Minggu, 21 Januari 2018

BANTAHAN KELEMAHAN MOTOR LISTRIK DAN SEPEDA LISTRIK APAKAH BENAR KELEMAHAN MOTOR LISTRIK MENJADI BEBAN PADA USER PENGGUNA?

BANTAHAN KELEMAHAN MOTOR LISTRIK DAN SEPEDA LISTRIK

APAKAH BENAR KELEMAHAN MOTOR LISTRIK

MENJADI BEBAN PADA USER PENGGUNA?


                   Jika anda googling menelusuri tentang kelemahan motor listrik maka kita akan melihat beberapa website yang membahas tentang kelemahan motor listrik. Baik itu tentang sepeda motor listrik merk VIAR ataupun sepeda listrik SELIS, ya memang itulah saat ini cukup booming di search engine dunia internet. Dalam kesempatan kali ini electricisart-bogipower akan merangkum segala kelemahan-kelemahan motor listrik yang ditampilkan di website lain. Lalu kita akan memberikan ulasan bantahan-bantahannya versi komunitas pecinta motor listrik Indonesia.




APA SAJA KELEMAHAN MOTOR LISTRIK VERSI DUNIA NETIZEN?.

Ayo kita ulas bantahan-bantahannya satu per satu.

5 Kelemahan pertama versi Sumber artikel:
https://molis.wordpress.com/2010/01/10/kelemahan-sepeda-motor-listrik-part-1/

1.    Usia baterai pendek, 2 tahun

Kesalahan dalam pemakaian saja apabila baterai hanya berusia kurang dari 2 tahun. Faktanya banyak user motor listrik dari berbagai kota yang dapat merawat baterai hingga 5 tahun. Tahun 2017 teknologi aki dan baterai sudah mulai berkembang, dan beberapa sudah dijual di Indonesia. Aki teknologi GRAPHENE atau BG baterai adalah aki yang memiliki life cycle 50% lebih lama daripada versi sebelumnya. Dengan menggunakan aki jenis ini diharapkan masa pakai bisa sampai 6 tahun.
Jika kita menggunakan baterai aki biasa apakah bisa berusia lama?, bisa berikut ini adalah tips artikelnya:

grafik Cycle life pada aki terbaru teknologi Graphane.
> dari 800 kali charging.



 Jika sebuah aki mampu digunakan dalam waktu 5 tahun, sedangkan harga aki dalam 48V 12Ah katakanlah 1.8jt. Maka tentu ini lebih murah daripada kita membeli bensin setiap minggu sekali selama 5 tahun. Lebih masuk akal hemat membeli baterai bukan??.  
aki pada kendaraan listrik basicnya adalah investasi


2.    Kecepatan maksimal yang rendah. 40 km/jam

Ada power daya maka ada power kecepatan. Salah satu kenyaman kendaraan sepeda listrik adalah tanpa pajak tahunan, tanpa STNK, dan tidak ribet dalam administrasi surat-suratnya. Maka dari itu dealer-dealer harus patuh sesuai regulasi Indonesia tentang kendaraan tidak bermesin kecepatan maksimal adalah 40km/jam. Meski aturan ini belum baku namun apabila banyak produsen yang membuat sepeda motor listrik dengan kecepatan diatas 50km/jam, maka pasti akan terbit regulasi baru. Jika sepeda motor listrik ada pajak tahunannya, tentu itu justru menambah ketidaknyamanan bukan?. Selain itu kota-kota besar Indonesia saat ini selalu identik dengan kemacetan lalu lintas, jadi kecepatan 40km/jam itu adalah kecepatan yang pas untuk aktivitas dalam kota.

kecepatan 40km/jam dalam perkotaan sudah termasuk kencang.


saat ini sudah ada banyak kendaraan sepeda motor listrik yang bisa bekecepatan diatas 50km/jam. Produk dealer Ada VIAR pulse  dan Q1 , ada Selis jalak dan merak. Dan lagi untuk para costum modifikator juga sering membuat motor listrik sendiri dengan spec watt super besar hingga bisa melaju kencang diatas 80km/jam.
Energy listrik mampu memiliki power. Listrik bisa melaju kencang, listrik bisa kuat tanjakan.
Motor listrik modifikasi melibas kebut di jalan raya.


