Kamis, 24 Mei 2018

MOTOR LISTRIK 350W HI TORSI DALAM APLIKASI PENERAPANNYA

MOTOR LISTRIK 350W HI TORSI DALAM APLIKASI PENERAPANNYA


            Motor 350W jenis hub motor adalah motor yang paling ideal banyak disukai oleh perakit modifikasi kendaraan listrik. Motor 350W hi torsi adalah motor 350W yang memiliki dimensi lebih besar daripada motor 350W ebike atau 350W yang biasa (non hi torsi). Keunggulan motor 350W adalah memiliki pole pair yang banyak sehingga mampu menghasilkan torsi yang tinggi. Memiliki dimensi luas penampang magnetic yang luas sehingga area electromagnetig lebih kuat, serta ketahanan terhadap panas lebih bagus. Maka tak heran jika motor 350W jenis hi torsi mampu diberikan kontroller overwatt hingga 1000W 40A. Selain itu harga motor 350W cukup hemat sekitar 1.8jt an , atau komplit dengan kontroller dan handle gas sekitar 2.2jt an.



kiri = motor 350W hi torsi, kanan 350W ebike.

            Nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas, cocok untuk aplikasi apa saja ini motor 350W hi torsi?. Mari kita simak contoh-contoh karya kreativ hasil rakitan user kreatif dari bogipower electric.

     1.    SEPEDA MOTOR LISTRIK

Sangat cocok dan sangat sesuai itulah ungkapan jika motor ini dipasangkan ke sepeda motor listrik, karena memang secara aplikasi motor ini didesain oleh pabrik XS motor untuk digunakan ke sepada motor listrik kelas ringan. Bobot ideal kendaraan adalah 90-150 kg, dengan kecepatan laju 35-40 km/jam. Banyak beberapa inovator menggunakan dinamo ini untuk sepeda motor bensin dan lalu dikonversi menjadi listrik. Motor ini memiliki 36 lubang jari -jari ruji. Jadi cukup ideal jika masuk ke velg 14 inchi / 18 inchi sepeda atau 17 inchi sepeda motor.
motor 350W hi torsi yang dirakit ke velg

Sepeda motor bensin yang dikonversi menjadi listrik


  

     2.    SEPEDA LISTRIK

Jika di bentuk sepeda motor saja kuat, maka di bentuk sepeda kayuh tentu lebih kuat. Ya motor dinamo 350W hi torsi cocok untuk dipasangkan ke bentuk sepeda MTB listrik. Pada umumnya user kreatifi perakit memasangkan ke bentuk sepeda downhill. Karena dinamo ini memiliki bobot 7kg maka kurang efektif jika dipasangkan di sepeda ringan macam road race. Dinamo ini cukup cocok untuk dipasangkan ke velg ukuran 20 inchi, 24inchi dan 26 inchi. Keunggulan dinamo ini adalah terdapat dudukan ulir gir sehingga masih dapat dipasangkan gir model sepeda pada umumnya. Jadi sepeda akan menjadi listrik bisa, kayuh kaki pun tetap bisa.

Sepeda Mode Downhill dengan motor 350W hi torsi


     3.    MOBIL KMHE KELAS PROTO

Hampir sebagian besar finalis Kompetisi Mobil hemat enegy Indonesia, atau KMHE kelas proto listrik menggunakan motor 350W hi torsi dan 1000W ebike. Beberapa tim yang menggunakan 350W hi torsi pun pernah meraih kemenangan juara di kelas ini. Secara umum motor 350W hi torsi jika dipasangkan ke mobil proto KMHE adalah dimodifikasi menjadi mid drive. Yaitu motor ditaruh di tengah lalu transfer daya menggunakan transmisi gir dan rantai.

