Senin, 14 Agustus 2017

CARA MEMBUAT MOTOR BLDC BERJALAN MUNDUR


CARA MEMBUAT MOTOR BLDC BERJALAN MUNDUR

            Dalam kendaraan roda 4 mampu berjalan mundur adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting. Ketika dalam posisi parkir sebuah kendaraan harus mampu berjalan maju dan mundur untuk menjadikan mobil menempati posisi yang ideal. Di tahun 2013 ini sudah banyak tim-tim mobil listrik yang sudah dapat mengaplikasikan sistem berjalan mundur pada motor BLDC.

            Secara prinsip dasar membuat motor BLDC berjalan mundur sangat mudah sekali, cukup membalikkan polaritas kutubnya. Namun dalam aplikasinya masih banyak juga yang belum paham dan masih banyak juga EV lover yang mengandalkan mengacak kabel 3 phase motor untuk menghasilkan putaran mundur. Maka dari itulah electricisart-bogipower.com meriliskan cara kerja motor BLDC supaya dapat berjalan mundur.
            Berawal dari sejarah Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Di tahun 2009 hanya mobil De Black engine dari Universitas Jember yang mampu membuat dinamo berjalan mundur, dikala itu motor yang digunakan adalah AC induksi 3 phase. KMLI tahun 2010 mobil Bogi Power CAR dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dapat berjalan mundur, waktu itu teknologi yang digunakan UNY untuk membalikkan putaran adalah: mengunakan kontroller dari sunrace untuk memutar motor BLDC trekko, menggunakan kontroller yang lintas merk memang bisa membuat motor berjalan mundur. Di bulan Januari tahun 2011 tim mobil listrik UNY memulai riset dan menghasilkan sistem sederhana membalik putaran motor yaitu menggunakan IC not 74LS04 lalu teknologi tersebut mulai di Share di Dunia pecinta kendaraan listrik Indonesia. Di KMLI 2011 sudah mulai banyak tim mobil listrik dari seluruh Indonesia yang mampu menjalankan mundur motor BLDC nya.
            Berikut adalah cara kerja dan bagaimana motor BLDC dapat berjalan mundur.


Tabel diatas adalah tabel logika BLDC agar dapat berputar, data di tabel tersebut diambil langsung dari Motor BLDC jenis hub motor 23 poles pair. Jika yang biasanya mengenal BLDC pada sepeda listrik di Indonesia U, V, W dapat diartikan dengan kabel Kuning, Hijau, dan Biru.
Dari tabel diatas apabila ingin membuat mundur adalah, merubah kutub polaritas pada 3 phase motor, yang semula + diubah menjadi -, yang – diubah menjadi +, dan yang 0 tetap menjadi 0. Cara termudah adalah menggunakan relay pembalik polaritas pada 3 phase motor (misal pola 1 diubah menjadi (-   +   0) pola 2 menjadi (-  0  +) dan seterusnya ), namun dibutuhkan relay dengan ketahanan tinggi dan kecepatan tinggi untuk membalik putarannya. Namun jika kita cermati lagi dari pola 1 pada 3 phase motor, invers (kebalikan) nya adalah pola no 4. Pola no 2 adalah kebalikan no 5, dan seterusnya. Sehingga dapat dibuatkan tabel logika sebagai berikut:

pada kolom pola, bisa kita ketahui

Maka dari itu, dari pola invers tersebut dapat dicari logika hall sensornya bagimana cara menghasilkan output dari 3 phase motor yang berjalan mundur. Disini kita akan memanipulasi input dari hall sensornya.


Lalu dari sinyal hall yang dibutuhkan kita bandingkan dengan sinyal hall yang sebelumnya (ketika motor maju)

Nah, dalam tabel hall sensor diatas dapat terlihat jelas, jika kita cermati pada tabel hall sensor yang dibutuhan untuk berjalan mundur memiliki kebalikan nilai hall sensor yang semula.


Jadi maka dari itulah asal muasal mengapa IC not 74LS04 dapat membalik putaran motor BLDC.
Berikut adalah bagaimana cara instalasi pada kaki IC 74LS04.






