Minggu, 01 Januari 2017

DAFTAR HARGA BATERAI LITHIUM ION UNTUK KENDARAAN LISTRIK

DAFTAR HARGA BATERAI LITHIUM ION

UNTUK KENDARAAN LISTRIK


       Baterai lithium ion adalah baterai yang kelasnya diatas aki standar biasa. Baterai lithium ion memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aki standar konvensional. Kelebihan baterai golongan lithium yang paling utama adalah:

ü  Bobot yang ringan.
ü  Usia masa pakai yang lama.
ü  Disimpan dalam waktu yang lama tidak mengalami kerusakan.
ü  Tersedia variasi yang beragam untuk keperluan aplikasinya.
Untuk lebih detail dapat dilihat di:
jenis jenis baterai lithium ion untuk kendaraan listrik.



Sedangkan untuk kelemahannya ada beberapa poin, antara lain; harganya mahal, wajib memerlukan BMS, servis dan perbaikan memerlukan keahlian yang mumpuni, charger yang digunakan harus charger khusus lithium. Namun dari sekian kelemahan tersebut, hal yang paling dirasakan adalah Harganya yang mahal. Ngomong-ngomong soal mahal, berapa sih harga baterai lithium ion?. Mari kita simak ulasannya.

baterai Lithium harus menggunakan BMS dan Charger yang khusus


Baterai lithium ion yang paling umum diketahui oleh masyarakat awam.

Jenis-jenis baterai lithium kendaraan listrik yang diketahui oleh masyarakat awam adalah dilihat dari model casing wadahnya. dan pada umumnya dipasang di kendaraan bentuk sepeda kayuh listrik.

Berikut adalah macam macam casing baterai lithium yang paling umum.
1.    Bottle case. (casing berbentuk botol)

2.    Rear rack. ( casing yang ditaruh di boncengan)



3.    Frog. (baterai yang ditaruh di bawah sadle)

4.    Trapes. (model seperti botol namun lebih pipih)

5.    Baterai pack biasa. (model ini hanya berbentuk kotak packing saja)

baterai pack. atau baterai cell yagn sudah di pack


contoh sepeda yang menggunakan baterai pack



Model model tersebut diatas hanyalah casing baterai saja. Tidak bisa sebagai acuan harga, karena yang menentukan harga adalah cell lithium yang ada di dalamnya. Untuk lebih banyak info jenis-jenis casing baterai lithium bisa dilihat disini: Macam-macam casing baterai lithium ion.


Faktor yang menentukan Harga baterai lithium adalah cell yang digunakan.

Ya benar, harga baterai lithium ion tidak ditentukan oleh bentuk casing yang menjadi wadahnya. Namun harga baterai lithium ion tergantung pada cell yang digunakannya.


jenis cell adalah faktor yang menentukan harga


Macam macam cell lithium dibagi menjadi beberapa klasifikasi. Antara lain; pembagian berdasar bentuk cell nya. Pembagian berdasar aplikasi penggunaannya, dan pembagian berdasarkan larutan kimia yang digunakan.
Selengkapnya tentang Klasifikasi baterai lithium dapat dilihat disini:

Daftar harga cell baterai lithium ion.

Berikut adalah daftar cell dari yang termurah hingga termahal, versi electricisart-bogipower.com

1.    Lithium polimer, Lipo ATL

Model cell ini berbetuk seperti lembaran lembaran kecil, disusun bertumpuk tumpuk pada sebuah baterai pack. Cell ini memiliki karakter low dishcharger rate, yang artinya nilai rate maksimal hanya 0.5C sampai  1C. Atau 1/2 X kapasitas nominal. Baterai ini tidak boleh mengeluarkan amper besar, bisa panas dan terbakar. Harga cell tiap cell ini dalam 3Ah sekitar 20rb-30rb an. Atau jika dalam 48V 10Ah harga baterai kisaran  1.4jt - 1.9jt an.




contoh Lipo pack battery
  

2.    Silinder Cell 18650 standar cell

Ini adalah yang paling umum pada cell lithium ion. Berbentuk silider 18650, seperti baterai AAA namun lebih besar lagi. Sering dijumpai di baterai laptop dan power bank juga. Cell baterai ini memiliki rentang merk dan kualitas yang bervariasi. Dari merk terendah adalah ultrafire, chines cell , hingga yang bagus ada panasonic dan samsung cell. Untuk standar cell yang umum adalah kapasitas 3.7V 2A sampai 3.7V 3.2A, power rate kisaran 1C .
Harga baterai ini per cell sekitar 40rb sampai 50rb an tergantung merk dan kualitas. Dalam 48V 10AH kisaran harga sekitar 2.5jt sampai 2.8jt an


baterai pack pada sepeda kayuh listrik biasanya menggunakan cell standar 18650




3.    Standar softpack lithium ion.

Model ini biasa digunakan pada amper kapasitas yang besar (diatas 10Ah / cell). Baterai cell ini jarang digunakan untuk kendaraan bentuk sepeda kayuh listrik karena dimensinya yang besar. Cell ini biasa digunakan untuk sepeda motor listrik, mobil golf listrik ataupun gokart listrik. Power rate baterai ini adalah 1C sampai 2C. Karakter aplikasi baterai ini adalah long life capacity, yaitu memiliki lifecycle yang banyak. Meski kurang cocok untuk power besar, namun secara pamakaian yang lama dan jarak jauh sangat cocok baterai ini.
Harga per cell 3,7V 10Ah sekitar 250-300rb an. Maka dalam 48V 10Ah sekitar 3jt sampai 3.5jt an.