Mobil hemat energy, KMHE kelas Proto


    4.    MINI GOKART LISTRIK

Mini gokart listrik mainan anak-anak pada umumnya menggunakan motor brushed DC. Namun tidak ada salahnya jika menggunakan BLDC 350W hi torsi. Secara efisiensi baterai tentu lebih irit hemat energy dan power torsi lebih kuat. Mengenaik cara pemasangan motor adalah ditaruh di tengah lalu dibuat mid drive. Lalu ditransfer ke as kedua roda belakang Supaya cukup 1 motor namun bisa menggerakkan 2 roda kiri dan kanan.

Mini Gokart listrik


    5.    MOBIL KMHE KELAS URBAN

Mobil KMHE kelas urban adalah mobil roda 4 yang berkonsep mobil miniatur, dan harus full body. Finalis KMHE kelas urban listrik pada umumnya menggunakan motor 350W hi torsi sebanyak 2 motor. Motor dipasangkan secara on wheel di masing masing roda belakang. Secara konsep sebenarnya mobil KMHE kelas urban hampir sama dengan mobil wahana listrik yang biasa disewakan di tempat wisata.

Mobil KMHE kelas Urban


    6.    MOBIL WAHANA WISATA/ mobil kereta hias

Kali ini adalah kelanjutan dari poin sebelumnya yang masih berkonsep Kendaraan roda 4. Mobil wahana wisata atau lebih dikenal dengan nama odong-odong. Secara ideal pemasangan mudah adalah on wheel sebanyak 2 buah dan langung menyatu ke velg roda. Namun banyak juga inovator yang memasangkannya secara mid drive. Transmisi gir dan rantai bisa disetel ke arah redusi dengan tujuan meningkatkan torsinya.

Mobil wahana wisata alun2 kidul yogyakarta.


Kelebiham motor 350W hi torsi untuk mobil wahana wisata / odong-odong adalah bisa dilakukan modifikasi combine dengan kayuhan kaki. Persis seperti pada skema sepeda listrik di poin no 2 diatas.  Jadi mobil wahana masih bisa dikayuh. Dikayuh Ok, dikayuh + listrik pun juga bisa.


    7.    BECAK LISTRIK

Becak listrik sejatinya hampir sama dengan sepeda listrik, hanya saja becak memiliki roda 3 dan dirancang untuk membawa penumpang. Sehingga untuk becak listrik direkomendasikan kontroller minimal menggunakan 500W. Banyak program SMK , kampus dan beberapa pemkot yang berhasil mengambangkan becak listrik dengan motor 350W hi torsi ini.  Salah satu pionir yang terkenal adalah becak listrik SMK PIRI YOGYAKARTA. Dengan motor hub ini cirikhas becak akan tetap terlihat becak, tanpa terlihat banyak perubahan.


Becak Listrik.


Secara prinsip untuk becak motor 350W hi torsi adalah untuk membantu memperingankan tenaga kayuhan kaki, bukan untuk penggerak utama becak seperti bentor. Karena secara keamanan dan regulasi, becak hanya ideal kecepatan maks 20-25km/jam
SMK Piri Yogyakarta, pionir program becak listrik.


    8.    GEROBAK / WARUNG KELILING LISTRIK

Aplikasi lain yang umumnya menggunakan motor 350W hi torsi adalah gerobak listrik keliling yang digunakan untuk jualan keliling. Di sebuah kota yang sering ada event tentu dapat berjualan dengan berpindah pindah lokasi secara ringan dan cepat adalah terobosan yang kreatif. Tanpa perlu bayar sewa tempat, tanpa perlu khawatir apabila kena usir satpol PP.   Becak kopi listrik keliling adalah salah satu inovasi dari user yang telah memanfaatkan. Prinsip kerja dinamo pada kendaraan ini secara umum mirip dengan becak listrik. Hanya berguna untuk memperingan tenaga gowes kaki. Tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Karena gerobak becak kecepatan tinggi tentu cukup berbahaya.


Becak kopi gedor Malioboro , Yogyakarta.


SEMOGA BERMAFAAT.


0 comments:

Posting Komentar