Minggu, 04 Desember 2016

CARA MEMBUAT MOBIL LISTRIK SEDERHANA

CARA MEMBUAT MOBIL LISTRIK SEDERHANA

UNTUK KOMPETISI BALAP / WAHANA

Belakangan ini banyak sekali kalangan EV lover yang ingin merakit mobil listrik sendiri. Seiring dengan gencarnya kompetisi-kompetisi balapan mobil listrik. Masalah yang sering kerap kali muncul adalah sebuah kebingungan yang dialami oleh pemula. Terkadang bingung untuk menetukan langkah awal pembuatan bagaimana dan bingung dalam menentukan daya motor yang digunakan. Maka dari latar belakang inilah electricisart-bogipower.com akan merilis tuturial sederhana cara membuat mobil listrik sederhana untuk keperluan kompetisi, keperluan wahana, atau sekerdar hobi saja.



Secara umum dalam membuat mobil listrik rakitan terdapat 4 hal langkah-langkah yang harus diperhatikan. Antara lain:

1.    Pemilihan model kerangka.

2.    Penentuan sistem suspensi.

3.    Jenis motor penggerak dan daya motor.


Namun apabila hanya melakukan konversi (memindah) tentunya hanya aspek nomer 3 saja yang perlu diperhatikan. Sistem konversi ini biasanya efektif dilakukan pada mobi listrik wahana/ untuk penyewaan di tempat2 wisata. Body dan chasis mobil listrik ini biasanya sudah dijual jadi, di Yogyakarta bisa ditemui di Jl ring road utara, atau di area alun-alun kidul yogyakarta.
           

  1. TEKNIK PEMBUATAN CHASIS

Teknik pembuatan chasis ini lebih spesifik membahas tentang mobil listrik ala kompetisi/balap. Rata2 model mobil listrik adalah satu penumpang dan memiliki bobot 100-200Kg. Bahan paling cocok untuk kerangka ini adalah besi hitem/ aluminium model bulat. Perbanyak sistem roll akan justru menambah kekuatan chasis dasar mobil listrik. Urutan langkah pembuatan secara umum adalah sebagai berikut:


a.    Menentukan dimensi kursi penumpang (kursi harus sudah ada terlebih dahulu.
b.    Menentukan jarak antara kursi driver dengan pijakan pedal gas dan  pedal rem
c.    Menentukan jarak tempat duduk dengan posisi roda kemudi
d.    Menentukan posisi roda depan, dan roda belakang
e.    Menentukan letak dan posisi dudukan baterai dan ruang kelistrikan
f.     Jika semua poin sudah ditentukan maka desain dapat dibuat pada autoCAD 3D , inventor, atau sofware lainnya.
g.    Setelah software selesai, maka pengerjaan dapat segera dilakukan.

  1. CARA PEMBUATAN SISTEM KEMUDI REM DAN SUSPENSI

Proses ini adalah tahap setelah chasis sudah dikerjakan, jangan bersamaan dengan membuat chasis. Karena pada dasarnya sistem kemudi rem dan suspensi dapat terspisah dari casis utama. Boleh bersamaan jika sudah berpengalaman membuat mobil listrik sederhana.


a.    Sistem kemudi

Sitem kemudi mobil listrik ala kompetisi paling cocok adalah menggunakan rack and pinion. Komponen yang digunakan dari steering colom, tie rod, tie rod and, dan seluruh kelengkapannya alangkah baiknya menggunakan komponen mobil city car.



b.    Sistem rem

Sistem rem paling mudah adalah disk brake yang biasa digunakan pada sepeda motor. Dengan menggunakan mater rem mobil, lalu pada master tersebut disalurkan ke setiap rem cakram pada roda.
sistem rem cakram

c.    Sistem suspensi

Suspensi roda depan pada mobi listrik kompetisi paling cocok adalah double wisbone. Sedangkan suspensi roda belakang dapat bervariasi. Bisa menggunakan Swing arm, double wisbone, dan suspensi casis terpisah.

Ø  Double wisbone.

Sistem ini adalah yang paling bagus, namun diperlukan perhitungan yang tepat serta biaya yang mahal. Pada sistem dobel wisbone akan membutuhkan komponen ball join yang sangat banyak. Sistem ini cocok menggunakan motor BLDC hub jenis single shaft
contoh dobel wisbone roda belakang

contoh pada roda depan


Ø  Swing arm.

