Jumat, 07 Oktober 2016

MERAKIT SEPEDA LISTRIK YANG HEMAT DAN MURAH, ingin rakit atau beli jadi?

MERAKIT SEPEDA LISTRIK MURAH DAN HEMAT,

Beli jadi atau merakit sendiri, manakah yang lebih hemat?


X:  mas , saya ingin merakit sepeda listrik, kira-kira habis berapa ya?
Y: sepeda listrik model apa ini?, rencana aplikasi untuk aktivitas apa?
X: ya sepeda biasa saja. Untuk keperluan sehari hari, ke warung , antar sekolah, ke pasar dan sebagainya.
Y: kenapa justru ingin merakit?, kenapa tidak membeli jadi yang siap pakae saja, misal merk SELIS, BETRIX, SUNRACE malah  lebih praktis dan siap pakae.
X: soalnya saya sudah punya sepeda nya ini, jadi bisa lebih murah kalau rakit dengan sepeda yang sudah ada.

Y:   -_- rakit sendiri justru lebih mahal keleesss...


                 Dialog percakapan diatas tentunya tidak hanya terjadi pada 1 orang saja. Mungkin khalayak umum masyaratat luas juga berfikiran demikian. Bahwa merakit sendiri dengan sudah punya sepeda lebih murah daripada beli utuh siap pakae. Namun cost total akhirnya jadi lebih mahal, tidak jadi hemat itu namanya. Lalu langkah apakah yang harus kita pilih?, merakit sendiri atau beli utuh siap pakae. Mari kita simak alsan merakit sepeda yang salah dan yang benar berikut:

   

DAFTAR ALASAN YANG SALAH:

 jika memilih merakit

1.    Merakit Sendiri lebih murah

Seperti pada contoh dialog diatas, merakit sendiri memang lebih mahal daripada beli sepeda listrik jadi. Perlu kita ketahui harga sepeda listrik baru kisaran harga mulai sekitar 4,5jt an. Pada umumnya bentuk city bike listrik adalah yang paling banyak di pasaran. Atau untuk harga seken sekitar 1jt an. Jika kita merakit mungkin harga kits saja tanpa baterai sudah setara harga sepeda listrik seken utuh siap pakae tentunya. Merakit sepeda listrik jika sudah memiliki sepeda minimal mengeluarkan 3jt an untuk kits dan baterai. Itupun masih pakae aki Kering ataupun baterai Lipo. Belum lithium ion cell.

cari utuh siap pakae. harga cuma 3-4 juta an.

sedangkan harga kits, malah bisa dikatakan setara dengan harga utuh.


Kembali pada fungsional aplikasi, jika aplikasi hanya untuk keperluan aktivitas jarak dekat-dekat seperti ke warung, keliling komplek dan bentuk sepeda hanya bentuk city bike saja. Mungkin beli jadi siap pakae adalah yang tepat. Beli seken juga sangat hemat nantinya. Karena sepeda dengan pemakaian aplikasi seperti ini tidak dituntut kualitas yang bagus juga.

sepeda model city bike seperti ini cocok jika hanya untuk keperluan jarak dekat


model ini pada umumnya mulai 4jt an
harga seken 800rb sampai 1jt an,  tergantung kondisi yang menjual


model seperti ini harga baru kisaran 4,5jt an
untuk harga seken bersisar 1 jt an, atau tergantung kondisi yang menjual





model ini pada umumnya 36V dan dijual harga 6-7 jt an
Untuk seken masih minim ditemukan, seandainya ada seken masih diatas 4jt



Jadi sekarang sudah tau ya, bahwa merakit sendiri cost biaya justru lebih mahal daripada beli jadi siap pakae.


2.    Merakit sendiri lebih praktis daripada beli jadi

Ini adalah alasan yang salah juga, beberapa masih berpendapat merakit lebih praktis. Dalam merakit sepeda listrik dibutuhkan pengetahuan dasar minimal tentang elektronika. lalu kita juga harus memiliki pengetahuan tentang merakit sepeda listrik. Misal tidak tahu, Lalu juga harus melibatkan bengkel sepeda atau temen yang paham tentang merakit sepeda listrik.



Mengapa harus ada kepahaman tentang itu?. Kalau tidak paham, nanti kalau ada trobleshoot bagaimana. Akan ribet dan berujung kurang puas nanti jika kita memiliki sepeda listrik namun kita minim wawasan tentang sepeda listrik. Memang ribet memang merakit sepeda listrik, tidak se-praktis beli jadi utuh tinggal bayar dan siap pakae.


Membeli baru dari toko / dealer memang lebih praktis dan siap pakae. Ini memang betul, di pasaran Jawa sudah banyak merk yang beredar. Ada merk SELIS, SUNRACE, EVERGREEN, SUPER RIDER, MR JACKI , dll. Itu semua menyajikan sepeda listrik model-model city bike sederhana yang siap pakae. 



Kesimpulannya, sekarang kita semua tau bahwa merakit sendiri itu tidak praktis.

3.    Tidak tau kalau ada Dealer atau kolektor seller yang menjual sepeda listrik utuh siap pakae

Apakah mungkin alasan ini ada?. Iya ada, beberapa kali constumer servis Bogipower electric menerima diskusi dari user calon sepeda listrik ternyata tidak tau kalau ada dealer / toko yang menjual sepeda listrik siap pakae. Di tahun 2016 ini sudah banyak sekali penjual seken siap pakae yang menawarkan sepeda listrik di OLX. Untuk produk baru pun juga sudah banyak dealer yang menjual sepeda listrik utuh siap pakae.