Dan hasilnya...

Tambahan :
Cara yang salah membalik putaran motor.
1.    Menukar kabel U, V, W pada 3 phase motor
2.    Menukar kabel U, V, W pada hall sensor.

Lalu cara yang benar seperti apa?.
Menggunakan kontroller yang support fitur maju-mundur adalah yang paling terbaik. 




22 comments:

  1. begitu ya cara kerjanya,
    rumit juga jika tidak mengenal tentang mesin :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rumit hanya prisip dasar teorinya aja kok gan, kalau sudah aplikasi malah mudah.

      Hapus
  2. mau nanya gan,untuk merobah polaritas yg di maksud dgn kabel Kuning,hijau,biru....yang mana gan yang ukuran besar (pada soket 3kabel) apa yang ukuran kecil (pada soket 4 kabel) dan saya kurang paham prakteknya yang sesuai dengan tabel diatas

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya, Kalau di bagian throtle handle sudah ada 2 tombol yaitu tombol untuk pengatur kecepatan dan tombol untuk maju dan mundur. apa itu masih perlu dibuat pakai IC Gerbang NOT untuk membalikan Arah putaran??? terus kalau misalnya dibagian controlernya cuma tersedia 1 paket kabel untuk throtle handle berarti untuk menyambungkan throtle handle ( punya 2 kabel keluaran) dengan controlernya berarti butuh disambung T atau gimana mas?

    BalasHapus
  4. kalau fitur kontroller sudah ada sistem mundurnya berarti ngak perlu pakai IC not lagi.
    beberapa kontroller memang sudah ada fitur mundurnya

    iya pakai T cabang bisa, cukup kabel balikan trotle saja yang dicabang, 5V dan GDN tidak perlu dicabang

    BalasHapus
  5. alhamdulillah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. terimakasih atas info sodara sangat bermanfaat sekali bagi saya,, tq good job

    BalasHapus
  7. mau nanya mas cara mundurnya bisa pakai saklar atau harus dua throttle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup 1 trotle bro.

      dan pemindahnya berupa saklar dan relay 3 lidah. (pakae 4 lidah)

      Hapus
    2. Maaf mas saya masih kurang paham merakitnya, relaynya disambung ke mana dan saklarnya ke mana, maklum saya belum terlalu paham elektronika, masih belajar. makasih mas jawabannya

      Hapus
    3. silahkan gabung grub FB ini. tanyakan disana nanti saya dan teman2 jawab.

      https://www.facebook.com/groups/kosmik.indonesia/

      Hapus
  8. Gan bisa minta skema lengkapnya nggak?,

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih detail silahkan diskusikan disini mas

      https://www.facebook.com/groups/kosmik.indonesia/

      Hapus
  9. gan maaf untuk membaca polanya itu gimana ? apakah kita cukup mengambil pola yg ke satu aja untuk bisa mundur misal : u:1 v:0 w:0 jadi u:0 v:1 w:1 .. itu apakah sudah bisa mundur gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus semuanya , tidak boleh kalau hanya 1 pola saja.

      Hapus
  10. Selamat pagi salam 1 strum,,, mau tanya,,, speda listrik sy mnggunakan hub qs 2000w WP, 72v 26ah,,, controller LX120100 60-120v 70a-80a-100a,,,, yang jadi persoalan kenapa controller cepat panas,,, apa karena btrai yg sy gunakan hanya 72v,,, apakah berpengaruh jika saya menambah batrei agar kontrollernya tdk panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab kontroller cepat panas adalah daya tahan kontroller kurang tahan dengan amper besar.

      solusi hemat = jangan terlalu sering akselerasi mendadak agar amper tetep kecil.

      solusi mahal = ganti kontroller yang tahan amper besar.

      Hapus
  11. selamat siang minta ijin tanya. Bagaimana cara menggabungkan 2 hub motor bldc untuk kendaraan 3 roda, apa harus pakai 2 controller juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup pakai 2 kontroller.
      handle gas cukup 1, cabang pararel. mudah sekali

      Hapus