Senin, 01 Agustus 2016

TIPS MEMBELI MOTOR LISTRIK., ingin punya molis WAJIB BACA INI.

INGIN MEMBELI KENDARAAN LISTRIK, WAJIB BACA INI

Sebelum memiliki motor listrik, alangkah baiknya perkaya wawasan berikut:


       Cukup mendadak artikel ini dirilis karena memang pada akhir-akhir ini banyak kalangan masyarakat yang mulai tertarik dengan kendaraan listrik. Tertarik tak boleh sekedar tertarik kalau akhirnya berujung kecewa. Inilah yang sangat tidak diharapkan. Banyak faktor yang berakibat kecewa antara lain faktor harga, faktor solusi apabila ada kerusakan, faktor pemakaian yang tidak seperti motor bensin misalnya, dan berbagai faktor-faktor yang dirasa awam oleh seorang jika belum pernah menggunakan motor listrik.



Membeli kendaraan listrik, apa yang harus diperhatikan?

      

       Apabila membeli baru, pastikan itu adalah dari merk brand yang terjamin. Mengapa demikian? Karena sudah banyak toko-toko kendaraan listrik yang asal jual saja namun tidak memberikan layanan pasca jual yang baik. Bahkan saat ini sudah banyak tercatat brand merk kendaraan listrik yang sudah kabur / tutup toko dan tidak melayani pasca jual. Beberapa contoh yang sudah diskontinyu penjualan ada EMOTO, TREKKO, TOP, dll (maaf sebut merk tapi ini justru demi baiknya). Dan masih banyak juga berapa merk masih gencar dalam penjualan namun tidak peduli dalam layanan after market, costumer servis, dan penyediaan sparepart.

trekko adalah satu satu merk dengan dealer sudah tutup.



       Lalu merk apa sih yang masih eksis dan rekomended? Dan berapa kisaran biayanya?. Saat ini ada 2 merk brand yang kita rasa rekomended dan memberikan layanan pasca jual yang baik. Merk tersebut adalah SUNRACE dan SELIS. Untuk mengejar kualitas kelas bagus kita merekomendasikan SUNRACE, SUNRACE memberikan produk komponen-komponen yang bekualitas meski secara harga agak mahal. Sedangkan untuk kualitas hemat bisa disarankan ke merk SELIS. Secara harga, motor listrik baru dijual dengan harga 4,5jt an untuk model city bike electric, 5jt an untuk model skuter / matic dan harga 7 jt an untuk model yang sudah menyerupai motor bensin.  
model city bike pada umumnya harga 4 juta an

model ini pada umumnya harga 5,5jt an


model seperti ini harga pada umumnya 6 juta an

model seperti ini biasanya diatas 8 juta an




Beli Molis Via Online AWAS PENIPUAN

       Apakah ada website penipuan Online terkait kendaraan listrik?. Jawabnya adalah ada. Berikut adalah daftar website penipu:

PT MANRAPI SEPEDA LISTRIK = manrapisepedalistrik.com
ARJUNA SEPEDA LISTRIK = www.arjunasepedalistrik.com

       Dua daftar diatas itu adalah 2 dari sekian banyak penipu Online terkait penjualan molis, namun 2 tersebut kita tegaskan karena 2 website itu sudah masuk pada top list google SEO engine. Jadi frekuensi user yang browsing akan sangat berpeluang masuk kedalam website tersebut.

       Selanjutnya penipuan OL juga gencar di OLX.co.id, penipu disini selalu mengupdate data penjual setiap waktu berkala, sulit untuk dideteksi. Pada umumnya para penipu menampikan harga jual yang begitu rendah sekitar 2jt an bahkan kurang dari itu. Maka dari itu saran terbaik untuk membeli motor listrik adalah bertemu langsung, datanglah ke toko, bertemu lah dengan penjual dan mintalah kartu garansi.

Lalu bagaimana jika membeli seken?

       Apakah membeli seken dan langsung bertemu dengan penjual juga perlu diperhatikan?, apakah bisa jadi kecewa pula?. Menjadi kecewa atau menjadi puas dan menikmati tergantung pada persiapan kita. Jika anda membeli sebuah kendaraan listrik seken jangan mau membeli aki / baterainya. Mintalah harga potongan senilai aki baru, atau mintakanlah si penjual untuk membelikan aki yang baru dan anda menyaksikan kalau itu benar2 baru. Apabila penjual mengatakan "aki dalam kondisi baru dan bagus" sebaiknya tetap jangan terburu-buru percaya. Membeli tanpa aki dan memotong harga senilai harga aki baru adalah titik tengah yang bijak.

beli seken?, jangan mau membeli aki nya.

       Mengapa harga molis seken harus dipotong harga aki?. Karena harga aki adalah yang termahal, per biji aki 12V 12Ah original adalah 400ribu. Jika sebuah molis menggunakan 4 aki maka sudah 1,6 juta sendiri untuk aki.  Jadi semisal anda membeli molis seken seharga 2 juta  lalu anda membeli aki seharga 1,6 juta maka sudah 3,6 juta uang anda keluarkan untuk molis seken. 3,6 juta bukan biaya yang hemat, tambah modal sedikit sudah bisa untuk beli baru kan?.
Aki adalah komponen motor listrik yang paling mahal.