Sistem ini termasuk paling mudah digunakan, karena hanya mencontoh swing arm pada sepeda motor. Namun perlu diketahui swing arm tidak dirancang untuk beban samping, maka dari itu perlu suatu inovasi X kontruksion dan stabilizer. Sistem ini cocok menggunakan motor Hub BLDC dengan jenis doubel shaft

Ø  Suspensi casis terpisah.

Sistem ini adalah sistem yang tergolong mudah juga. Sistem ini meletakkan motor penggerak, transmisi sampai poros ke roda pada satu kesatuan, dan suspensi diletakkan pada engsel ruang transmisi dengan casis utama.


  1. CARA MENENTUKAN DAYA PENGGERAK

Motor pengegerak adalah faktor utama dalam mobi listrik. Cara mudahmenetukannya adalah dengan menentukan kecepatan yang diinginkan. Berikut adalah tabel perbandingan daya motor dengan kecepatan laju. Pada bobot 100Kg.
Untuk kecepatan 40-50km/jam kita dapat gunakan motor BLDC 500W. Untuk kecepatan 55-60km/jam kita dapat gunakan motor BLDC 1KW atau 2KW. Untuk kecepatan 65-75km/jam bisa kita gunakan motor BLDC 3KW.

Sedangkan  mengenai bobot dapat kita gunakan rumus 100Kg/motor: untuk 1 Motor BLDC menopang 100Kg beban. Apabila bobot diatas 200Kg, maka dapat dilakukan dengan menambah jumlah motornya.

Lebih detail mengenaik berapa harga kisaran motor penggerak. Bisa dilihat disini:
MENENTUKAN DINAMO PENGGERAK MOBIL LISTRIK

Motor Penggerak

SEMOGA BERMANFAAT

LAYANAN TERKAIT:



17 comments:

  1. Gan..kalau beli Motor penggeraknya di mana? saya pingin banget bisa bikin Mobil listrik sendiri. nantinya Mobil listrik buatanku ini mau saya padukan dengan IT.... http://hobyfauzi.tk

    BalasHapus
  2. saya ingin membuat mobil listrik untuk anak, tapi saya belum mengerti cara membangunnya, apa saja yg dibutuhkan selain motor penggerak & bagaimana skema alur mekanisme dari distem kerja mesin2nya, apakah bisa dkirim sketsanya ke email saya zam.hour@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum ada barangnya memang sulit membayangkan.

      tapi kalau sudah ada bahan motor, kontroller, gas, dan komponen2 nya. akan mudah sekali dalam merakit.

      noted: sebelum membuat casis alangkah baiknya sudah punya motor kist listriknya nya dulu. supaya casis dapat menyesuaikan dudukannya

      Hapus
  3. sangat bermanfaat .... terima kasih banyak atas ilmunya.... teruslah berkarya dengan inovasi baru

    BalasHapus
  4. gan, untuk pemilihan jenis baterainya, bagusnya pake apa ya gan utk seukuran BLDC 1000W. saran dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai itu ibarat tangki bahan bakarnya. jadi meininjau dari rencana aplikasi perjalanan seberapa jauh. kalau deket2 pakai 20Ah bisa, kalau agak jauh ya 40Ah. kalau hanya untuk display pameran saja pakai 12Ah bisa.

      selengkapnya tips memilih baterai ada disini:
      http://www.electricisart-bogipower.com/2018/03/memilih-baterai-untuk-sepeda-listrik.html

      Hapus
    2. Maaf nama sya rio klo bisa pake panel surya
      Aku nanti pake panel surya

      Hapus
  5. Mas, klau 2 motor 1 kontroler bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan klik di kolom central admin, dan bisa menghubungi contact media sosial disana

      Hapus
  6. kalau kita mau merancang mobil listrik swincar ,itu perbedaan suspensi mobil listrik yang ini sama swincar itu dimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda, artikel ini adalah artikel tahun 2015 . sedangkan Swincar adalah teknologi terbaru yang lebih canggih.

      Hapus
  7. dalam membuat mobil listrik ini, baterai atau motor nya yang lebih di dahulukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. urutannya adalah menentukan ini;
      1. menentukan rencana aplikasi kegunaan.
      2. menentukan motor
      3. menentukan kontroller
      4. menentukan aksesoris pelengkap
      5. menentukan baterai
      6. menentukan charger

      Hapus