ditanyaken ke forum2 Tv satelit..

      kalau yang kedua: dish YES TV ngak bisa bwt nangkep all channel di C band palapa... dish 6 feet aja perjuangan untuk SCTV

      Hapus
  14. Bermanfaat banget gan, mantappp!!!, btw klo dish ex indov bulat / tidak lonjong itu prime ya? aku pnya dirumah tanpa tiang fokus/hilang, rencana mau dibikinin tiang fokus kaki 3 di jadiin prime/center bisa y gan.., klo liat dari komen2 yg lalu kata agan jarak titik fokus dish ex. indov/telvis sekiar 59-62 cm bener gx gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp,, betul sekali,
      ngikut panjang tiang aslinya aja gan..

      Hapus
  15. gan,saya mau tanya apa bisa dish mesh 9 feet dkasih lnb ku-band yg prime fokus,n satelit apa aja gan yang bisa nerima ??? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya gan,saya daerah surabaya jawa timur.

      Hapus
    2. wah kalau mesh masih harus butuh perjuangan gan...

      Hapus
    3. berarti ga bisa ya gan, yahhh .makasih gan udah jawab.

      Hapus
  16. dish solid 3 feet ex indovision,,Pake LNB KU-BAND .,NSS6 ,SES8,mantap langsung cling ,,,100 ch

    BalasHapus
  17. aku beli rx x8hd trus ku sambung dengan disk aora + ku band-nya aora. konek ke nss6 pas baru pasang dicoba lagi susah. iseng iseng ku cari posisi satelit measat yang dipakai aora malah ketemu. padahal gua cerainya sama aora gara-gara siaran aora sering pergi dan terakhir kucari nggak ketemu. ya sudah sama orang aora malah disaranin untuk cerai dengan alasan tidak ada yang bisa mendamaikan kebodohanku dengan aora hehehe, tolong para suhu ajari aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. ?????... ini curhat atau tanya gan?


      #aku_kudu_jawab_pie?

      Hapus
  18. Dish 3 feet solid offset focus eks TopTV (S Band) mau dipake buat FTA apa aja yang mesti diganti? Apa harus ganti juga LNBnya atau bisa pake LNB bawaannya aja cuma ganti Satellite Receivernya? Mohon saranya mas. Maaf saya newbie banget urusan yang ginian ... makasih

    BalasHapus
  19. kalau bwt newbie jng nyoba pake dish kecil gan,, itu butuh teknik yg lebih lanjut soalnya, bahkan mekanik /montir pun jarang ada yg mau ngelayanin modifikasi beginian..

    kalau bwt langkah awal belajar TV satelit parabola alangkah baiknya dimulai dari dish standar 8feet untuk palapa & telkom dulu..

    gabung grub forum2 satelit gan, disana banyak ilmu2 yg bisa didapat..

    BalasHapus
  20. Sungguh bermanfaat.. Trim's..

    BalasHapus
  21. ternyata parabola jaring dipasaran focusnya bny yg gak pas setelah kurubah sesuai rumus SCTV dpt 75%

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang , khususnya pada dish yang abal2 memang terkadang kurang pas..

      kalau dish jaring yang asli dari venus atau paragon itu pas fokusnya..

      Hapus
  22. hallo mas,
    gabung yah..
    aku ibenk dari balikpapan kaltim.

    aku punya dish eks indovision + lnb KU band offside MATRIX + RX SKY metabox jadul.
    aku coba lock cuma dapet NSS6 , dapet 1 chanel sinyal 78%.
    untuk dapet chanel lainya gimana ya mas?
    apa harus ganti RX yg suport mpeg4, (rekomendasi merk apa yg murahmeriah)
    cara gabungin 5 lnb diseqc juga bingung mas, soalnya aku dah pake 4 lnb di dish 6 feet solid untuk cband.

    makasih atas tanggapanya mas.
    moga makin maju blog nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , harus pake receiver jaman sekarang,
      HD yang murah ada matrix turbo III , cm 300ribu, klo yang bagus ada matrix HD ethernet, 450ribuan.

      kalau sdh dapet 78% lalu tinggal scan otomatis saja nanti akan banyak dapat channel.

      cara gabungin 5 LNB, = pake kombinasi dengan 22K , nanti bisa muat sampai 8 LNB

      Hapus
  23. gan saya ada disk ex telkomvision dengan lnb cband lengkap dan saya pake reseiver venus juke-hd sudah saya puter puter kok yang dapat cuma tvri papua ya gan minta petunjuknya kalau ada yang perlu di modifikasi tank ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bagus itu kalau pake dish kecil bs lock TVRI papua..

      , kalau C band hanya beberapa channel yg sinyalnya besar sperti tvone, global, atau channel2 sinyal gede di sat lain, dan hanya sedikit.

      Klo temen2 forsat biasanya modif dish kecil sekarang pakae LNB KU band untuk lock satelit ST2 KU,, bwt sumatra bisa SES8 KU atau thaicom KU

      Hapus
  24. Kalau pakai resiver bigtv bisa ga gan? Buat traking nss 6?

    BalasHapus
  25. bisa di pantau di www.lyngsat.com

    jika ada satelit dengan posisi yang sama maka bisa sekaligus tanpa perlu geser arah disk

    BalasHapus
  26. Gan....sy py dish jaring 10 feet jaman doeloe...masih bisa digunakan ga gan???n gmn dgn lnbx jg???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu bisa.
      tinggal dipakae saja, panggil montir tukang antena parabola terdekat untuk mengaktifkan instalasi

      Hapus
  27. Kalau pemasangan lnbf c band di dish offset ex telvis dimodif dipasang diposisi tengah dish (posisi prime focus) apakah tangkapan sinyalnya akan lebih besar atau sama saja master? Mengingat ukuran dish masih sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah kita mencoba.

      not recomended. sinyal nya lemah. atau hanya channel sinyal kuat saja yang masuk.
      itupun butuh bantuan conical skalar ring

      Hapus
  28. http://hendrajana.blogspot.co.id/2008/12/panduan-instalasi-parabola-offset-1.html?m=1

    BalasHapus
  29. halo...apa receiver dapet sinyal sebelum seting transponder...sy pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus input TP dahulu, atau jika posisi sudah fix benar bisa dilakukan scan otomatis

      Hapus