       Terus berapa dong harga molis seken yang ideal?. Harga molis seken yang masih kondisi layak pakai adalah harga 1,2 juta hingga 1,5 juta dengan aki tidak dibeli. Karena jika ditambah harga aki 1,6juta sudah jadi berapa itu? 2,5 jt an kan. Namun apabila kondisi mati atau kondisi masih perlu diservis maka harga molis seken kurang dari 1 juta. Dan apabila molis seken dalam katagori rusak rongsok maka harga jual maks 700rb.

molis yang kondisi mati dan perlu diservis harga seken dibawah 1 juta

contoh iklan penjualan motor seken.


motor listrik kualitas rongsok biasa dijual dibawah 500rb

dinamo dan kontroller seken biasa dijual seharga motor seken


       Wah kok murah ya ternyata molis yang kondisi mati?. Tidak benar jika mengatakan murah. Ingat ongkos servis komponen sparepart motor listrik itu mahal. Misal kerusakan kontroller, untuk kontroller SUNRACE 350W itu seharga 400 ribu di beberapa kota. Ya kalau sunrace, kalau merk lain yang pabriknya sudah tutup? Mau cari sparepart onderdil dimana coba??. Lalu bagaimana Jika kerusakan di komponen lain, misal charger? Harga charger itu 250ribu kawan, itu merk sunrace dan 150 ribu untuk merk selis. Belum lagi kerusakan handle gas, bagaimana kalau kerusakan dinamo? Harga dinamo Sunrace itu 1,5juta , selis 1,2 juta. Belum lagi jika kerusakan sistem kelistrikan lainnya??. Karena harga komponen itu mahal maka jangan mau membeli molis seken yang dalam kondisi mati / rusak. Percuma karena nanti biaya perbaikan jadi mahal.

dinamo

charger


       Oo begitu ya, terus ada lagi kah tips memilih molis seken? Satu tip lagi, jika membeli motor listrik seken, pastikan dealer motor listrik itu masih ada, bukan dealer yang sudah tutup. Kenapa demikian?, kalau dealer sudah tutup lalu apabila kita butuh sparepartnya bagaimana donk?, mau pakai sparepart komponen merk lain? Ya kalau sama, kalau beda bgmn?. Kalau ketika beli disuruh menunjukkan buku garansi bgmn donk?. So kita harus perhatikan aspek ini.

Punya molis basisnya investasi. Jika sudah punya molis, wajib baca ini

       Punya molis memang benar harus basisnya investasi, menabung sedikit demi sedikit untuk biaya aki. Ingat aki memiliki life cycle atau umur tertentu, tidak terus bisa dipakai selamanya. Untuk pemakaian yang bagus aki motor listrik akan berumur 3-4 tahun, setelah 3 tahun harus beli baru lagi. Sudah tau kan harga baru aki itu mahalnya seberapa?, terus kaget harga kah?, dan mengatakan molis itu malah lebih boros daripada motor BBM?. Inilah pentinya berbasis investasi. Jika kita menggunakan motor BBM setiap 5 hari atau seminggu sekali kita mengisi bensin di SPBU seharga Rp.20.000. Ya sama lah dengan motor listrik, tak usah Rp.20.000, per minggu sisihkan 5000 untuk tabungan aki. Nanti kelak ketika tahun ke 3 hasil tabugan sudah bisa untuk beli aki baru. Lebih lagi menggunakan molis bebas biaya pajak tahunan, biaya servis berkala, ganti oli, dan biaya kena tilang polisi.



       Super dah.. thanks info bermanfaatnya. Adakah link-link terkait yang mendukung?
Link terkait pendukung:  Bagaimana Cara merawat aki/ Baterai pada molis, klik disini: CARA MERAWAT BATERAI PADA KENDARAAN LISTRIK
Dan yang paling Ampuh adalah:
JURUS AMPUH MEMBUAT AKI UMUR PANJANG


TERIMAKASIH.

SEMOGA BERMANFAAT

Salam Ijo royo royo

9 comments:

  1. Makasih infonya Gan, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sama sama gan.. semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Kalo di tanjakan kuat, gak?
    Untuk boncengan 3 orang lewat tanjakan, cukup kuat, gak?
    Soalnya, selama ini, kalo saya nganter 2 anak saya sekolah, harus melewati tanjakan.
    motor vega saya aja harus masuk gigi 1, kalo pas lewat tanjakan itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakae motor bensin saja gan kalau rumah nya di area banyak tanjakan.
      jangan pakae listrik, boros aki nanti.

      sepeda motor listrik itu ibaratnya sepeda kayuh lah.

      misal di daerah yang banyak tanjakan kan tetep sama saja ngak efektif pakae sepeda kayuh kan?

      bgitu alasannya

      Hapus
  3. Oiya, satu lagi. Motor listrik itu gak pake plat nomor, ya?

    BalasHapus
  4. Very..very super gan.. Terima kasih sharingnya...jadi greget lagi niy ma ev.. Gmana dgn mobil listrik atau yg roda tiga, sama ya tanpa nopol?

    BalasHapus
  5. Very..very super gan.. Terima kasih sharingnya...jadi greget lagi niy ma ev.. Gmana dgn mobil listrik atau yg roda tiga, sama ya tanpa nopol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabung grub FB MOBIL LISTRIK INDONESIA gan.. banyak variasi hasil2 karya temen2 komunitas disana..

      Hapus