4.    Silinder cell 18650 large capacity

Masih dalam bentuk 18650. Namun golongan kali ini adalah aplikasi large capacity. large capacity adalah karakter baterai yang memiliki kapasitas Ah yang lebih besar daripada name tag nominal tertulisnya. hal ini diakrenakan karena Rate hour baterai yang kurang dari 1hr.  Bisa dikatakan ini adalah satu tingkat  diatas silinder cell biasa pada poin 3 diatas. Poin 4 ini adalah baterai yang ungul secara kualitas dan merk. Merk yang terkenal jenis ini adalah Samsung jenis 26F , 28A, 28H , 29E , 30A, dan ada juga panasonic cell, Sony, LG dan sebagainya. Baterai cell ini memiliki kapasitas rata-rata 3.7V 2.4Ah hingga 3.7V 3.2Ah. power discharger antara 2C hingga 3C. Harga tiap cell rata-rata 50rb sampai 60rb an .


Baterai Standar Samsung jenis Large Capacity


Pada 48V 10Ah baterai pack dengan cell ini kisaran harga 3.2jt sampai 3.5jt an

5.    Standar Lifepo4 cell, long life capacity

Model ini adalah golongan lifepo4 baterai. Lifepo4 adalah 1 tingkat diatas lithium ion, unggul dalam long life cycle duration. Model baterai ini ada yang berbentuk cell sofpack dan silinder cell. Karakter ke 2 model ini  hampir sama yaitu long life capacity. Pada penggunaan kapasitas kecil umumnya bentuk cell adalah silinder, sedangkan untuk kapasitas besar adalah berbentuk sofpack. Power C rate baterai tipe ini adalah 1C hingga 2C. Secara teoritis baterai Lifepo4 memanglah bagus: namun secara fakta baterai Lifepo4 belum tentu sesuai teori. Karena belum ada merk brand ternama yang memproduksi Lifepo4 cell


silinder Lifepo4 umumnya dibuat 26650 dan 32650 
supaya membedakan dengan Li ion 18650

Lifepo4 berbentuk softpack



Model silinder biasanya berkapasitas 3.2V 2.5Ah - 3.2V 8Ah. Untuk kisaran harga Lifepo4 per cell silinder kisaran 50rb - 60rb an. Atau dalam 48V 10Ah sekitar 3.2jt sampai 3.5jt an.

Lifepo4 silinder juga ada untuk ukuran 32650



Untuk model soft pack baterai lifepo4memiliki kapasitas 3.2V 5Ah hingga 3.2V 20Ah, untuk harga juga bervariasi sesuai besarnya kapasitas. Misal 3.2V 10Ah sekitar 300rb an. Atau dalam 48V 10Ah sekitar 3,8jt an - 4jt an


sofpack Lifepo4 yang telah disusun menjadi baterai pack

Lifepo4 pack yang diuji pada sepeda motor listrik



6.    Hi drain lifepo4 cell

Model ini biasanya berbentuk prismatic case. Meski beberapa untuk amper kecil ada yang berbentuk silinder 18650, 26650 ataupun 32650. Power rate baterai ini adalah 3C hingga 5C. Baterai ini biasa digunakan pada kendaraan listrik kelas berbentuk sepeda motor listrik, atau mobil listrik. Kapasitas tiap cell bervariasi dari 3,2V 20Ah hingga 3.2V 200Ah. Misal harga dalam 3,2V 20Ah adalah 900rb an. Atau jika dalam 48V 20Ah adalah kisaran 10jt an - 14jt an.

Prismatic Case

Prismatic hard case


7.    Silinder cell li ion hi drain capacity

Saat ini baterai jenis Lithium ion hi drain capacity adalah yang memiliki power terbesar dalam kendaraan listrik. Kemampuan C rate capasity diatas 5C hingga 10C. Merk brand ternama yang memiliki cell ini adalah samsung 22P dan samsung 25R, dan adapula dari Panasonic seperti jenis  IMR18650CH 10A, 2500Mah. Harga per biji baterai ini mencapai 7 USD atau setara 90rb sampai 100rb an / cell. Beberapa mobil listrik dari produsen ternama menggunakan baterai lithium ion jenis hi drain ini.

Mobil listrik dari TESLA, menggunakan Lithium ion silinder cell jenis Hi drain

Samsung 22P dengan power 5C


Jika dalam aplikasi sepeda kayuh listrik dan sepeda motor listrik, sangat jarang ditemui seller penjual yang menjual baterai pack dengan cell jenis ini.
Seandainya misal ada, maka dalam 48V 10Ah kisaran harga baterai adalah 350$ an, atau setara dengan 4,5jt - 5jt an.

Samsung 25R dengan 10C power rate.

Mobil Listrik Arjuna UGM, menggunakan baterai Samsung 25R.


SEMOGA BERMANFAAT






8 comments:

  1. Trimakasih info nya Mas...mudah2han berkah.

    BalasHapus
  2. Untuk batere jenis frog 36v dapat dibeli di mana yah mas.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. 36V saat ini sudah ditinggalkan.
      beralih ke 48V semua.

      Hapus
  3. we mahal rek ... nabung ahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ricky Elson sang putra petir pencipta MOBIL LISTRIK SELO Kuning juga sedang galau baterai lithium nih gan..

      Hapus
  4. Anda bilang "SEMOGA BERMANFAAT?"..Mengapa anda berkata demikian?..Tentu saja Bermanfaat. Bahkan SAAAANGAT BERMANFAAT. Trims.

    BalasHapus