Jumat, 27 Juli 2018

10 KREATOR TERKENAL DAN BERPENGARUH DI PERKEMBANGAN MOTOR LISTRIK INDONESIA.


10 KREATOR TERKENAL DAN BERPENGARUH DI PERKEMBANGAN MOTOR LISTRIK INDONESIA.


Jika bertanya sudah sampai sejauh mana kemajuan kendaraan listrik di Indonesia?. Tentu saja itu lumayan sulit untuk dijawab, atau yang ada kita semua malah berfikiran ke arah pemerintah saja kapan merealisasikan. Padahal perlu kita ketahui masih banyak putra-putra bangsa Indonesia yang telah berkarya di bidang kendaraan listrik. Dan tentunya mereka mereka ini sangat berpengaruh di perlembangan motor listrik Indonesia. Siapa sajakah mereka sanga inovator motor listrik di negara ini?



1.    RICKY ELSON

Siapa sih yang tidak kenal dengan sang maestro ini. Ricky elson adalah seorang teknokrat Indonesia yang ahli dalam teknologi motor penggerak listrik. Beliau dengan dukungan pak Dahlan iskan yang merancang bangun mobil listrik Selo bersama Danet Suryatama yang merancang bangun Tucuxi dianggap sebagai pelopor mobil listrik nasional. Sang inovator yang saat ini aktif berkarya bersama lentara bumi nusantara ciheras. Mobil listrik SELO kuning adalah salah satu karya dari keberlanjutan ide beliau. Saat ini (tahun 2018)  mobil listrik SELO jilid 2 sedang dalam proses pembuatan di kupu-kupu malam Yogyakarta.





2.    BRILIAN PRASETYO -Bogipower Electric Grub.

Alumni dari tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta ini merupakan salah satu invator yang dari background pendidikan gencar dalam berkarya. Dimulai dari membuat gokart listrik, lalu mulai ke ranah sepeda motor listrik, sepeda listrik hingga ke berbagai kendaraan listrik lainnya. Dasar ilmu yang didapatkan di bangku kuliah beliau terapkan di aplikasi nyata. Salah satu yang menjadi cirikhas berkarya dari beliau adalah ketajaman eksperimen, penelitian dan pengujiannya. Semua karya yang dibuatnya semata-mata ditujuakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi.






3.    WIWIEN VEGAS-Mobilijo

MOBILIJO adalah nama workshop tempat mas wiwin vegas berkarya. Sejak tahun 2013 tiada henti beliau dalam membuat karya kendaraan listrik. Cirikhas dari karya beliau adalah kendaraan listrik yang memiliki bentuk unik dan kreatif. Seperti sepeda mini roda 3, E trike listrik, dan yang terbaru adalah semua sepeda namun berkonsep MOGE. Sepeda tersebut beliau juluki SELIGED- Sepeda listik gede.






4.    GEDE DIJAYA (LE-BUI)

Inovator kali ini berasal dari luar jawa. Sang kreator dari Bali dan Lombok ini fokus berkarya sejak tahun 2016. Fokus karya beliau adalah di dunia sepeda berkonsep sporty / sepeda boomber. Cirikhas dari karya beliau adalah kerapian, profesionalitas, presisi perhitungan casis, dan tenaga motor listrik yang powerfull. Karya-karya beliau tidak hanya sekedar tingkat lokal, namun sudah merahbah hingga internasional. Maka tak heran jika sepeda listrik hasil rakitan Le bui telah masuk ke pasar Amerika.


cirikhas sepeda karya Le Bui, berbentuk sepeda Sporty.




5.    HARIYONO HARISAR

Beliau adalah inovator senior di komunitas motor listrik Indonesia. Cirikhas karya beliau adalah sepeda motor listrik roda 3. Tujuan beliau sangat mulia sekali, yaitu memfasilitasi penyandang cacat untuk tetap bisa aktivitas menggunakan kendaraan. Pak Harisar memiliki bengkel di bekasi, dan siap menerima pesanan modifikasi motor listrik menjadi roda 3.

sepeda motor roda 3 , cirikhas karya pa Harisar.




6.    ALFRED ANDREAS

Sebuah karya made in Indonesia dan telah dipatenkan, karya tersebut adalah GOWES ON. Ya, gowes on adalah keberlanjutan dari nama Minion, dan Alfred andreas adalah penciptanya. Saat ini gowes on sudah diproduksi masal dan bisa dibeli di beberapa marketplace ataupun cabang resellernya. Background latar belakang beliau adalah teknik mesin bubut, sehingga sangat mendukung untuk produksi karya dalam negeri.


Minion, dinamo outrunner yang dipasangkan di bawah kayuhan kaki.


video review Minion



7.    ADY SISWANTO- Petrixbike

Ady siswanto sekarang beliau di bengkel servis petrix bike. Latar belakang sebagai mekanik servis membuatnya berkembang untuk membuat karya karya kreatif di kendaraan listrik. Salah satu karya cirikhasnya adalah GELIS- gerobak listrik. Beberapa pesanan-pesanan telah dia buatkan untuk gerobak listrik.





8.    DONY BLITAR.

Cirikhas karya dari mas Dony blitar ini adalah kendaraan wahana rentalan. Berawal dari latar belakang penyewaaan mainan wahana di tempat2 wisata yang rata-rata kualitas kendaraannya dibawah standar. Maka beliau mencoba membuat inovasi kreasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kendaraan. Salah satu cirikhas karya beliau adalah mini trail listrik yang sudah menggunakan motor hub BLDC. Sehinggal mini trail akan siap untuk disewakan , siap untuk kerja keras dan awet. Berkat inspirasi beliau maka rentalan-rentalan di kota lain pun sudah mulai mengikuti jejaknya. Menggunakan motor BLDC untuk kejar kualitas lebih bagus merupakan inspirasi sangat bermanfaat.


mobil wahana mainan karya mas Dony Blitar


9.    PUTU HERMAWAN-Ewabi

Putu Hermawan dari Bali, beliau adalah seorang builder yang fokus menekuni sepeda motor listrik. Karya-karya beliau sama profesionalnya dengan Bli Gede Dijaya. Hanya saja Putu Hermawan lebih ke arah bentuk sepeda motor dan sepeda klasik bambu. cirikhas karya beliau adalah menambahkan unsur seni tentang lokal budaya Indonesia. Karya-karya beliau lebih difokuskan untuk menarik perhatian oleh turis wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

Sepeda klasik dari Bambu




10. KMLI-POLBAN

Poin terakhir ke 10 ini bukanlah seseorang, namun adalah lembaga Kampus Politeknik Negeri Bandung. POLBAN termasuk bagian yang sangat berperan dalam perkembangan mobil listrik Indonesia. Setiap tahunnya kompetisi mobil listrik Indonesia KMLI diselenggarakan. Cirikhas karya dari KMLI adalah mobil gokart balap. Dimana para finalis kompetisi dituntut membuat mobil dengan power watt 2000W, desain kerangka yang kokoh dan presisi, manuver yang bagus serta efisiensi energy yang hemat.

balap mobil listrik setiap tahun diselenggarakan di Polban




SEMOGA BERMANFAAT


0 comments:

Posting Komentar