Minggu, 06 November 2016

MACAM-MACAM SEKERING PADA KENDARAAN LISTRIK

MACAM MACAM SEKERING PADA KENDARAAN LISTRIK


Sekering atau FUSE atau pengaman arus listrik adalah suatu sistem yang memutus jalur utama kelistrikan apabila terjadi hubungan pendek atau konslet. Pada kendaraan listrik pada umumnya di Indonesia menggunakan sekering yang sederhana. Berikut kita akan mengulas sekering model apa sajakah yang digunakan di kendaraan listrik. Dan kendaraan listrik merk apa saja kah yang menggunakan sekering tersebut.


1.    Sekering Kaca.

Sekering kaca adalah sekering yang berbentuk tabung kaca dan didalamnya terdapat plat fuse. Di toko elektronik fuse ini sudah banyak dijual. Cara kerja alat ini adalah Amper braker, jadi nilai spesifikasi alat ini adalah detector amperage dan dalam penggunaan bebas voltase. Kendaraan listrik yang menggunakan sekering ini adalah:



a.    Otopad Listrik dan mini trail listrik


Mr jacki otopad = menggunakan sekering kaca 15A
Fantacy trail  = menggunakan sekering kaca 15A



b.    Batery box pada sepeda listrik kelas 350W


Sunrace winner, ranger, dan beberapa 350W menggunakan sekering kaca 20A



Trekko flame, spyder, dan beberapa 350W menggunakan sekering kaca 20A



c.    Lithium ion pack pada ebike kelas 250W dan 350W.

Casing lithium ion bentuk tabung menggunakan fuse kaca 15A



d.    Saran penggunaan sekering kaca.

Sekering kaca adalah alat yang bersifat satu kali digunakan. Jadi ketika sekering sudah putus, maka sudah tidak bisa dipakae lagi. Jadi saran terbaik adalah sediakanlah stock sekering yang lebih dari 1 unit sebagai cadangan. Jika apabila dirasa sekering selalu cepat putus meski tidak terjadi arus konslet, maka gunakanlah nilai Amper yang lebih besar lagi pada sekering.




2.    MCB

MCB adalah Main Circuit Braker. Alat ini biasa digunakan pada listrik PLN. Cara kerja alat ini adalah Wattage detector, jadi beda dengan sekering kaca yang menggunakan amperage detector. Secara pabrikan MCB digunakan untuk voltage 220V, Namun pada aplikasi kendaraan listrik digunakan untuk voltase 48V. Jadi nilai Amper pada MCB harus dihitung ulang sesuai power daya pada kontroller yang digunakan pada kendaraan listrik. Berikut adalah tabel untuk menentukan nilai MCB pada kendaraan listrik.



Motor listrik yang menggunakan MCB sebagai pengaman sekaligus saklar utama:
a.    Trekko. Menggunakan MCB 25A - 40A
trekko kelas 500W

b.    Wim Motor. Menggunakan MCB 25A - 40A
wim motor kelas 800W

c.    Emoto. Menggunakan MCB 16A-30A
emoto kelas 500W

d.    SELIS model sepeda motor. Menggunakan MCB 25A-40A

e.    Mobil Kelas balap KMLI. Menggunakan MCB 63A - 63A yang dipararel


3.    Current limiter

Current limiter adalah pembatas arus secara kontinyu. Beda nya dengan sekaring adalah: jika sekering akan langsung trip / memutus arus listrik jika berlebih, Namun curent limiter tidak. Current limiter hanya membatasi arus yang lewat. Sistem yang menggunakan current limiter adalah:

a.    Kontroller motor listrik.

Hampir semua kontroller Brushed DC maupun BLDC menggunakan current limiter. Cara kerja sistem ini adalah menggunakan komponen yang disebut Sensing current. Sistem ini bekerja apabila sensing current mendeteksi amper dalam batas tertentu maka signal data atakn diterima oleh micro prosessor kontroller untuk menghentikan drive PWM pada mosfet.

shunt resisot 5mm Ohm sebagai sensing current



b.    BMS baterai

Cara kerja current limiter pada BMS juga sama persis dengan yang ada pada kontroller.




Jadi apabila baterai sudah menggunakan BMS dan kontroller menggunakan current limiter. Maka sistem pada kendaraan listrik itu terdapat dobel curent limiter. Pada rangkaian dobel current limiter maka yang akan berfungsi adalah yang nilai Amper paling kecil saja.
Contoh simulasi pada tabel berikut:

Amper maksimal akan mengikuti batas terkecil
yaitu amper pada Kontroller


Amper maksimal akan mengikuti batas terkecil
yaitu amper pada BMS



4.    CNL / ANL Fusible link


Ini adalah sekering yang biasa digunakan pada mobil listrik atau sepeda motor listrik kelas tinggi. Kontroller dari pabrikan ternama kellycontroller, sabvoton, Infeneon menggunakan sekering jenis ini.

kontroller yang menggunakan CNL/ANL Fuse





SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Poskan Komentar