SELIS, SUNRACE, TIGER, adalah dealer besar sepeda listrik saat ini.

Jika ingin mencari via Online, AWAS HATI-HATI PENIPUAN. Website PENIPUAN yang sudah sering memakan korban adalah:

MANRAPI SEPEDA LISTRIKmanrapisepedalistrik.com
ARJUNA SEPEDA LISTRIKwww.arjunasepedalistrik.com
ARJUNA Sepeda Listrik Penipuan dan MANRAPI Sepeda Listrik Penipuan



Bagaimana?, sudah dapat wawasan tentang dealer / seller penjual sepeda listrik kan.


DAFTAR ALASAN YANG BENAR


1.    Ingin lebih murah dalam merakit sendiri, untuk sepeda kelas bagus atau sepeda model unik

Ini adalah alasan yang benar sekali. Jika kita lihat pada 10 sepeda paling keren di link ini: 10 Sepeda listrik paling keren di tahun 2017 . kita bisa melihat sepeda keren-keren Namun harganya sampai puluhan juta rupiah. Jika kita merakit sendiri sepeda dengan model yang sama pada sepeda. Tentu biaya merakit sendiri jauh lebih murah daripada beli langsung dari produsen sepeda Listrik tersebut.

Stealth, HPC, Stroomer, dsb adalah sepeda yang jika kita merakit sendiri bisa lebih murah


Misal Caterham Carbon.
 jika beli jadi harganya 46 juta. tapi kalau rakit sendiri tentu lebih murah



2.    Ingin memiliki sepeda listrik dengan kualitas komponen yang lebih bagus daripada yang utuh dijual di pasaran

Alasan yang betul. Ya, karena memang bisa dikatakan sepeda listrik yang dijual utuh siap pakae di pasaran adalah sepeda listrik yang menggunakan kualitas Standar Cina murahan yang mudah rusak. Ada harga ada kualitas, itu sudah pasti. Wajar lah untuk harga hanya kisaran 4jt sudah dapat aki 4 biji, motor BLDC, kontroller, charger, dsb serta sudah dengan casis dan body siap pakae. Sudah bisa ditebak kualitas nya bagaimana. Namun berbeda dengan rakit sendiri. Komponen kita sendiri yang memilih, dan kualitas kita sendiri yang menentukan.

merakit sendiri lebih hapal dengan bagian per part komponen

sparepart kita bisa memilih yang berkualitas bagus


Komponen kita sendiri yang memilih, dan kualitas kita sendiri yang menentukan. Ingin bagus atau jelek kita bebas mau pakae yang mana. Jadi alasan merakit sepeda listrik sendiri dengan alasan kualitas komponen ingin yang lebih bagus adalah alasan yang tepat.

3.    Ingin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang sepeda listrik

Learning by doing. Adalah kalimat yang menggambarkan untuk merakit sepeda sendiri. Secara langsung kita akan belajar untuk mengetahui teknologi sepeda listrik. yang semula tidak tahu kini menjadi tahu, yang sudah tahu kini menjadi semakin tahu.


AHA, gue tau solusinya..

pasang dinamo hub motor di roda belakang

dan.. jadilah Sepeda listrik


4.    Karena hobby merakit sepeda listrik. Atau terkena virus upgrade

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi untuk aspek alasan ini. Seseorang yang biasanya sudah pernah merakit sendiri. Atau seseorang yang memang suka mengkoleksi sepeda listrik tentu akan lebih menikmati merakit sepeda listrik sendiri daripada beli jadi utuh siap pakae. Kepuasan lebih didapat dengan merakit sendiri.



Berikutnya adalah alasan untuk upgrade. Ebike lover yang mengupgrade sepeda listrik nya tentu sebelumnya sudah pernah memiliki sepeda listrik. ingin merakit sepeda listrik karena dengan alasan upgrade juga adalah alasan yang benar.

5.    Ingin memiliki sepeda listrik yang berbeda lain daripada yang lain.

      Sepeda listrik yang dijual di dealer Cuma itu-itu saja dan kurang menarik?. memang iya, sepeda listrik yang dijual di toko-toko ataupun delaer memang kebanyakan adalah model city bike, depan ada keranjang nya, bentuk nya kurang elegan. Hal ini tentu membuat kalangan hoby perakit sangat tidak menyukai memang.
komunitas hoby sepeda unik, tentu tidak menyukai sepeda listrik model seperti ini

Bagi komunitas sepeda kayuh yang unik tentu merakit sendiri adalah pilihan yang tepat untuk memiliki sepeda listrik dengan frame casis utama adalah sepeda kesayangan. Misal model low ride, cooper, sepeda tinggi, hingga model sporty bike. Kenapa tidak beli jadi utuh siap pakae? Karena tentu di pasaran tidak akan dijumpai seller / dealer yang menjual utuh siap pakae dengan desain yang sesuai selera perakit.

cooper listrik

Jadi alasan merakit sepeda listrik karena menginginkan bentuk yang unik dan kreatif, adalah suatu alasan yang benar.


sepeda lowride listrik



Ya itulah tadi ulasan tentang alasan merakit sepeda listrik sendiri yang bijak. Mudah disimpulkan ya?. Jika kejar murah maka carilah  sepeda listrik seken yang siap pakae. Tapi jika mengejar kualitas, keunikan, kreativitas maka barulah memilih jalan merakit sendiri.

Salam Gowes Go green


SEMOGA BERMANFAAT 

0 comments:

Poskan Komentar