Selasa, 30 Januari 2018

MANFAAT NYATA MEMILIKI SEPEDA MOTOR LISTRIK DIBANDINGKAN DENGAN SEPEDA MOTOR BENSIN

MANFAAT NYATA MEMILIKI SEPEDA MOTOR LISTRIK

DIBANDINGKAN DENGAN SEPEDA MOTOR BENSIN


       Halo. Salam go green. Pada artikel sebelumnya sudah kita jelaskan bahwa kendaraan listrik tidak bisa dibandingkan apple to apple dengan motor bensin, karena memang bisa dikatakan adalah spesies kendaraan yang berbeda ranah. Namun karena banyaknya permintaan terkait hal ini, maka tim artikel electricisart-bogipower.com akan merilis tentang manfaat nyata memiliki sepeda motor listrik dibandingkan sepeda motor bensin.



       Jika kita mengatakan manfaat motor listrik adalah ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi, tanpa suara bising, biaya per km per Kwh murah, dll. Itu adalah pengetahuan yang klasik, sudah banyak artikel-artikel di website lain membahas. Dalam kesempatan kali ini kita akan lebih membahas secara realita fakta yang ada di lapangan. Berdasarkan dari data-data testimoni dari tim survey komunitas motor listrik KOSMIK Indonesia. Berikut manfaat nyatanya:

1.    Sebagai media informasi berjalan

Maksudnya bagaimana ini?. Pada jaman sekarang ini kendaraan listrik masih asing di mata masyarakat umum Indonesia. Jadi ketika kita menggunakan sepeda motor listrik ataupun sepeda listrik pasti akan menjadi pusat perhatian. Misal ketika kita parkir, lalu kita jadi pusat perhatian pasti akan banyak yang bertanya tanya. Misal dari pertanyaan dasar "chargingnya berapa lama?, bisa berapa km?, top speed bisa berapa km/jam?". Dll. Ini lah yang dimaksud sebagai media informasi berjalan. Kesempatan inilah yang menjadikan kita sebagai sarana edukasi kendaraan listrik di masyarakat.


sepeda listrik atau sepeda motor listrik sering jadi pusat perhatian
inilah yang disebut media informasi berjalan


2.    Lupa dengan antri panjang isi bahan bakar di POM bensin.

Ini betul, banyak testimoni yang menyampaikan ini. Seseorang yang sudah sangat lama sekali menggunakan sepeda motor listrik tentu akan ketinggalan update POM Bensin. Maksudnya bagaimana?. Pengguna kendaraan listrik akan lupa POM bensin mana yang selalu ramai dan pom bensin mana yang sepi. Biasanya pengguna sepeda motor listrik lalu tiba-tiba menggunakan motor bensin, akan merasakan keluhan tentang harus rutin mampir di Pom bensin dan apalagi harus antri panjang. Akan merasakan mahalnya beli bensin secara rutin. lebih parah lagi adalah, ketika uang di dompet menipis motor bensin memaksa kita harus mengeluarkan uang untuk isi bensin, beda dengan listrik meski uang kita menipis kita bisa numpang charging di sembarang warung atau tempat colokan listrik umum.

Listrik, lupa dengan isi bensin.


3.    Ready to use kapan saja, tidak perlu kesulitan men-stater ataupun memanasi mesin.

Seseorang user motor listrik yang sudah terbiasa menggunakan sepeda motor listrik, lalu tiba-tiba harus menggunakan motor bensin yang stater tangannya macet dan terpaksa menggunakan kick start. Nah sudah bisa ditebak itu merupakan kelemahan besar motor bensin dibandingkan motor listrik. Selain itu sebuah motor bensin yang suka ngambek sulit untuk di stater, adalah sebuah keluhan besar bagi yang sudah terbiasa mengunakan motor listrik.


kendaraan listrik selalu siap pakai.


Kenyamanan manfaat besar motor listrik adalah ready to use, siap dipakai kapan saja, cukup  pastikan baterai dalam kondisi terisi penuh. Tidak perlu melakukan pemanasan mesin, tidak perlu melakukan gas-gas / Mbleyarerr terlebih dahulu.

