Selasa, 30 Januari 2018

TIPS MEMBELI BARANG SECARA ONLINE UNTUK SEPEDA LISTRIK DAN KOMPONENNYA.

TIPS MEMBELI BARANG SECARA ONLINE

UNTUK SEPEDA LISTRIK DAN KOMPONENNYA.


          Di dunia modern ini dunia ONLINE semakin berkembang. Terpisah jarak yang jauh sudah tidak lagi penghalang dalam layanan Jual beli. Namun kita perlu waspada dan cermat dalam melakukan pembelian secara ONLINE. Tentu kita semua mengharapkan dalam belanja ONLINE untuk mendapatkan kepuasan dan kebermanfaatan. Tidak terjerumus ke dalam penipuan, baik penipuan dasar secara finansial maupun kualitas produk.


          Tips belanja online kali ini terfokus pada komponen kendaraan listrik saja. Namun tips ini juga bisa belaku untuk belanja Online barang lainnya juga. Berikut tips-tips belanja Online versi Electricisart-bogipower.com. Khususnya barang yang terkait dunia kendaraan listrik. Sebagai info di awal kita ingatkan selalu, saat ini website yang posisif PENIPUAN adalah:


website penjualan yang positif penipuan:
PT MANRAPI SEPEDA LISTRIK
PT ARJUNA SEPEDA LISTRIK


1.    APAKAH MARKETPLACE BELUM TENTU AMAN?

Marketplace adalah lokasi Online yang menjadikan penjual dan pembeli bertemu. Seperti Bukalapak, Tokopedia, lazada, Shophie, dsb. Memang dalam marketplace seperti itu kebijakan privasi dan keamanan telah terjamin. Secara finansial memang minim penipuan, namun secara kualitas produk tentu bisa jadi ada celah masuk penipuan. Lebih lagi banyak seller di marketplace tersebut memberikan kutipan tips agak sedikit mengancam misal "jika tidak meberikan 5 star feedback maka garansi tidak ada". Atau "harap memberikan 5 star feedback untuk layanan after sale". Dengan demikian buyer akan terpaksa memberikan 5 star feedback dan seller akan mendapatkan keuntungan meski produk jual tidak berkualitas.
level tahapan seller di bukalapak


Tips membeli dari Bukalapak, Tokopedia, dsb.
ü  Pastikan seller memiliki > 98% feed back positif dan telah berstatus pedagang besar atau diatasnya.
ü  Pastikan seller tidak memiliki catatan penolokan pembelian
ü  Budayakan baca-baca komen testimoni dan feedback.

2.    PASTIKAN SELLER MENGUASAI PRODUK

Ketika kita ingin membeli produk pastikan kita sudah harus meenguasai produk yang akan kita beli. Kita bisa googling mencari datasheet, speesifikasi, dimensional drawing dan ciri-ciri original ataupun imitasinya. Setelah itu cobalah kita uji seller atau Costumer servis Online shop tersebut dengan pengetahuan komponen yang dia jual. Apakah seller benar-benar menguasai atau tidak.

pastikan seller menguasai produk jual


Misal ada percakapan.
Buyer : "bang , cara pasang dinamo sepeda listrik ini bagaimana bang?, kalau sepeda saya MTB jenis cross country?"
Seller: untuk cara pasang, tutorialnya bisa cari di google, atau cari di youtube.
Lalu ada noted dari seller: berani membeli maka sudah resiko harus sudah menguasai produk.

Dalam dialog diatas, seller tidak bisa menjawab pertanyaan dasar yang harusnya mudah dijawab oleh seorang yang paham produk. Tapi jika seller terkesan lebih suka melempar sebuah pertanyaan mudah ke google, youtube, atau komunitas, maka dipastikan seller tersebut kurang mengetahui produk yang dijual. Kalau ada trobleshooting bagaimana?, pasti seller lebih kelabakan tidak tau lagi. Karena jaman sekarang banyak seller yang hanya asal jual barang tanpa tau betul barang yang dia jual.

3.    JANGAN TERGODA DENGAN HARGA MURAH

Ada harga ada kualitas, ono rego ono rupo. Hal ini sudah sangat kita ketahui.
Harga yang tidak wajar dan terlalu murah sangat berisiko dengan penipuan. Jadi abaikan saja jika terlalu murahnya mencurigakan.

ada harga ada kualitas.


Jika murahnya masih tipis dibawah harga normal?. Ok mari kita bahas, Masih kelanjutan dari poin sebelumnya. Jaman sekarang banyak sekali seller yang asal jual tanpa tau betul kualitas produk yang ia jual. Di kota-kota besar banyak sekali importir kutu loncat. Bulan ini jualan produk kendaraan listrik, bulan depan jualan aksesoris motor bensin, bulan depan jualan HP, bulan depannya lagi ganti jualan kosmetik. Seller tidak konsisten seperti ini biasanya Tidak punya kantor tidak punya badan usaha resmi, tidak bayar pajak. Wajar kalau bisa jual harga murah banting harga. Namun untuk layanan garansinya bagaimana?. Jika produk yang dijual tidak bersifat kontinyu. Maka dari itu kita calon buyer harus hati-hati jangan tergoda.

seller amatir biasanya takut dengan complain garansi.

