Minggu, 20 Maret 2016

CATATAN RINGAN EBIKER


CATATAN RINGAN EBIKER




1.     watt = volt x ampere
 

2.    kawat lilitan dalam motor memiliki maximum ampere, melebihi kemampuan maka panas atau putus/kebakar
 



3.    speed berelasi dgn voltage, semakin tinggi voltage kecepatan putar meningkat (RPM)
 4.    torque (daya putar) berelasi dengan ampere, semakin tinggi ampere semakin kuat daya putar
 5.    setiap dinamo/motor punya maximum torque, dan stall time dalam hitungan detik, bila stall torque melebihi maksimum, maka kawat lilitan akan rusak/terbakar/putus
 






6.    stall adalah keadaan dimana arus masuk ke motor tetapi motor tidak bergerak. stall inilah yg biasanya dijadikan acuan maximum ampere yg sanggup diterima oleh motor
 


7.    meningkatkan voltase pada motor tidak berarti mengurangi ampere yg masuk, justru menambah, karena itu pembuatan/pabrik motor/dinamo merasa lebih nyaman dengan satuan watt, sehingga apabila dikomplain customer yg suka ngemodif, pabrikan akan aman, customer yg menyalahi spek motor/dinamo.
 


8.    pada motor DC (magnet permanen), bila dimodif jgn hanya inputan voltage/ampere yg dihitung, kekuatan magnet harus jd pertimbangan.
 


9.    pada speed controller biasanya ada current limiter, artinya ampere yg keluar dari controller ke motor dibatasi, demikian pula BMS pada batere,
jadi sebenarnya bisa jadi kombinasi motor dan controller anda tidak mengeluarkan semua kemampuan potential dari si motor/dinamo.
jadi sebenarnya bisa jadi kombinasi motor dan controller anda tidak mengeluarkan semua kemampuan potential dari si motor/dinamo.


sensing current



 10. menambah voltase batere, berarti potential menambah watt yg masuk ke motor, controller harus dilihat kemampuannya, bila lebih kecil dari potential maka sia2.
 


perhatikan kemampuan mosfet jika ingin overvoltage

            Sumber: Papinya Michelle‎ , KOSMIK 17 Maret 2016

0 comments:

Poskan Komentar