3.    Daya tempuh yang terbatas. 60km

Jarak tempuh bisa 60km itu adalah sebuah prestasi yang membanggakan, bukan kelemahan. Jika kita beraktivitas dalam kota jika dalam 1 hari kita menempuh jarak 15km beraktivitas, maka itu sudah bisa untuk 4 hari aktivitas. Melakukan charging dalam 4 hari sekali. Proses perawatan charging ini tentu tidak se-rutin charging HP smartphone jaman sekarang bukan?.


Jadi kesimpulannya bisa beraktivitas menggunakan kendaraan listrik dalam jatak 60km adalah sebuah kelebihan, bukan kelemahan.


4.    Waktu pengisian baterai yang lama. 8 jam

Oke mari kita bahas, 8 jam adalah dengan asumsi: Misal kapasitas baterai adalah 12Ah lalu amper charging adalah 2A. Maka durasi charging secara teori adalah 12Ah/2A = 6h (hour), atau 6 jam, oke kalau angka 8 adalah asumsi bahwa terpotong faktor efisiensi charger.

charging motor listrik

Jadi 8 jam chaging adalah ketika saat baterai dalam kondisi habis total, sisa kapasitas 0%. Nah jika kita melakukan charging ketika baterai hanya tersisa 50% maka durasi charger hanya 4 jam. Kita kembali ke perumpamaan poin ke 3 diatas, jika sehari aktivitas hanya 15km, lalu dalam sehari kapasitas terpakai hanya 75% maka ketika charging hanya membutuhkan waktu 2 jam. Sederhana bukan.

baterai yang telat charging akan berisiko umur pendek. 


Apa boleh aki itu di charger sebelum habis?. Ini adalah pertanyaan klasik, di jaman sekarang jaman percaya kalau men-charging aki harus menunggu habis dahulu, karena cara seperti itu hanya berlaku untuk jenis baterai NiCd saja yang memiliki memory effect. Aki SLA jaman sekarang memiliki ketentuan DOD yang semakin jarang dihabiskan , maka lifecycle akan semakin panjang. Berikut kita bahas tentang grafik DOD aki standar yang bersumber dari datasheet pabrik aki chaowei power.

DOD dan SOC
DOD = kedalaman Discharger
SOC = sisa kapasitas baterai

Definisi DOD : Deep of Discharger. atau jumlah energy yang telah dikeluarkan baterai.

Grafik DOD dan lifecycle pada aki standar.


Jika kita menghabiskan aki secara total, atau DOD 100% maka life cycle adalah 400X. Namun jika kita menghabiskan cukup setengah saja atau DOD 50% maka life cycle menjadi 1200X, bukan 800X. Terjadi surplus +400X lifecycle bukan?. Jika sudah tau tentang teori ini, saatnya mari kita praktekkan dan rasakan manfaatnya.
   

5.    Jaringan dealer dan bengkel resmi yang langka

Itulah pentingnya dalam memilih merk sepeda motor listrik atau sepeda listrik. Karena saat ini banyak sekali dealer atau seller yang hanya mengedepankan bisnis saja, tanpa memberikan layanan garansi yang mumpuni. Disini kita tidak mengatakan dealer mana saja yang rekomended dan dealer mana yang tidak rekomended. Namun kita cukup memberikan tips tips dalam membeli motor listrik baik baru ataupun seken. Selebihnya tips ada disini:


Komunitas pecinta motor listrik Indonesia

Lalu jika sudah memiliki sepeda listrik dan jika itu dapatnya seken tidak tau dealernya bagaimana?. Itulah fungsi adanya komunitas. Di media sosial kita paguyuban komunitas kendaraan listrik memiliki forum diskusi. Ada KOSMIK Indonesia dan Mobil Listrik Indonesia. Dengan berbaur dengan sesama pecinta motor listrik dari seluruh Indonesia maka kita akan lebih tau tentang teman/rekan se-kota yang sama-sama memiliki sepeda/ motor listrik. Memiliki seorang mentor / rekan dalam sama-sama pengguna kendaraan listrik adalah hal yang lebih bermanfaat daripada adanya dealer atau bengkel resminya.
memiliki rekan /  mentor sesama penguna adalah sebuah hal yang lebih bermanfaat daripada adanya bengkel resmi ataupun dealer.


6.    Desain yang tidak sekokoh motor jepang.

Ada harga ada kualitas, ono rego ono rupo. Itu adalah hal yang sudah jelas mudah dipahami. Saat ini daya beli masyarakat Indonesia untuk membeli sepeda listrik adalah kisaran 4-6jt an saja. Dan untuk bentuk sepeda motor listrik adalah sekitar 9jt an. Bukan berarti motor listrik kualitasnya jelek, namun dealer importir memang sengaja melakukan import untuk produk-produk yang harganya murah.  Supaya harga masuk diterima konsumen di Indonesia.


Jika anda memilih sepeda listrik dengan harga diatas 10jt tentu kualitas nya akan rekomended bagus. Jika anda memilik motor listrik dengan harga diatas 16jt tentu kualitasnya akan setara motor jepang. Jadi jangan katakan kendaraan listrik itu tidak kokoh.
Sepeda kayuh listrik kualitas bagus tentu ada.

Sepeda motor listrik yang kualita bagus pun juga ada.



Versi tambahan dari artikel website lain.

7.    Tanpa suara, bagaikan motor hantu yang berbahaya.

Tanpa kebisingan, tanpa suara, melibas jalanan malam hari di pemukiman warga tanpa memberikan gangguan, ini lah justru yang menjadi kenyamanan pada sepeda motor listrik. Faktanya modifikasi sound engine pada motor lsitrik tidak sepenuhnya disukai oleh user-user kendaraan listrik. Sound engine hanya cocok di kendaraan listrik mainan anak-anak yang disewakan di wahana wisata.

tanpa suara adalah kenyamanan bagi motor listrik


Apakah tanpa suara itu bahaya? Tidak, pada motor listrik tentu sudah dilengkapi klakson. Ini hanya masalah kebiasaan dalam pencet klakson, pastikan ketika akan melewati tikungan, pertigaan, atau akan menyalip sering-sering bunyikan klakson supaya pengguna jalan lain awas dan mengetahui kalau kita juga sedang melaju kencang mengendarai kendaraan

8.    Tidak sepenuhnya tanpa polusi, masih ada polusi di pembangkit listrik

Pernahkan anda melihat gambar ini?


Gambar diatas adalah gambar dari HATERS yang membenci motor listrik.
Sekarang lebih memilih mana?, polusi tersebar dimana mana, di jalan-jalan, di gang - gang, bahkan hingga di garasi masing-masing rumah, dan polusi itu tidak diolah oleh AMDAL. Atau memilih polusi terkumpul dalam 1 pembangkit listrik dan itu dikelola oleh AMDAL?. Mana yang lebih masuk akal buat anda?.

Ya itulah tadi 8 bantahan tentang kelemahan motor listrik. Jika manusia tidak ada yang sempurna maka begitupula dengan ciptaannya. Teknologi memang tidak ada yang sempurna, yang ada adalah bagaimana cara kita menggunakannya supaya tepat saran dan bermanfaat.



SALAM GO GREEN


SEMOGA BERMANFAAT

1 comments:

  1. https://api.whatsapp.com/send?phone=6285729002927&text=Halo%20Bogipower.%0Asalam%20Inovasi%2C%20kita%20ingin%20bertanya%20mengenai%20komponen

    BalasHapus