Yang kedua, menjadikan harga adalah faktor utama dan jual murah adalah kebanggan, ini adalah mentalitas seller amatir yang belum berpengalaman. Merasa sudah unggul jika sudah bisa jual barang murah. Namun lalai akan kualitas. Di dunia kendaraan listrik seller-seller seperti ini hanya bersifat temporer saja. Muncul di media-media sosial dan beriklan. Lalu akan menjadi redup dan tenggelam sendiri ketika sudah mulai banyak testimoni negatif dan banyak yang komplain.
ketika banyak yang complain, seller temporer akan redup hilang


4.    PASTIKAN LAYANAN GARANSI JELAS

Jika kita sudah menemukan seller yang mumpuni menguasai produk, produk juga bukan merupakan barang murah. Lalu apa selanjutnya langkah kita?, sudah siap yakin untuk membeli?. Jangan terburu-buru dulu masih ada poin yang perlu ditanyakan kepada seller. To the poin saja mintalah layanan garansi. Mintakan ketentuan nya apa saja. Prosedur claim garansinya bagaimana. Seller yang profesional justru akan merasa bangga jika ditantang layanan garansi, karena akan menunjukkan kredibilitas eksistensi seller tersebut. Namun jika seller tidak profesional maka akan berkelit dan menghindar dari garansi ataupun komplain produk.
pastikan garansi terjamin

 5.    PERTIMBANGKAN CARA PEMBAYARAN, JIKA TRANSFER PASTIKAN REKENING ATAS NAMA PERUSAHAAN.

Cara pembayaran paling aman memang bertemu langsung dan bayar langsung. Ada barang ada uang, sederhana itu. Namun kali ini konteks kita adalah pembelian belanja Online dimana jaraka menjadikan hambatan. Paling umum adalah transfer. Saat ini Ada fasilitas rekening bersama (rekber), namun yang jadi masalah sistem ini kurang begitu banyak diminati, banyak seller yang tidak mendaftarkan di rekening bersama. Karena sistem rekber juga sering digunakan untuk penipuan dari sisi pembeli. Lalu solusinya apa?

jika transfer pastikan kepada atas nama perusahaan. misal PT bukalapak.com


Pastikan transfer menuju alamat rekening atas nama perusahaan, atau kalau lebih bagus rekening GIRO. Rekening giro adalah sebuah rekening yang dimiliki oleh lembaga/badan yang telah terverifikasi melalui prosedur panjang oleh sistem perbankan. Kedudukan rekening ini secara hukum sangat tinggi, jadi misal terjadi sengketa penipuan, maka kita bisa menarik uang kita kembali, dan resiko pemilik rekening giro tersebut bisa terkena Black list Bank Indonesia jika ada sengketa. Jika kita melakukan pembelian dari bukalapak atau tokopedia , atau OL shop lainnya. Pastikan kita mentransfer uang kita ke dalam rekening atas nama perusahaan.
Misal ke PT BUKALAPAK, ke PT TOKOPEDIA, ke CV MOTOR LISTRIK OK, ke CV BERKAH MAKMUR, dll.
Contoh No rekening atas nama perusahaan.


6.    ANALISA KREDIBILITAS SELLER

Analisa ini bisa dengan cara berkomunikasi dengan costumer lain yang sering belanja di seller tersebut. Kita bisa berbaur dengan komunitas untuk menanyakan testimoni belanja komponen di salah satu seller. Cara pertama ini adalah yang paling akurat ampuh.
Cara yang kedua adalah untuk tokopedia, bukalapak, dll. Kita bisa melihat positif feedbacknya, pastikan diatas 98%.

perhatikan feed back seller.


Cara yang ketiga adalah meninjau alamat dengan survey google review. Apakah toko tersebut memiliki showroom/ workshop atau toko OFFLINE atau tidak, kita harus cek dulu. Jika toko Online ternyata juga memiliki toko OFFLINE, maka dipastikan kredibilitasnya lebih bagus. Karena memiliki toko OFFLINE tentu juga memiliki ijin usaha perdangangan yang lengkap. Cara cek nya mudah, Jika kita tulis nama toko Online tersebut, maka harus muncul di paling atas google. Lalu memiliki review dan positif feedback.
Tulis di Google, jika seller memiliki toko OFFLINE
akan muncul di paling atas.


7.    BUDAYAKAN DISKUSI SECARA MENYELURUH DENGAN SELLER

Hal ini untuk mengecek apakah seller hanya fokus dengan bisnis centris saja atau seller juga mengedepankan edukasi. Seller yang hanya bisnis prioritas biasanya akan malas tidak mau menanggapi ketika kita sering mengajak diskusi dan bertanya tanya. Memang bisa jadi pertanyaan kita agak membuat seller/CS menjadi kesal. Namun biasanya seller / costumer servis Online shop yang profesional tentu bisa mengatasi para penanya-nanya yang agak membuat kesal.

Costumer servis yang profesional akan selalu siap dengan segala pertanyaan.


Hal yang kedua tentang arti penting budayakan diskusi dengan seller adalah. Supaya produk kita dapat bermfaat tetap sasaran dalam pemakaian. Di dunia kendaraan listrik apabila membeli komponen pastikan kiwa wajib untuk menanyakan kecocokan komponen dengan rencana aplikasi nantinya akan kita gunakan untuk apa. Misal kita membeli motor listrik, kita wajib diskusikan "mas.. motor ini kalau saya pakai di mobil listrik cocok tidak??". Jangan sampai barang yang sudah kita beli ternyata tidak cocok dengan aplikasi nyata, hanya karena tidak lalai dalam menanyakan kecocokannya kepada seller.



Ya itulah tadi 7 tips membeli barang secara ONLINE. Semoga kita semua bisa belanja Online secara nyaman. Barang bisa sampai dengan selamat, dipakai bisa bermanfaat. Dan memdapatkan layana after sales yang memadai.

SEMOGA BERMAFAAT




0 comments:

Posting Komentar