4.    Berjalan pada malam hari, di area pemukiman padat, tidak menimbulkan kebisingan.

"sepeda motor wajib mematikan mesin" untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan tentu tidak asing lagi terhadap himbauan tersebut. Ya dalam jalanan kampung yang padat memang sangat tidak nyaman apabila keramaian suara sepeda motor berlalu-lalang apalagi di malam hari. Sudah pasti sepeda motor listrik terasa sekali manfaatnya dalam aspek ini.






5.    Kepuasan tersendiri dalam memakainya dan memberikan citra positif.

Jika berbicara tentang kepuasan tersendiri sebenarnya para hobi utak atik atau geng-geng motor bensin juga merasakannya. Namun jika kendaraan yang digunakan adalah motor listrik maka citra di masyarakat lebih terkesan positif. Jika perkumpulan pengguna motor bensin atau komunitas, sering terkesan geng motor dan konotasinya negatif dimata masyarakat, padahal tidak semua geng motor ranahnya negatif.


Namun jika perkumpulan komunitas kendaraan listrik, maka hal ini memberikan kesan positif ke masyarakat. Maka dari itu sepeda motor listrik atau sepeda listrik memberikan kepuasan tersendiri dan memberikan citra positif.
Komunitas motor listrik lebih memberikan kesan positif ke masyarakat.


6.    Jalan untuk modifikasi bebas dan tidak melanggar aturan.

Hobi utak atik dan modifikasi sebenarnya adalah kreativitas. Namun mengapa modifikasi motor bensin lebih terkesan negatif, identik dengan kebut-kebutan dan penurunan standarisasi kemanan. Selain itu modifikasi motor bensin juga banyak melanggar peraturan tentang lalu lintas angkutan jalan.

karya modifikasi dari Mahasiswa UNY


Namun hal ini beda dengan modifikasi sepeda listrik. Kendaraan listrik tergolong kendaraan yang tidak bermesin. Maka dari itu banyak sekali user-user kendaraan listrik melakukan modifikasi ataupun menciptakan kendaraan listrik lagi yang memiliki bentuk unik dan mengandung unsur kreativitas. Selain itu modifikasi kendaraan listrik masih memberikan citra positif di masyarakat.

Builder sepeda listrik, dari Le Bui


7.    Untuk bentuk kendaraan unik, memiliki rasa puas akan keunikan tersendiri.

Lain daripada yang lain, itu lah cirikhas dari motor listrik. Banyak sekali kendaraan listrik yang dijual siap pakai oleh dealer memiliki bentuk body yang cukup unik ataupun keren sekali, tujuan ini adalah supaya membedakan dengan motor bensin pada umumnya. Kendaraan listrik yang bersifat costum modifikasi ataupun build membangun sendiri, tentu lebih unik atau sangat keren sekali. Karena memang salah satu tujuan pada dasarnya yang dicari dari kendaraan listrik adalah keunikannya.





8.    Membudayakan berkendara berlalu-lintas yang baik dan sopan.

Poin no 8 ini adalah sangat tepat sekali. Cocok untuk edukasi kepada generasi muda Indonesia. Sebuah sepeda motor listrik tidak akan bisa diperlakukan dengan kebut-kebutan. Tidak mungkin dengan sikap blayer-blayer knalpot yang membuat kebisingan. Tidak akan identik dengan geng motor yang sering membuat keributan di jalan raya.



Mengendarai sepeda motor listrik akan membuat kita semakin sopan dalam berkendara. Memang kita akan semakin sering membunyikan klakson ketika melewati tikungan, pertigaan, dan akan menyalip. Namun itu semua adalah budaya untuk supaya pengguna jalan lain awas karena kendaraan kita melaju tanpa suara.


Ya itu lah 8 manfaat nyata motor listrik versi tim kreatif artikel electricisart-bogipower. Tapi perlu kita ketahui ulasan diatas hanya berlaku di Negara Indonesia saja, karena secara budaya tentu akan berbeda jika untuk luar negeri.
Untuk yang belum membaca artikel sebelumnya tentang kelebihan motor listrik secara teknis, bisa klik disini:


POIN TAMBAHAN VERSI TESTIMONI KOSMIK:

1.    Lupa bayar pajak tahunan
2.    Lupa menaruh STNK dan BPKB
3.    Ketika uang di dompet menipis, bensin habis maka tetap terpaksa wajib beli bensin.
4.    Lupa ganti oli

5.    Lupa tune up

SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Posting Komentar